Toribash

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Toribash
PublikasiMarch 2, 2006
Versi
4.31 (Windows)
GenreTurn-based fighting
Lisensiperangkat lunak gratis
Bahasa
Daftar
Karakteristik teknis
PlatformWii, Windows, Linux dan macOS
Modepermainan video multipemain dan Permainan video pemain tunggal
Formatdistribusi digital
Metode inputtetikus
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangHampus Söderström
Nabi Studioshandshake
PenyuntingNicalis
PenerbitSteam
Penilaian
ESRB
enllaç=d:Q14864330
Informasi tambahan
Situs webtoribash.com (Inggris)
MobyGamestoribash
Steam248570
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


Toribash adalah sebuah simulator seni bela diri taktis 3D berbasis giliran yang menggunakan serangan berdasarkan fisika, dibuat oleh Hampus Söderström, seorang pengembang perangkat lunak asal Swedia.

Toribash adalah freeware, dan masih dikembangkan. Toribash versi WiiWare telah dirilis di wilayah PAL pada 9 Juli 2010 dan di Amerika Utara pada 12 Juli 2010.[1]

Gameplay[sunting | sunting sumber]

Game ini dimainkan dengan melemaskan (relaxing), menahan (holding), mengerutkan (contracting), dan meluruskan (extending) sendi-sendi pada karakter yang berupa ragdoll dan menekan tombol spasi untuk menyelesaikan rencana gerakan dan memajukan waktu yang telah ditentukan pemain, bawaannya 10 frame. Jika dimanipulasi dengan baik, maka karakter akan menyerang lawannya dan jika kerusakan (damage) yang ditimbulkan cukup dengan sekali pukulan, anggota tubuh lawan bisa terputus atau patah. Dengan manipulasi yang bagus, serangan yang kompleks dapat dilakukan. Pemain dapat bermain sendiri atau melawan orang lain secara online.

Tujuan dalam game ini adalah untuk membuat skor setinggi-tingginya dalam suatu pertarungan dengan melakukan serangan kepada karakter lawan, dengan poin diberikan berdasarkan kerusakan yang ditimbulkan.

Pada beberapa mode permainan, kemenangan dapat dicapai dengan mendiskualifikasikan lawan. Ini akan terjadi apabila anggota tubuh yang tidak diperbolehkan (biasanya selain tangan, kaki, dan pergelangan tangan) menyentuh lantai, atau ketika anggota tubuh tersebut menyentuh lantai yang berada di luar batas arena yang disebut dojo.

Ada banyak mode yang dapat dimainkan, berdasarkan frame setiap giliran, lama pertarungan, jarak antar ragdoll, dan kemudahan memutuskan atau mematahkan anggota tubuh. Banyak juga mode yang lain, resmi atau dibuat oleh pemain, yang mengubah bentuk ragdoll setiap pemain dan menambahkan objek-objek pada lingkungan.

Pada multiplayer terdapat sistem ranking pemain untuk setiap sabuk, dimulai dari sabuk terendah (white belt) sampai sabuk tertinggi (elite belt).

Pemain dapat mengubah penampilan karakter mereka, seperti mengganti warna sendi atau memasang tekstur pada anggota tubuh selain sendi. Warna sendi dapat dibeli di toko pada forum, atau dibeli dari orang lain, dengan menggunakan toricredits.

Resepsi kritis[sunting | sunting sumber]

Toribash telah ditinjau oleh PC Gamer UK, PC Gamer, dan PC Format, dan masing-masing memberi 87%, 68% dan 90%.[2][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Toribash for the WiiWare". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-01-30. Diakses tanggal 2012-06-28. 
  2. ^ "Toribash Critic Reviews". GameSpot UK. Diakses tanggal 2009-08-30. 
  3. ^ "Toribash Critic Reviews". Meta Critic. Diakses tanggal 2011-07-25. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]