Triangle (film 2007)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Triangle
SutradaraTsui Hark
Ringo Lam
Johnnie To
ProduserTsui Hark
Ringo Lam
Johnnie To
Ditulis olehHalf Leisure
Kenny Kan
Sharon Chung
Yau Nai-Hoi
Au Kin-Yee
Yip Tin-Shing
PemeranLouis Koo
Simon Yam
Sun Honglei
Penata musikDave Klotz
Guy Zerafa
SinematograferCheng Siu-Keung
PenyuntingDavid M. Richardson
Perusahaan
produksi
DistributorHong Kong Media Asia Distribution
Tiongkok Polybona Films
Tanggal rilis
Tiongkok 1 Oktober 2007
Malaysia 18 Oktober 2007[1]
Hong Kong 1 November 2007
Durasi100 menit
NegaraHong Kong Hong Kong
BahasaKanton
AnggaranHK$8.000.000

Triangle (Hanzi sederhana: 铁三角; Hanzi tradisional: 鐵三角; Pinyin: tie san jiao) adalah sebuah film kriminal-thriller Hong Kong buatan tahun 2007. Diproduksi dan disutradarai oleh Tsui Hark, Ringo Lam, dan Johnnie To. Film ini dikenal untuk pemeran-pemerannya yang merupakan aktor-aktor bintang Tionghoa: Louis Koo, Simon Yam, Sun Honglei, dan masih banyak lagi.

Triangle diputar keluar dari kompetisi di Festival Film Cannes 2007.[2] Film ini juga diputar di Festival Film Internasional Santa Barbara dan Festival Film Internasional Seattle. Film ini kemudian dirilis di Cina pada 1 Oktober 2007, yang merupakan salah satu bulan sebelum rilis teater Hong Kong.

Plot[sunting | sunting sumber]

Timer-kecil Fei (Louis Koo), sahabatnya terburu-buru Sam (Simon Yam), dan pemilik toko antik Mok (Sun Hong Lei) seluruhnya membutuhkan uang. Fei ingin temannya untuk mengendarai mobil liburan perampokan tetapi Sam punggung keluar, melemparkan Fei bermasalah dengan triad. Sebagai tiga saling berdebat, seorang pria misterius membuat mereka peta, memimpin mereka ke harta tidak mungkin di bawah gedung Dewan Legislatif. Semua krisis keuangan mereka tampaknya akan diselesaikan setelah pencurian larut malam, tetapi mereka sedang dilacak oleh polisi teduh Wen (Lam Ka-Tung), yang menjalankan berselingkuh dengan istri tidak stabil emosional Sam, Ling (Kelly Lin), dan memiliki hubungan dengan Fei. Ketika kusut hubungan terpelintir datang ke cahaya, persaudaraan berbahaya rusak dan harta berakhir di tangan salah.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Sertifikasi film[sunting | sunting sumber]

Negara Sertifikasi
Amerika Serikat Amerika Serikat R
Hong Kong Hong Kong IIB
Prancis Prancis U
Singapura Singapura PG

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Triangle (2007) - Movie - Yahoo! Malaysia Movies". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-01-26. Diakses tanggal 2010-11-30. 
  2. ^ "Festival de Cannes: Triangle". festival-cannes.com. Diakses tanggal 2009-12-20. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]