Trinil rumbai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Trinil rumbai
Calidris pugnax

Males in breeding plumage in the Netherlands
Breeding female
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22693468
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliScolopacidae
GenusCalidris
SpesiesCalidris pugnax
(Linnaeus, 1758)
Tipe taksonomiCalidris
Tata nama
Sinonim takson
  • Philomachus pugnax (Linnaeus, 1758)
  • Tringa pugnax Linnaeus, 1758
ProtonimTringa pugnax
Distribusi

Range of P. pugnax      Breeding summer visitor     Present all year     Non-breeding range
EndemikTaman Nasional Keoladeo, Tal Chhapar Sanctuary dan Thol Lake

Trinil rumbai ( Calidris pugnax ) adalah burung perandai berukuran sedang yang berkembang biak di rawa-rawa dan padang rumput basah di seluruh Eurasia utara. Burung trinil yang sangat suka berteman ini bermigrasi dan terkadang membentuk kelompok besar di wilayah musim dinginnya, yang meliputi Eropa selatan dan barat, Afrika, Asia selatan, dan Australia.

Trinil rumbai adalah burung berleher panjang dan berperut buncit. Spesies ini menunjukkan dimorfisme seksual yang nyata; jantan jauh lebih besar daripada betina (reeve), dan memiliki bulu berkembang biak yang mencakup jumbai kepala berwarna cerah, kulit wajah oranye telanjang, hitam luas di dada, dan kerah besar bulu hias yang menginspirasi nama Inggris burung ini. Betina dan jantan yang tidak berkembang biak memiliki bagian atas berwarna abu-abu kecokelatan dan sebagian besar bagian bawah berwarna putih. Tiga jenis jantan dengan bulu berbeda, termasuk bentuk langka yang meniru betina, menggunakan berbagai strategi untuk mendapatkan peluang kawin di lek, dan bulu kepala dan leher berwarna-warni dipasang sebagai bagian dari tampilan pacaran utama yang rumit. Betina memiliki satu induk per tahun dan bertelur empat telur di sarang tanah yang tersembunyi, mengerami telur dan membesarkan anak anaknya yang dapat bergerak sendiri segera setelah menetas. Predator dari anak burung perandai dan telurnya termasuk mamalia seperti rubah, kucing dan cerpelai liar, serta burung seperti camar besar, corvida, dan camar-angguk .

Trinil rumbai mencari makan di padang rumput basah dan lumpur lunak, menyelidiki atau mencari makanan yang dapat dimakan dengan melihat. Makanan utama mereka adalah serangga, terutama pada musim kawin, namun mereka akan mengonsumsi bahan tanaman, termasuk beras dan jagung, saat bermigrasi dan di musim dingin. Diklasifikasikan sebagai " spesies berisiko rendah " pada kriteria Daftar Merah IUCN, kekhawatiran konservasi global relatif rendah karena banyaknya jumlah yang berkembang biak di Skandinavia dan Arktik. Namun, wilayah jelajah di sebagian besar wilayah Eropa menyusut karena drainase lahan, peningkatan penggunaan pupuk, hilangnya tempat berkembang biak yang dipangkas atau digembalakan, dan perburuan yang berlebihan. Penurunan ini membuat burung ini terdaftar dalam Perjanjian Konservasi Burung Air Migrasi Afrika-Eurasia (AEWA).

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Trinil rumbai memiliki tampilan abu-abu yang khas, dengan kepala kecil, paruh sedang, leher gondrong berumbai, dan badan berperut buncit. Ia memiliki kaki panjang yang warnanya bervariasi, berwarna kehijauan tua pada saat remaja, merah muda hingga oranye pada burung dewasa dengan beberapa jantan memiliki kaki oranye kemerahan hanya selama musim kawin. Saat terbang, ia mempunyai guratan sayap yang lebih dalam dan lebih lambat dibandingkan burung perandai lain dengan ukuran yang sama, dan menampilkan garis putih tipis dan tidak jelas di sayap, serta oval putih di sisi ekor. Spesies ini menunjukkan dimorfisme seksual . Meskipun sebagian kecil jantan menyerupai betina, jantan umumnya jauh lebih besar daripada betina dan memiliki bulu yang rumit untuk berkembang biak. Jantan memiliki kisaran ukuran antara 29–32 cm (11–13 in) panjang dengan 54–60 cm (21–24 in) lebar sayap, dan beratnya sekitar 180 g (6,3 oz) . Pada musim kawin dari bulan Mei hingga Juni, kaki, paruh, dan kulit wajah berkutil jantan berwarna oranye, dan ia memiliki jumbai kepala dan rumbai leher yang khas. Ornamen-ornamen ini berbeda-beda pada setiap burung, berwarna hitam, kastanye, atau putih, dengan warna solid, bergaris, atau tidak beraturan. Punggung berwarna abu-abu kecokelatan memiliki pola seperti sisik, seringkali dengan bulu berwarna hitam atau kastanye, dan bagian bawah berwarna putih dengan warna hitam luas di bagian dada. Keragaman ekstrim pada bulu perkembangbiakan utama diperkirakan telah berkembang untuk membantu pengenalan individu pada spesies yang memiliki tampilan perkembangbiakan komunal, tetapi biasanya tidak bersuara.

Di luar musim kawin, hiasan kepala dan leher jantan serta kulit wajah yang telanjang hilang dan kaki serta paruh menjadi kusam. Bagian atas berwarna abu-abu kecokelatan, dan bagian bawah berwarna putih dengan bintik abu-abu di bagian dada dan panggul.

Betina memiliki kisaran ukuran 22–26 cm (8,7–10,2 in) panjang dengan 46–49 cm (18–19 in) lebar sayap, dan beratnya sekitar 110 g (3,9 oz) . Pada bulu pembiakan, mereka memiliki bagian atas berwarna abu-abu kecokelatan dengan pinggiran bulu berwarna putih di bagian tengah berwarna gelap. Bagian dada dan panggulnya bercak-bercak hitam yang bervariasi. Di musim dingin, bulu betina mirip dengan bulu jantan, tetapi jenis kelaminnya dapat dibedakan berdasarkan ukurannya. Bulu Trinil rumbai remaja menyerupai bulu dewasa yang tidak berkembang biak, tetapi memiliki bagian atas dengan pola rapi seperti sisik dengan bagian tengah bulu berwarna gelap, dan semburat buff yang kuat pada bagian bawah.

Bulu Trinil rumbai jantan dewasa mulai berganti bulu menjadi bulu pajangan utama sebelum kembali ke area berkembang biak, dan proporsi burung dengan hiasan kepala dan leher secara bertahap meningkat sepanjang musim semi. Burung tahun kedua tertinggal dari burung dewasa dalam mengembangkan bulu untuk berkembang biak. Mereka memiliki massa tubuh yang lebih rendah dan pertambahan berat badan yang lebih lambat dibandingkan orang dewasa, dan mungkin tuntutan terhadap cadangan energi mereka selama penerbangan migrasi adalah alasan utama tertundanya pergantian bulu.

Trinil rumbai dari kedua jenis kelamin memiliki tahap mabung tambahan antara bulu musim dingin dan musim panas terakhir, sebuah fenomena yang juga terlihat pada biru-laut ekor-blorok . Sebelum mengembangkan perhiasan tampilan penuh dengan rumbai leher dan jumbai berwarna, pejantan mengganti sebagian bulu musim dinginnya dengan bulu bergaris. Betina juga mengembangkan campuran bulu musim dingin dan bulu bergaris sebelum mencapai penampilan musim panas. Bulu pembiakan jantan terakhir dihasilkan dari penggantian bulu musim dingin dan bulu belang, namun betina tetap mempertahankan bulu belang dan hanya mengganti bulu musim dingin untuk mencapai bulu musim panasnya. Bulu pranikah yang bergaris mungkin mewakili penampilan perkembangbiakan asli spesies ini, bulu perkawinan jantan yang mencolok berkembang kemudian di bawah tekanan seleksi seksual yang kuat

Jantan dewasa dan sebagian besar betina dewasa memulai mabung sebelum musim dingin sebelum kembali ke selatan, tetapi menyelesaikan sebagian besar penggantian bulu di musim dingin. Di Kenya, mabung jantan terjadi 3–4 minggu lebih awal dari betina, dan berakhir sebelum bulan Desember, sedangkan betina biasanya menyelesaikan penggantian bulu pada bulan Desember dan awal Januari. Burung muda berganti bulu dari bulu tubuh musim panas pertama mereka ke bulu musim dingin selama akhir September hingga November, dan kemudian menjalani mabung pra-kawin yang waktu dan durasinya serupa dengan bulu dewasa, dan sering kali menghasilkan penampilan berwarna cerah.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Trinil-rumbai adalah spesies yang bermigrasi, berkembang biak di lahan basah di daerah yang lebih dingin di Eurasia utara, dan menghabiskan musim dingin di utara di daerah tropis, terutama di Afrika. Beberapa peternak Siberia melakukan perjalanan pulang pergi tahunan hingga 30.000 km (19.000 mi) ke tempat musim dingin di Afrika Barat. Terdapat sedikit tumpang tindih antara rentang musim panas dan musim dingin di Eropa Barat. Trinil rumbai berkembang biak di rawa air tawar dataran rendah yang luas dan padang rumput lembab. Ia menghindari tundra tandus dan daerah yang terkena dampak buruk cuaca buruk, lebih memilih rawa-rawa hummocky dan delta dengan perairan dangkal. Daerah yang lebih basah menyediakan sumber makanan, gundukan dan lereng dapat digunakan untuk lek, dan daerah kering dengan sedimen atau semak belukar yang rendah menyediakan tempat bersarang. Sebuah penelitian di Hongaria menunjukkan bahwa penggembalaan padang rumput cukup intensif, dengan lebih dari satu ekor sapi per hektar (2,5 hektar), ternyata menarik lebih banyak pasangan yang bersarang. Saat tidak berkembang biak, burung ini menggunakan lahan basah dangkal yang lebih luas, seperti ladang irigasi, tepi danau, dan penurunan permukaan tanah pertambangan serta lahan banjir lainnya. Padang rumput kering, dataran lumpur pasang surut, dan pantai lebih jarang digunakan. Kepadatannya bisa mencapai 129 individu per kilometer persegi (334 per mil persegi), namun biasanya jauh lebih rendah.

Trinil rumbai berkembang biak di Eropa dan Asia dari Skandinavia dan Inggris Raya hingga Pasifik. Di Eropa ia ditemukan di daerah beriklim sejuk, tetapi di wilayah Rusia ia merupakan spesies Arktik, yang hidup terutama di utara sekitar 65°LU. Jumlah terbesar berkembang biak di Rusia (lebih dari 1 juta pasang), Swedia (61.000 pasang), Finlandia (39.000 pasang) dan Norwegia (14.000 pasang). Meskipun mereka juga berkembang biak dari Inggris ke timur melalui Negara-negara Rendah ke Polandia, Jerman dan Denmark, terdapat kurang dari 2.000 pasangan di wilayah selatan ini.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Perkawinan[sunting | sunting sumber]

Pejantan tampil selama musim kawin di suatu tempat di arena berumput terbuka tradisional. Para jantan trinil-rumbai akan berkumpul dan tiap pejantan akan tampil secara bergiliran dan menebar pesonanya. Trinil rumbai adalah salah satu dari sedikit spesies burung yang menyukai pertunjukan kawin yang tampilannya lebih ditujukan pada pejantan lain dibandingkan betina, dan merupakan salah satu dari sedikit burung yang jantannya memiliki variasi bulu dan perilaku kawin yang jelas dan mewarisi variasi bulu dan perilaku kawin. . Ada tiga bentuk jantan: jantan teritorial yang khas, jantan satelit yang memiliki bulu leher berwarna putih, dan varian yang sangat langka dengan bulu mirip betina. Perilaku dan penampilan individu pejantan tetap konstan sepanjang masa dewasanya, dan ditentukan oleh gennya

Bersarang dan bertahan hidup[sunting | sunting sumber]

Sarangnya berupa galian tanah dangkal yang dilapisi dengan daun dan batang rumput, dan tersembunyi di tanaman rawa atau rumput tinggi hingga 400 m (440 yd) . dari lek. Bersarang bersifat soliter, meskipun beberapa betina mungkin bertelur di sekitar lek. Telurnya agak mengilap, berwarna hijau atau zaitun, dan ditandai dengan bercak gelap; mereka diletakkan dari pertengahan Maret hingga awal Juni tergantung pada garis lintang.

Makanan[sunting | sunting sumber]

Trinil-rumbai biasanya mencari makan dengan cara berjalan stabil dan mematuk, memilih makanan berdasarkan penglihatannya, namun ia juga akan mengarungi dalam-dalam dan menenggelamkan kepalanya. Di danau air asin di Afrika Timur, ia sering berenang seperti kaki-rumbai mengambil benda dari permukaan. Ia akan makan pada malam hari dan juga pada siang hari. Diperkirakan Trinil rumbai menggunakan isyarat visual dan pendengaran untuk menemukan mangsa.[2] Saat makan, trinil-rumbai sering kali mengangkat bulu punggungnya, menghasilkan puncak runcing yang longgar di punggung; kebiasaan ini hanya dimiliki oleh biru-laut ekor hitam.

Status konservasi[sunting | sunting sumber]

Trinil-rumbai memiliki jangkauan yang luas, diperkirakan 1–10 juta kilometer persegi (0,38–3,8 juta mil persegi) dan populasi sedikitnya 2.000.000 burung. Populasi Eropa yang berjumlah 200.000–510.000 pasang, menempati lebih dari separuh total wilayah perkembangbiakan, tampaknya telah menurun hingga 30% selama sepuluh tahun, namun hal ini mungkin mencerminkan perubahan geografis dalam populasi perkembangbiakan. Trinil-rumbai erakhir kali dinilai pada tahun 2016 dalam skala global, dan terdaftar sebagai spesies berisiko rendah. Pada tahun 2021, IUCN menilai populasi trinil-rumbai di Eropa hampir terancam, [3] yang nantinya dapat mencerminkan daftar spesies tersebut.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b BirdLife International (2016). "Calidris pugnax". 2016: e.T22693468A86591264. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22693468A86591264.en. 
  2. ^ Onrust, J.; Loonstra, A. H. J.; Schmaltz, L. E.; Verkuil, Y. I.; Hooijmeijer, J. C. E. W.; Piersma, T. (2017). "Detection of earthworm prey by Ruff Philomachus pugnax" (PDF). Ibis. 159 (3): 647–656. doi:10.1111/ibi.12467. 
  3. ^ "European regional assessment".