Touhou Project

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Touhou Project
GenrePermainan video tembak-menembak, Pertarungan
PengembangTeam Shanghai Alice (sebelumnya ZUN Soft)
PenerbitTeam Shanghai Alice (sebelumnya Amusement Makers)
PembuatZUN, Twilight Frontier
PlatformNEC PC-9801, Windows
Asal platformNEC PC-9801
Rilis pertamaHighly Responsive to Prayers
1996
Rilis terakhirViolet Detector
2018
Situs webWebsite pengembang

Touhou Project (東方Project, Tōhō Purojekuto, harfiah: "Proyek Ketimuran") juga dikenal sebagai Toho Project atau Project Shrine Maiden, adalah seri permainan tembak menembak yang dikembangkan oleh Team Shanghai Alice. Team Shanghai Alice hanya beranggotakan satu orang saja, yaitu ZUN yang melakukan produksi, grafis, musik, dan pemrograman sendiri secara mandiri.[1]

Alur cerita dalam seri permainan Touhou Project berkisar mengenai fenomena aneh yang terjadi di dunia fiksi Gensokyo yang ditinggali oleh manusia, youkai, makhluk supernatural lain. Sebelum terjadinya peristiwa yang ada di dalam game, Gensokyo disegel dari dunia luar oleh penghalang mistis. Penghalang ini disebut juga sebagai Perbatasan Gensokyo. Karakter utama dari serial ini, yaitu Reimu Hakurei, adalah seorang miko (gadis kuil) yang menjaga perbatasan, melawan yōkai antagonistis. Lima permainan pertama dibuat untuk seri PC-98. Mekanisme danmaku pertama kali dikenalkan pada permainan kedua, yaitu Story of Eastern Wonderland. The Embodiment of Scarlet Devil, yang dirilis pada Agustus 2002, menandakan perpindahan dari PC-98 ke platform Microsoft Windows, membawa seri permainan ini ke ranah pemain yang lebih luas. Beberapa sekuel kemudian dirilis, termasuk subseri pertarungan yang memiliki mekanika permainan yang berbeda dari seri utama.

Seri ini menjadi "seri tembak-menembak penggemar paling produktif" dalam Guinness World Records.[2][3] Seri Touhou Project telah menjadi sebuah media waralaba termasuk juga buku, musik, novel ringan, dan beberapa anime buatan fan yang ditambahkan pada seri utama.

Permainan[sunting | sunting sumber]

{{

Generasi PC-98[sunting | sunting sumber]

Seri game Touhou dimulai di seri komputer Jepang PC-9801 dan ada lima entri permainan dengan platform yang sama; PC standar (windows) hanya dapat memainkannya dengan menggunakan emulator. Tidak hanya itu peredaran PC-9801 sudah berkurang dan tidak populer disaat seri permainan Touhou keluar. Dikarenakan hal ini lima permainan ini tidak begitu dikenal dikalangan pemain, kelompok yang membuat seri permainan ini adalah Amusement Makers.

Highly Responsive to Prayers (東方靈異伝, Tōhō Reiiden, lit. "Wondrous Eastern Legend")
Permainan pertama dari seri permainan Touhou, diluncurkan pada tahun 1996. Bukanlah permainan tembak menembak vertikal atas-bawah seperti kebanyakan permainan di seri Touhou, melainkan lebih seperti permainan Arkanoid. Reimu Hakurei, karakter utama dikenalkan pada permainan ini. Reimu diceritakan memasuki gerbang menuju dunia lain, berniat untuk mencari dan menghukum dalang yang menghancurkan kuilnya. Pemain mengarahkan bola yin yang dengan jimat untuk menghancurkan blok dan level selesai ketika bloknya habis. Jika pemain kehabisan waktu, maka pemain akan dihujani peluru sampai bisa menyelesaikan level atau mati. Bos bisa dikalahkan dengan mengenai bola yin yang hingga darah mereka habis.
Story of Eastern Wonderland (東方封魔録, Tōhō Fūmaroku, lit. "Recorded Sealing of an Oriental Demon")
Permainan kedua dari seri permainan Touhou, diluncurkan pada Agustus 1997 di festival Comiket ke-52. Seri danmaku pertama muncul pada seri ini dan juga mengenalkan karakter utama baru, yaitu Marisa Kirisame (di sini sebagai bos terakhir kedua). Reimu Hakurei yang baru saja pulang dari latihan di gunung menemukan Kuil Hakurei dibanjiri oleh hantu dan yōkai. Tertarik menguji kekuatan barunya, dia menggunakan Bola Yin-Yang Hakurei dan terbang dari pundak kura-kura bernama Genjii untuk mencari sumber penyerbuannya. Mekanisme permainan pada umumnya sama dengan Eastern Wonderland dan permainan setelahnya pada seri ini.
Phantasmagoria of Dim. Dream (東方夢時空, Tōhō Yumejikū, lit. "Oriental Dream Dimensions")
Permainan ketika pada seri Touhou yang dirilis pada Desember 1997 di festival Comiket ke-53. Permainan tembak-menembak dua lawan dua yang mirip dengan Twinkle Star Sprites. Reimu Hakurei menemukan reruntuhan misterius yang tiba-tiba muncul di luar Kuil Hakurei. Dia mengikuti kompetisi kejam dengan pemain lain untuk menyelidiki reruntuhan tersebut— dan dikatakan bahwa yang pertama menuju inti reruntuhan tersebut akan memenangkan hadiah.
Lotus Land Story (東方幻想郷, Tōhō Gensōkyō, lit. "Fantastic Home Village of the East")
Permainan keempat dalam seri yang diluncurkan pada Agustus 1998 di festival Comiket ke-54. Permainan ini memperkenalkan mode fokus, yang menjadi pokok hingga rilisan saat ini, yang memperlambat gerakan karakter untuk membantu menghindari peluru. Setelah kejadian dari permainan sebelumnya, Negeri Ketimuran masih hidup damai hingga yōkai mulai berkerumun di Kuil Hakurei dan kekuatan yang luar biasa yang didapat dari bawah danau tinggi di pegunungan. Miko Reimu Hakurei sekali lagi berusaha keluar dan menghilangkan sumber dari insiden ini. Hanya saja, pada kesempatan kali ini, dia sengaja bergabung dengan saingan lama. Menurut ZUN, hanya 200 sampai 300 eksemplar dari permainan yang dijual pada saat itu.[4] Judul game yang digunakan istilah "Gensokyo". Tetapi, penggunaan nama ini masih belum digunakan hingga the Embodiment of Scarlet Devil.
Mystic Square (東方怪綺談, Tōhō Kaikidan, lit. "Fantastic Eastern Tales of Romance")
Permainan kelima dan terakhir untuk seri PC-98, yang dirilis pada bulan Desember 1998 di festival Comiket ke-55. Mima dan Yuuka, bos final dari The Story of Eastern Wonderland dan Lotus Land Story, kembali sebagai karakter yang dapat dimainkan dalam game ini. Seperti biasanya, ada insiden yang terjadi di Negeri Ketimuran. Banyak iblis muncul dari sebuah gua di dalam gunung. Mencari sumber invasi ini, Reimu Hakurei dan yang lainnya harus melakukan perjalanan melalui Makai untuk mencari dalangnya.

Generasi Permainan Windows[sunting | sunting sumber]

Setelah Mistic Square, Touhou Project menjadi vakum selama empat tahun disaat pembuatnya ZUN sedang membuat score musik untuk permainan seihou. Dia lalu meninggalkan grup tersebut dan membuat permainan Touhou untuk Windows di bawah naungan grup dia sendiri yang bernama Team Shanghai Alice. Kemampuan Touhou untuk dimainkan meningkat lebih pesat dibandingkan dengan PC-98. Semua karya dōjin lebih banyak dirilis pada Windows.

The Embodiment of Scarlet Devil (東方紅魔郷, Tōhō Kōmakyō, lit. "Tanah Setan Merah Ketimuran")[5]
Permainan keenam dan seri pertama untuk generasi Windows. Secara grafis, tampilan menjadi lebih baik dari permainan PC-98. Bila sebelumnya menggunakan FM Sintesis, pada seri ini ZUN menggunakan musik PCM (dengan MIDI untuk musik latar). Permainan ini menjadi yang pertama menarik penggemar dari kalangan Barat. Cerita bermula pada musim ke-118 yang disebutkan ketika sela percakapan antar karakter[6] : tanah Gensokyo (latar dari semua permainan Touhou) telah ditelan oleh kabut merah, dan penduduknya tidak lagi bisa melihat matahari. Sebagai miko Reimu Hakurei atau penyihir Marisa Kirisame, pemain berusaha untuk mencari sumber dari kabut, seorang tokoh misterius yang disebut Scarlet Devil.
Perfect Cherry Blossom (東方妖々夢, Tōhō Yōyōmu, lit. "Pesona Mimpi Seram Ketimuran")[5]
Permainan ketujuh dari seri permainan Touhou. Versi percobaan 30 Desember 2002 dan 26 Januari 2003, sedangkan versi penuh dirilis pada festival Comiket ke-64 yang bertepatan pada 17 Agustus 2003. Berbeda dengan sebelumnya, judul rilisan Bahasa Inggris sedikit berbeda makna dengan subjudul Bahasa Jepang. Secara harfiah, judul Bahasa Jepang diterjemahkan menjadi Pesona Mimpi Seram Ketimuran. Cerita bermula saat bulan Mei, musim dingin menjadi lebih lama dari yang biasanya dan warga mulai mencurigai ada yang salah. Sebagai Reimu, Marisa, atau karakter utama baru Sakuya Izayoi, pemain turun ketika musim ke-119 untuk mencari dalang yang membuat musim semi tak kunjung datang. Perfect Cherry Blossom melanjutkan tradisi sebelumnya, yaitu memunculkan kembali bos yang lalu menjadi karakter yang bisa dimainkan.
Immaterial and Missing Power (東方萃夢想, Tōhō Suimusō, lit. "Pengumpulan Lamunan Mimpi Ketimuran ")[5]
Kolaborasi pertama ZUN dengan Twilight Frontier, dan permainan ke 7,5 dari seri permainan Touhou. Game ini merupakan spin-off dari Imperishable Night, dan seri fighting game pertama dari seri permainan "Touhou".
Imperishable Night (東方永夜抄, Tōhō Eiyashō, lit. "Skema Malam Abadi Ketimuran")[5]
Permainan kedelapan dari seri permainan Touhou, dirilis pada konvensi Comiket ke-66 pada agustus 2004.[7]
Touhou ke-10 Mountain of Faith Marisa melawan Kanako Yasaka, bos terakhir dari stage 6.
Phantasmagoria of Flower View (東方花映塚, Tōhō Kaeizuka, lit. "Gundukan Memandang Bunga Ketimuran")[5]
Permainan kesembilan dari seri permainan Touhou, dirilis pada musim panas Agustus 2005 di konvensi Comiket ke-68.[7] Permainan ini menggunakan versus mode seperti pada Phantasmagoria of Dim. Dream, dan memiliki cara permainan yang sangan berbeda dengan tiga seri sebelumnya.
Shoot the Bullet (東方文花帖, Tōhō Bunkachō, lit. "Album Kalimat Indah Ketimuran")[5]
Permainan ke-9,5 dari seri permainan Touhou, dirilis pada Desember 2005 di konvensi Comiket ke-69.[7] Permainan ini dimaksudkan sebagai fanbook resmi dari Bohemian Archive in Japanese Red.
Mountain of Faith (東方風神録, Tōhō Fūjinroku, lit. "Catatan Dewa Angin Ketimuran")[5]
Permainan ke sepuluh dari seri permainan Touhou, diumumkan pertama kali pada awal bulan Mei 2007, versi percobaan dirilis pada konvensi Reitaisai ke empat pada tanggal 20 Mei 2007. Versi penuh atau akhir dari permainan ini dirilis pada hari pertama konvensi Comiket ke-72 pada 17 Agustus 2007.[7]
Scarlet Weather Rhapsody (東方緋想天, Tōhō Hisōten, lit. "Persepsi Langit Merah Ketimuran")
Permainan ke-10.5 dari seri permainan "Touhou". Demo pertama kali muncul saat Reitaisai 4, kemudian demo dirilis saat Comiket 72 kemudian disusul dengan versi pembaruan pada 29 April 2008. Versi penuh dirilis saat Reitaisai 5 pada 25 Mei 2008.
Reimu Hakurei melawan Utsuho Reiuzi, Bos terakhir dari stage6.
Subterranean Animism (東方地霊殿, Tōhō Chireiden, lit. "Istana Roh Bumi Ketimuran")[5]
Permainan ke sebelas dari seri permainan Touhou, diumumkan pada tanggal 1 Mei 2008.[8] Versi demo dari permainan ini dirilis pada konvensi Reitaisai ke-5 bersamaan den gan versi akhir dari Scarlet Weather Rhapsody. Versi akhir dari permainan ini dirilis pada konvensi Comiket ke-74 pada tanggal 16 Agustus 2008.
Undefined Fantastic Object (東方星蓮船, Tōhō Seirensen, lit. "Kapal Bintang Lotus Ketimuran")[5]
Permainan ke dua belas dari seri permainan Touhou, permainan ini diumumkan pada tanggal 26 Februari 2009.[9] Demo dari permainan ini dirilis pada konvensi Reitasisai ke-6 pada 8 Maret 2009, dan versi akhir pada 15 Agustus 2009, di konvensi Comiket ke-76
Touhou Hisōtensoku (東方非想天則 〜 超弩級ギニョルの謎を追え, Tōhō Hisōtensoku ~ Chōdokyū Ginyoru no Nazo wo Oe, lit. "Hukum Surga Tak Terjamah Ketimuran ~ Kejar Misteri Guinol Raksasa")[5]
Permainan dengan mode versus ketiga dan ke 12,3 dari seri permainan touhou[10] diselesaikan oleh Team Sanghai Alice dan Twilight Frontier. Permainan ini diumumkan pada tanggal 23 July 2009, dan dirilis pada konvensi Comiket ke-76 pada tanggal 15 Agustus 2009.[11]
Double Spoiler (ダブルスポイラー 〜 東方文花帖, Daburu Supoiraa ~ Tōhō Bunkachō, lit. "Double Spoiler ~ Album Kalimat Indah Ketimuran")[5]
Permainan ke-12,5 dari seri permainan Touhou, diumumkan oleh ZUN pada 3 Maret 2010.[12] Permainan ini dirilis pada 14 Maret 2010 di konvensi Reitaisai ke-7.
Fairy Wars (妖精大戦争 〜 東方三月精, Yōsei Daisensō ~ Tōhō Sangetsusei, lit. "Great Fairy Wars ~ Tiga Peri Cahaya Ketimuran")[5]
Permainan ke-12,8 dari seri permainan Touhou, diumumkan oleh ZUN pada 23 Juli 2010.[13] permainan ini adalah kelanjutan dari seri manga Touhou Sangetsusei, dan dirilis di konvensi Comiket ke-78 pada 14 Agustus 2010.
Ten Desires (東方神霊廟, Tōhō Shinreibyō, lit. "Makam Roh Suci Ketimuran")[5]
Permainan ke tiga belas dari seri permainan Touhou pada 28 Februari 2011.[14] Peluncuran versi demo dipotong dan ditunjukan di konvensi Reitaisai ke-8 pada 13 Maret 2011, peluncuran versi percobaan dibatalkan sementara waktu dikarenakan Gempa bumi Sendai 2011. Versi akhir dari permainan ini dirilis di konvensi Comiket ke-80 pada 13 Agustus 2011.
Hopeless Masquerade (東方心綺楼, Tōhō Shinkirou, lit. "Menara Hati Indah Ketimuran")[5]
Permainan ke-13,5 dari seri permainan Touhou, dan permainan keempat yang menggunakan mode versus. Dibuat oleh Team Sanghai Alice bekerja sama dengan Twillight Frontier. Permainan ini diumumkan pada 5 Oktober 2012. Fitur permainan ini sangat berbeda dengan gaya 2D versi permainan sebelumnya.[15] Versi demo dirilis di konvensi Comiket ke-83 pada Desember 2012 dan versi akhir pada 26 Mei 2013 di konvensi Reitaisai ke-10.
Double Dealing Character (東方輝針城, Tōhō Kishinjō, lit. "Kastil Jarum Berkilau Ketimuran")[5]
Permainan ke empat belas dari seri permainan Touhou, diumumkan oleh ZUN pada 11 Mei 2013.[16] Versi perobaan dirilis di konvensi Reitaisai ke-10 padaw 26 Mei 2013, dan versi penuh di konvensi Comiket ke-84 pada 12 Agustus 2013.
Impossible Spell Card (弾幕アマノジャク, Danmaku Amanojaku)[5]
Permainan ke-14,3 dari seri resmi permainan Touhou, diumumkan pada 12 April 2014 dan dirilis di konvensi Reitasiai ke-11 pada 11 Mei 2014.
Urban Legend in Limbo (東方深秘録, Tōhō Shinpiroku, Catatan Gaib Rahasia Ketimuran)[5]
Permainan ke-14,5 dari seri resmi permainan Touhou, diumumkan oleh ZUN di Digital Game Expo 2014 pada 16 November 2014, dan direncanakan akan dirilis pada tahun 2015. Artist dari permainan ini adalah Moe Harukawa, dan diumumkan oleh ZUN bersamaan dengan minigame berjudul Danmaku Amanojaku Gold Rush.
Legacy of Lunatic Kingdom (東方紺珠伝, Tōhō Kanjuden, Cerita Bola Biru Ketimuran)[5]
Permainan ke-15 dari seri resmi permainan Touhou, diumumkan oleh ZUN pada tanggal 22 April 2015, yang dibuat oleh Team Shanghai Alice.[5] Demo untuk permainan ini dirilis pada tanggal 10 Mei 2015 di konvensi Reitaisai ke-12.[17][18]
Antinomy of Common Flowers (東方憑依華, Tōhō Hyouibana, Bunga Perasuk Jiwa Ketimuran)[5]
Permainan ke-15.5 dari seri resmi permainan "Touhou" oleh ZUN bersama dengan Twilight Frontier. Game ini diumumkan pada pertunjukan streaming Play, Doujin! Year-End Party. Versi trial dirilis pada tanggal 7 Mei 2017 di konvensi Reitaisai 14.
Hidden Star in Four Seasons (東方天空璋, Tōhō Tenkuushou, Tongkat Langit Giok Ketimuran)[5]
Pertama kali diumumkan pada 20 April 2017 berisikan karakter dan potret pengembangan. Pada 5 Mei 2017 ZUN memperlihatkan demo CD yang akan dirilis pada Reitaisai 14 bersamaan dengan Antimony of Common Flowers. Versi penuh dirilis pada tanggal 11 Agustus 2017 di konvensi Comiket ke-92.[19]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tomohiro, Katada (2008-10-03). "ニコ動、2ちゃんねるで人気の「東方Project」って何だ?" [Apakah Touhou Project yang populer di nicovideo dan 2ch itu?] (dalam bahasa Jepang). R25.jp. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-07-29. Diakses tanggal 2009-07-10. 
  2. ^ "Most prolific fan-made shooter series". Guinness World Records. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 24, 2013. Diakses tanggal 2011-09-24. 
  3. ^ Guinness World Records Gamer's Edition 2011. Guinness World Records Ltd. 2011. hlm. 49. ISBN 978-1-4053-6546-8. 
  4. ^ "Tweet ZUN terkait dengan Lotus Land Story" (dalam bahasa Japanese). Twitter. 10 Februari 2010. Diakses tanggal 24 September 2018. 
  5. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u "Portal:Id". Touhou Patch Center. Diakses tanggal 25 September 2018. 
  6. ^ 文花帖(書籍)
  7. ^ a b c d infoseek.co.jp Diakses 8 Januari 2014
  8. ^ ZUN (2008-05-01). "Touhou Project Eleventh Bullet" (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2008-05-02. 
  9. ^ ZUN. "Touhou Project 12 Touhou Seirensen" (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2009-07-10. 
  10. ^ "Touhou Hisōtensoku official website" (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2009-07-23. 
  11. ^ "Tasogare Frontier's log" (dalam bahasa Jepang). 2009-07-23. Diakses tanggal 2009-07-23. 
  12. ^ "東方Project 第12.5弾" (dalam bahasa Jepang). ZUN. Diakses tanggal March 2, 2010. 
  13. ^ "NatsuComi Information" (dalam bahasa Jepang). ZUN. July 23, 2010. Diakses tanggal July 24, 2010. 
  14. ^ "東方Project第13弾 東方神霊廟 〜 Ten Desires" (dalam bahasa Jepang). ZUN. February 28, 2011. Diakses tanggal February 28, 2011. 
  15. ^ "東方心綺楼 ~ Hopeless Masquerade" (dalam bahasa Jepang). Twilight Frontier. Diakses tanggal October 5, 2012. 
  16. ^ "東方Project 第14弾の情報です" (dalam bahasa Jepang). ZUN. May 11, 2013. Diakses tanggal May 11, 2013. 
  17. ^ "東方Project 第15弾です。 : 博麗幻想書譜". kourindou.exblog.jp. Diakses tanggal 2015-05-16. 
  18. ^ ""Touhou 15″ – Trial Version Announced for Reitaisai". moetron.com. Diakses tanggal 2015-6-19. 
  19. ^ ZUN (20 April 2017) "東方Project 第16弾です"

Pranala luar[sunting | sunting sumber]