Trichosanthes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Trichosanthes
Trichosanthes cochinchinensis
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Tribus:
Genus:
Trichosanthes

Sinonim

Anguina Mill.
Cucumeroides Gaertn.
Eopepon Naudin
Involucraria Ser.
Platygonia Naudin

Trichosanthes adalah genus tumbuhan merambat tropis dan subtropis dalam keluarga mentimun (Cucurbitaceae). Genus ini berkerabat dekat dengan genus Gymnopetalum.

Tunas, sulur, dan daun dari beberapa atau mungkin semua spesiesnya dapat dimakan sebagai sayuran. Setidaknya terdapat dua spesies yakni Trichosanthes cucumerina (pare belut) dan Trichosanthes dioica ditanam secara komersial untuk diambil buahnya yang berdaging dan digunakan sebagai sayuran, paling populer di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Setidaknya dua spesiesnya yakni Trichosanthes kirilowii dan Trichosanthes rosthornii ditanam untuk digunakan dalam pengobatan tradisional Cina, di mana mereka disebut dengan nama gualou (Hanzi: 瓜蒌; Pinyin: guālóu). Trichosanthes juga dikenal sebagai tanaman obat sekaligus beracun di India.[1]

Daftar Spesies[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bobade, Amitesh Ashok; Thatte, Chinmay Vinay; Tijare, Rutuja Babanrao (30 September 2022). "Trichosanthes cucumerina: A perspective on various medicinal uses or activities" (PDF). GSC Biological and Pharmaceutical Sciences. 20 (3): 141–147. doi:10.30574/gscbps.2022.20.3.0350. Diakses tanggal 22 February 2023.