Toxicodendron radicans

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Toxicodendron radicans Edit the value on Wikidata
Toxicodendron radicans.jpg
Edit the value on Wikidata
Tumbuhan
Jenis buahbuah berbiji Edit the value on Wikidata
Status konservasi
Status iucn3.1 LC.svg
Risiko rendah
IUCN124270453 Edit the value on Wikidata
Taksonomi
DivisiTracheophyta
UpadivisiSpermatophytina
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
KladSuperrosidae
Kladrosids
Kladmalvids
OrdoSapindales
FamiliAnacardiaceae
UpafamiliAnacardioideae
GenusToxicodendron
SpesiesToxicodendron radicans Edit the value on Wikidata
Kuntze, 1891
Tata nama
BasionimRhus radicans (en) Terjemahkan Edit the value on Wikidata

Toxicodendron radicans adalah tumbuhan yang daunnya bermiang yang dapat menyebabkan gatal jika tersentuh kulit. Tumbuhan ini memiliki beberapa jenis. Ada yang berbatang, dan ada juga yang merambat. Jelatang memiliki daun berukuran kecil, tetapi ada juga jelatang dengan daun lebar. Tumbuhan ini memiliki tinggi sekitar 10 cm sampai 1 m. Di Indonesia, tumbuhan jelatang banyak tumbuh di pegunungan dan biasa menjadi tumbuhan yang dihindari pendaki gunung meskipun sebenarnya banyak kegunaan yang bisa manfaatkan.[butuh rujukan][1]

Di daerah Kedurang, tanaman ini dibedakan berdasarkan bentuk dan efek gatal yang ditimbulkannya. Jelatang berdaun kecil dengan ukuran lebar sekitar cm, dinamakan jelatang ayam. Jelatang kambing, daunnya lebih lebar dengan efek gatal yang lebih tinggi. Ada juga jelatang kerbau, daunnya paling lebar dan tebal. Lebarnya dapat mencapai 30 cm. Jelatang jenis ini menyebabkan gatal dan perih hingga seminggu kemudian. Efek tersebut tergantung dari kadar racun yang dimilikinya. Semua jenis jelatang biasa tumbuh di daerah dengan kelembaban yang tinggi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


  1. ^ Media, Kompas Cyber (2022-02-10). "Manfaat Daun Jelatang, Tanaman Liar yang Bisa Digunakan sebagai Obat Alami". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2022-05-18.