Pegar-tanduk barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Tragopan barat)
Pegar-tanduk barat
Tragopan melanocephalus

Status konservasi
Rentan
IUCN22679147
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoGalliformes
FamiliPhasianidae
GenusTragopan
SpesiesTragopan melanocephalus
Gray, 1829

Pegar-tanduk barat (Tragopan melanocephalus) adalah burung berukuran sedang yang ditemukan di sepanjang Himalaya dari distrik utara-timur provinsi Khyber Pakhtunkhwa, di utara Pakistan, di barat hingga Uttarakhand, India di timur. Spesies ini sangat terancam punah dan terancam punah secara global.

Identifikasi[sunting | sunting sumber]

Penjantan sangat gelap, abu-abu dan hitam dengan banyak bintik-bintik putih, masing-masing bintik dibatasi dengan bercak merah tua dan hitam di sisi dan belakang leher. Tenggorokannya terlihat dengan kulit biru sedangkan kulit wajah yang terlihat berwarna merah. Mereka memiliki bulu oksipital hitam kecil. Betina memiliki bagian atas abu-abu kecoklatan pucat tervermikulasi dan terlihat hitam, dan sebagian besar bulunya memiliki bercak hitam dan garis-garis putih tengah. Pejantan yang belum dewasa menyerupai betina, tetapi lebih besar dengan kaki yang lebih panjang dan sejumlah hitam di kepala dan merah di leher.

Berat jantan 1,8 - 2,2 kg dan betina mencapai 1,25 - 1,4 kg.[1] Panjang jantan bervariasi dari 55 – 60 cm sedangkan betina 48 – 50 cm.

Distribusi[sunting | sunting sumber]

Lima populasi diketahui dari Kohistan, lembah Kaghan, Kishtwar, Chamba, Kullu dan area di timur sungai Satluj. Mereka ditemukan dari ketinggian 1.750 hingga 3.600 m, lebih tinggi di musim panas. Habitat yang mereka sukai adalah tumbuhan rendah yang rapat di hutan beriklim sedang, dan subalpine berdaun lebar.

Kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Ia mendiami hutan beriklim sedang bagian atas antara 2.400 dan 3,600 m di musim panas, dan di musim dingin, hutan lebat termasuk jenis pohon jarum dan berdaun lebar di ketinggian 2,000 dan 2,800 m. Pegar-tanduk barat kebanyakan arboreal tetapi memakan di tanah. Mereka memakan sebagian besar daun, pucuk dan biji, tetapi juga mengonsumsi serangga dan invertebrata lainnya. Seperti kebanyakan burung, mereka bertengger di pohon sendirian atau berpasangan kecuali selama bersarang.

Saat pertujukan, jantan menunjukkan tenggorokannya mengembang menjadi terlipat yang tampak ungu dengan batas merah muda. Mereka juga menampilkan tanduk biru dengan kemiripan yang mirip dengan tanduk dewa mitologis Yunani Pan, merupakan bagian nama tragopan (tragos 'kambing' + Pan). Selama pertunjukan mereka bersuara dan lagu itu adalah bunyi dua nada yang keras "wou-weee" yang diulang setiap detik untuk waktu yang lama. Mei dan Juni adalah musim pemuliaan. Mereka membangun sarang di lubang pohon yang rendah.

Mereka peka terhadap gangguan antropogenik dan menghindari habitat yang terganggu (misalnya, lokasi pengembangan proyek listrik tenaga air).[2]

Status[sunting | sunting sumber]

Tanda tentang Tragopan Barat di dekat Sarahan, Himachal Pradesh, India

Pegar-tanduk barat dianggap sebagai yang paling langka dari semua burung yang hidup. Kisarannya sangat terbatas. Di Distrik Kullu Himachal Pradesh, burung ini secara lokal disebut jujurana yang berarti "raja burung". Status burung itu diberikan negara Himachal Pradesh pada 2007.

Populasi pegar-tanduk barat terancam oleh beberapa antropogenik di seluruh habitatnnya. Populasi diperkirakan kurang dari 5.000 individu di dunia, termasuk populasi penangkaran di Himachal Pradesh yang berjumlah kurang dari sepuluh pasang pada tahun 2012.[3] CITES telah mencantumkan spesies ini dalam Lampiran I untuk mencegah penjualan bulu-bulunya. Mewakili daerah burung endemik D02 Himalaya Barat, pegar-tanduk barat telah digambarkan sebagai spesies dengan kisaran terbatas.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ CRC Handbook of Avian Body Masses by John B. Dunning Jr. (Editor). CRC Press (1992), ISBN 978-0-8493-4258-5.
  2. ^ Jolli, Virat & Pandit, M. K. (2011). "Monitoring pheasants (Phasianidae) in the Western Himalayas to measure the impact of hydro-electric projects". The Ring 33: 37-46. DOI:10.2478/v10050-011-0003-7
  3. ^ "Western Tragopan Tragopan melanocephalus". BirdLife International. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 9 September 2015. 
  • Rasmussen, P.C & Anderton, J. C. (2005) Birds of South Asia. The Ripley Guide. Smithsonian Institution and Lynx Edicions.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]