Towe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Towe
Melidectes
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliMeliphagidae
GenusMelidectes
P.L. Sclater, 1874

Melidectes atau towe dalah genus burung dalam keluarga pemakan madu Meliphagidae . Keenam spesies tersebut adalah endemik di papua . Nama generiknya berasal dari bahasa Yunani meli yang berarti madu dan dektes yang berarti pengemis atau penerima.[1]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Mereka adalah pemakan madu berukuran sedang, berpenampilan bervariasi tetapi memiliki paruh yang panjang dan terkadang kokoh serta penutup mata di sekitar mata yang cukup besar dan berwarna cerah pada beberapa spesies.

Habitat[sunting | sunting sumber]

Genus ini sangat terbatas pada lingkungan pegunungan. Mereka menempati hutan pegunungan, tepi hutan, semak alpine dan semak belukar di padang rumput. [2] Dalam beberapa kasus di mana dua spesies menempati wilayah jelajah yang serupa, misalnya towe Belfort dan towe alis-kuning di Pegunungan Schrader, kedua spesies tersebut saling mengecualikan dan muncul pada sikap yang berbeda. [2]

Makanan[sunting | sunting sumber]

Makanan burung towe tidak diketahui untuk semua spesies, tetapi bagi yang diketahui terdiri dari serangga, nektar, serbuk sari, buah-buahan dan beri. Towe janggut-pendek juga tercatat memakan biji-bijian. Mereka mencari makan di semua tingkat hutan, dan di semak belukar dan semak belukar di lingkungan yang lebih terbuka. Beberapa tercatat sedang makan di tanah, baik pada tanaman di tanah atau memungut sampah daun. Mereka biasanya mencari makan secara lajang, juga mencari makan berpasangan atau dalam kelompok kecil. [3] Seperti kebanyakan pemakan madu, mereka mungkin agresif terhadap burung lain, termasuk burung buah dan pemakan madu lainnya, dan bahkan anggota genus lainnya. Satu penelitian menemukan bahwa towe Belford secara agresif mempertahankan bunga parasit akar terestrial Mitrastemmaa dari towe elok.[4]

Status dan konservasi[sunting | sunting sumber]

Banyak spesies towe adalah spesies dengan wilayah jelajah terbatas, menempati wilayah jelajah global yang kecil; dalam banyak kasus pegunungan tunggal. Spesies yang paling tersebar luas,towe elok sebenarnya mendapat manfaat dari aktivitas manusia. Spesies tersebut lebih menyukai tepi hutan, pertumbuhan sekunder, dan kebun, dan tampaknya jumlahnya semakin meningkat. [5]

Jenis[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jobling, James A. (1991). A Dictionary of Scientific Bird NamesPerlu mendaftar (gratis). Oxford: Oxford University Press. hlm. 145. ISBN 0-19-854634-3. 
  2. ^ a b Higgins, P.J.; Christidis, L.; Ford, H.A. (2008). "Family Meliphagidae (Honeyeaters)". Dalam Josep, del Hoyo; Andrew, Elliott; David, Christie. Handbook of the Birds of the World. Volume 13, Penduline-tits to Shrikes. Barcelona: Lynx Edicions. hlm. 611–615. ISBN 978-84-96553-45-3. 
  3. ^ Higgins, P.J.; Christidis, L.; Ford, H.A. (2008). "Family Meliphagidae (Honeyeaters)". Dalam Josep, del Hoyo; Andrew, Elliott; David, Christie. Handbook of the Birds of the World. Volume 13, Penduline-tits to Shrikes. Barcelona: Lynx Edicions. hlm. 611–615. ISBN 978-84-96553-45-3. 
  4. ^ Beehler, Bruce M. (1994). "Canopy-Dwelling Honeyeater aggressively defends terrestrial nectar resource". Biotropica. 26 (4): 459–461. doi:10.2307/2389240. JSTOR 2389240. 
  5. ^ Higgins, P.J.; Christidis, L.; Ford, H.A. (2008). "Family Meliphagidae (Honeyeaters)". Dalam Josep, del Hoyo; Andrew, Elliott; David, Christie. Handbook of the Birds of the World. Volume 13, Penduline-tits to Shrikes. Barcelona: Lynx Edicions. hlm. 611–615. ISBN 978-84-96553-45-3.