Burung-buah (Melanocharitidae)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Melanocharitidae
Toxorhamphus poliopterus
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Infraordo:
Famili:
Melanocharitidae

Genus

Melanocharitidae, burung-buah dan cucuk-panjang, adalah keluarga burung kecil yang hanya hidup di hutan Papua. Keluarga ini berisi sebelas spesies dalam empat (terkadang tiga) genera . Mereka adalah burung penyanyi kecil dengan bulu umumnya kusam tetapi bentuk tubuh bervariasi.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Burung-buah adalah burung penyanyi berukuran kecil hingga sangat kecil. Panjangnya berkisar dari 15 cm (5,9 in) dalam kasus burung-buah kipas hingga 73 cm (29 in) dalam kasus burung paruh-panjang kerdil, yang merupakan burung terkecil di New Guinea. Burung-buah ( Melanocharis ) biasanya lebih besar dari burung paruh panjang Toxorhamphus dan Oedistoma.[1] Betina dari dua spesies, burung-buah kipas dan burung-buah garis, unik di antara burung penyanyi karena mereka menunjukkan kebalikan dari pola dimorfisme seksual yang biasa, dengan betina lebih panjang dan lebih berat.[2] Misalnya, pada burung-buah, jantannya memiliki berat 12 hingga 15 g (0,42–0,53 oz), sedangkan betina berbobot 16 hingga 20 g (0,56–0,71 oz).[3]

Mereka memiliki bulu berwarna abu-abu, coklat atau hitam dan putih.[4] Burung pelatuk menunjukkan beberapa dimorfisme seksual pada bulunya. Burung-buah menyerupai isap-madu paruh pendek yang gemuk, dan burung paruh panjang seperti burung matahari yang menjemukan [4] atau burung pemakan madu berekor pendek. [1] Kicauan burung-buah digambarkan bernada tinggi dan lemah, serta lagunya cepat.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Burung-buah umumnya merupakan spesies pegunungan, dengan hanya satu, yaitu burung-buah hitam, yang ditemukan di hutan dataran rendah.[5] Sebaliknya burung paruh panjang hidup di hutan dataran rendah dan hutan pegunungan rendah serta di pulau-pulau kecil di sekitar Papua. [4] Di antara burung-buah terdapat serangkaian spesies pada ketinggian yang berbeda, dengan burung pelatuk hitam ditemukan di dataran rendah, burung-buah tengah gunung ditemukan di dataran rendah (pertengahan pegunungan) dan burung-buah kipas ditemukan di dekat pepohonan. [4]

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Spesies Melanocharitidae biasanya terlihat sendirian atau berpasangan. [4] Mereka mungkin berasosiasi dengan kelompok makan spesies campuran, tetapi merupakan anggota lepas dan bukan spesies inti. [3] Makanan keluarga ini didominasi oleh buah beri dan buah-buahan kecil. Arthropoda juga terkadang dikonsumsi melalui dedaunan, dan lebih jarang dengan cara melayang dan menyambar. Mereka adalah pemakan yang sangat aktif, jarang berhenti kecuali saat sedang memetik buah beri. Sebagian besar spesies mencari makan di tingkat hutan bagian bawah dan tengah, meskipun catatan menunjukkan bahwa burung pelatuk yang tidak dikenal akan memasuki kanopi untuk mencari makan. Burung-buah hitam jantan juga akan memasuki kanopi, sedangkan burung-buah betina akan tetap berada di bagian bawah hutan, hal ini menunjukkan adanya pemisahan seksual pada tempat mencari makan.

Perkembangbiakan beberapa spesies sama sekali belum dijelaskan, dan sedikit yang diketahui tentang perkembangbiakan sebagian besar spesies. Pencatatan sarang telah dilakukan pada musim hujan dan kemarau. [3] Mereka membangun sarang cangkir, [1] [4] biasanya di dahan bercabang dekat tepi pohon, dari sisik pakis dan serat tanaman yang diikat rapi dengan sutra serangga atau laba-laba dan dihias dengan lumut . [1] Sedikit yang diketahui tentang pembagian kerja dalam keluarga, meskipun pola yang ditunjukkan oleh burung-buah hitam, di mana betina membuat sarang sendirian tetapi kedua jenis kelamin memberi makan anak-anaknya, mungkin merupakan ciri khas keluarga tersebut. [3] Mereka bertelur satu atau dua butir. [4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Kikkawa, Jiro (2003). "Flowerpeckers". Dalam Christopher Perrins. Firefly Encyclopedia of Birds. Firefly Books. hlm. 584–585. ISBN 1-55297-777-3. Kikkawa, Jiro (2003). "Flowerpeckers". In Christopher Perrins (ed.). Firefly Encyclopedia of Birds. Firefly Books. pp. 584–585. ISBN 1-55297-777-3.
  2. ^ Amadon, Dean (1959). "The Significance of Sexual Differences in Size among Birds". Proceedings of the American Philosophical Society. 103 (4): 531–536. JSTOR 985554. 
  3. ^ a b c d Gregory, Phil (2008). "Family Melanocharitidae (Berrypeckers and Longbills)". Dalam del Hoyo, Josep; Elliott, Andrew; Christie, David. Handbook of the Birds of the World. Volume 13, Penduline-tits to Shrikes. Barcelona: Lynx Edicions. hlm. 322–338. ISBN 978-84-96553-45-3. Gregory, Phil (2008). "Family Melanocharitidae (Berrypeckers and Longbills)". In del Hoyo, Josep; Elliott, Andrew; Christie, David (eds.). Handbook of the Birds of the World. Volume 13, Penduline-tits to Shrikes. Barcelona: Lynx Edicions. pp. 322–338. ISBN 978-84-96553-45-3.
  4. ^ a b c d e f g Winkler, David W. "Melanocharitidae". Bird Families of the World. Cornell University, Department of Ecology and Evolutionary Biology. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 13, 2007. Diakses tanggal 2008-03-19.  Winkler, David W. "Melanocharitidae". Bird Families of the World. Cornell University, Department of Ecology and Evolutionary Biology. Archived from the original on June 13, 2007. Retrieved 2008-03-19.
  5. ^ Beehler, B., Pratt, T. & Zimmerman, D. (1986) Birds of New Guinea Princeton University Press:Princeton, ISBN 0-691-02394-8