Topik tentang Wikipedia:Warung Kopi (Bantuan)

Setiap Kali Menyunting Malah dituduh Vandalisme

16
Radief97 (bicarakontrib)

Setiap kali saya menyunting artikel/laman di Wikipedia, malah saya yang dituding vandalisme meskipun saya memiliki bukti yang valid. Pertanyaan saya, apakah dasar yang melatar belakangi seorang penyunting dituduh Vandalisme? apakah karena tidak dicantumkannya Sumber yang valid atau adakah alasan lain?

Symphonium264 (bicarakontrib)

Halo, izinkan saya membantu. Mengenai 'dituding vandalisme' ini bisa dijelaskan lebih rinci? dalam bentuk apa?

Radief97 (bicarakontrib)

@Symphonium264 misal saya menyunting artikel dalam tema dunia hiburan dan tokoh dunia hiburan tetapi suntingan saya malah dianggap mengandung unsur vandalisme. Padahal saya sendiri menyunting menggunakan akun wikipedia saya bukan tanpa akun wikipedia

Symphonium264 (bicarakontrib)

Hmmm... saat menilik catatan penyalahgunaan nampaknya tidak ada masalah, tidak ada log yang mengindikasi pembatasan penyuntingan Anda. Atau apakah yang Anda maksud, halaman yang sedang dilindungi?

Radief97 (bicarakontrib)

@Symphonium264 salah satunya halaman yang dilindungi, walaupun saya pengguna Wikipedia, kenapa mesti kena tuduh vandalisme ya? padahal ya saya menggunakan akun Pengguna wikipedia bukan yang umum

Xn00bit (bicarakontrib)

Halo Mas, kalau masalahnya popup alasan perlindungan halaman untuk pengguna peninjau otomatis, lebih baik coba sunting dulu halaman yang lain. Halaman terlindungi itu biasanya ada alasannya dan pengurus di sini butuh mendirikan kredibilitas Mas dulu sebelum bisa menyunting yang tertinjau otomatis. Salam dan tetap semangat

Symphonium264 (bicarakontrib)

Sepertinya bukan tuduhan vandalisme, melainkan popup yang otomatis muncul mengenai alasan pelindungan halaman untuk mencegah vandalisme.

John Arnold McMillan (bicarakontrib)

Benar, kayaknya popup. Ya beberapa artikel ada yang belum bisa di sunting. saya juga ikut pendapat @Symphonium264 dan @Xn00bit.


Semoga membantu.


John Arnold McMillan

Jonathan87912 (bicarakontrib)

Oh, coba tunggu sebentar. Mungkin di sana sdh terlalu banyak orang yang berupaya mengedit tulisan/menyunting sehingga untuk sementara tidak dapat melakukah hal tersebut. Coba saja sunting kembali nanti...

John Arnold McMillan (bicarakontrib)

@Radief97 Mungkin saya paham apa permasalahan nya, tapi saya butuh pendapat yang lain. Karena menurut saya masalah ini cukup rumit untuk diselesaikan, mungkin mohon maaf jika saya ada salah kata, saya juga sebenarnya setuju apa yang dikatakan @Jonathan87912, menurut saya emang ada beberapa artikel yang susah untuk direvisi. Jadi sabar dan tunggu aja. Sorry kalo ada salah kata ya.

Great achievement (bicarakontrib)

Dikasih status pengguna terkonfirmasi aja

Symphonium264 (bicarakontrib)

Akun yang berumur lebih dari 4 hari dan melakukan minimal 10 suntingan memperoleh status pengguna terkonfirmasi otomatis.

John Arnold McMillan (bicarakontrib)

@Great achievement, Kalo status pengguna terkonfirmasi bisa saja dikasih. Namun harus ke pengurus karena status pengguna terkonfirmasi hanya bisa diberikan oleh pengurus.

John Arnold McMillan.

Great achievement (bicarakontrib)

Lha iya wong aturan wiki aja aneh kok menurutku

John Arnold McMillan (bicarakontrib)

@Great achievement, Gak sebenarnya. Wiki itu hanya bertujuan untuk memberikan ilmu dan tidak melarang siapapun untuk menyunting. Namun karena hal ini ada beberapa yang menyalahgunakan. Dan wiki suka berhati-hati dalam menyikapi vandalisme. Mungkin itu menurut saya.

John Arnold McMillan

Symphonium264 (bicarakontrib)