Trinil pembalik batu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Trinil pembalik batu
Arenaria Edit nilai pada Wikidata
Black turnstone in winter plumage
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliScolopacidae
GenusArenaria Edit nilai pada Wikidata
Brisson, 1780

Trinil pembalik batu adalah dua spesies burung yang termasuk dalam genus Arenaria dalam keluarga Scolopacidae . Mereka berkerabat dekat dengan burung kicau kedidi dan mungkin dianggap sebagai anggota suku Calidriini.

Genus Arenaria diperkenalkan oleh ahli zoologi Perancis Mathurin Jacques Brisson pada tahun 1760 dengan Trinil pembalik-batu biasa ( Arenaria interpres ) sebagai spesies tipenya .[1] [2] Nama genus arenaria berasal dari bahasa Latin arenarius, "menghuni pasir", dari arena, "pasir". [3]

Genus ini mengandungi dua spesies: Trinil pembalik batu biasa ( Arenaria interpres ) dan trinil pembalik-batu hitam ( Arenaria melanocephala ). [4] Kedua burung tersebut adalah burung perandai . Panjangnya biasanya antara 20 dan 25 cm, dengan lebar sayap antara 50 dan 60 cm dan massa tubuh antara 110 dan 130g. Bagi burung perandai, tubuh mereka kekar, dengan paruh pendek, agak terbalik, berbentuk baji. Mereka memiliki bercak putih di punggung, sayap, dan ekor. Mereka adalah peternak tingkat tinggi di Arktik, dan bermigrasi . Lehernya yang kuat dan paruhnya yang kuat dan sedikit terbalik disesuaikan dengan teknik makannya. Sesuai dengan namanya, spesies ini membalikkan batu, rumput laut, dan benda serupa untuk mencari mangsa invertebrata . [5] Mereka tinggal di pesisir pantai, lebih menyukai pantai berbatu daripada pasir, dan sering berbagi ruang pantai dengan spesies burung perandai lain seperti Trinil ungu.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Trinil pembalik batu biasa dalam pembiakan bulu

Trinil pembalik batu biasa[sunting | sunting sumber]

Trinil pembalik batu biasa (atau hanya Trinil pembalik batu di Eropa ), Arenaria interpres, mempunyai distribusi sirkumpolar, dan merupakan migran jarak jauh, musim dingin di pantai selatan hingga Afrika Selatan dan Australia . Oleh karena itu, hal ini merupakan pemandangan umum di pantai hampir di semua tempat di dunia. Ini adalah salah satu spesies yang tunduk pada Perjanjian Konservasi Burung Air Migrasi Afrika-Eurasia ( AEWA ).

Dalam pembiakan bulu, ini adalah burung yang mencolok, dengan kepala hitam-putih, punggung berwarna kastanye, bagian bawah putih dan kaki merah. Bulu musim dingin yang menjemukan pada dasarnya berwarna coklat di bagian atas dan putih di bagian bawah. Ini adalah burung yang umumnya jinak dan merupakan burung oportunis yang memberi makan. Tidak seperti kebanyakan burung randai, ia akan mengais-ngais, dan memiliki daftar makanan yang tercatat sangat fenomenal, termasuk mayat manusia dan kelapa . Ia mengeluarkan suara adalah stak-stak tuk-tuk-tuk.

Trinil pembalik batu hitam[sunting | sunting sumber]

Trinil pembalik batu hitam di bulu musim panas

Trinil pembalik batu hitam ( Arenaria melanocephala ) memiliki struktur yang mirip dengan kerabatnya yang tersebar luas, tetapi memiliki bagian atas dan dada berwarna hitam, dan bagian bawah berwarna putih. Ia mempunyai wilayah jelajah yang jauh lebih terbatas dibandingkan dengan burung Trinil pembalik batu biasa, berkembang biak di Alaska barat, dan musim dingin terutama di pantai Pasifik Amerika Serikat .

Terdapat fosil tulang, bagian distal tarsometatarsus yang ditemukan di Edson Beds di Sherman County, Kansas . Berasal dari pertengahan Blancan sekitar 4-3 juta tahun yang lalu, ia tampaknya berasal dari calidriid yang agak mirip dengan Trinil pektoral, tetapi memiliki beberapa ciri yang mengingatkan pada batu putar. Bergantung pada sifat mana yang apomorfik dan plesiomorfik, ia mungkin merupakan perwakilan leluhur dari salah satu garis keturunan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Brisson, Mathurin Jacques (1760). Ornithologie, ou, Méthode Contenant la Division des Oiseaux en Ordres, Sections, Genres, Especes & leurs Variétés (dalam bahasa French and Latin). Paris: Jean-Baptiste Bauche. Vol. 1, p. 48, Vol. 5, p. 132. 
  2. ^ Peters, James Lee, ed. (1934). Check-list of Birds of the World. 2. Cambridge, Massachusetts: Harvard University Press. hlm. 271. 
  3. ^ Jobling, James A (2010). The Helm Dictionary of Scientific Bird Names. London: Christopher Helm. hlm. 54. ISBN 978-1-4081-2501-4. 
  4. ^ Gill, Frank; Donsker, David, ed. (2019). "Buttonquail, plovers, seedsnipe, sandpipers". World Bird List Version 9.1. International Ornithologists' Union. Diakses tanggal 2 April 2019. 
  5. ^ Svensson, Lars et al. Collins Bird Guide 2nd ed.