Tugu Usuk Bulau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Tugu Usuk Bulau adalah sebuah monumen yang menjadi jantung Kota Tanah Grogot. Dibangun di persimpangan jalan yang menghubungkan jalan protokol Jenderal Sudirman, Plaza Kandilo, Jalan Modang dan Jalan Hasanuddin. Tugu ini telah menjadi ikon baru Kabupaten Paser, dengan adanya Tugu Usuk Bulau, akan dapat semakin dikenal sebagai Kabupaten Usuk Bulau.[1] Pembiayaan dalam pembangunan tugu ini memakan biaya sebesar Rp 1,8 miliar lebih, tugu ini dibangun dengan mengusung banyak ornamen-ornamen daerah, yang akan menjadi filosofi bagi masyarakat Paser.

Dalam tugu ini terdapat sebuah ornamen diantaranya Matagok yang menggambarkan keluhuran budi, 10 cincin emas yang melambangakn 10 kecamatan di Paser serta pilar dengan motif kayu ulin yang dipercayai sebagian masyarakat sebagai pohon yang memiliki magis yang kuat. Selain itu pula, lambang Parasmya serta Sertifikat Adipura, terlukiskan di tugu ini. "Moto paser, 'Olo manin aso buen si olo ndo' juga terdapat di tugu ini. Yang artinya 'hari esok Paser lebih baik daripada hari ini' selalu menjadi motivasi bagi masyarakat setempat untuk selalu berusaha menjadi yang lebih baik".[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Agency, ANTARA News. "Tugu Usuk Bulau, Kabupaten Paser Diresmikan". ANTARA News Kalimantan Timur. Diakses tanggal 2023-02-12. 
  2. ^ Rahmadi <novay@enterwind.com>, Noviyanto. "Tugu Usuk Bulau, Tugu Pucuk Emas Kabupaten Paser". Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Paser. Diakses tanggal 2023-02-12.