Topik tentang Wikipedia:Warung Kopi (Bantuan)

hampir semua sutingan tentang film Indonesia yang saya buat dihapus

57
Wuekero (bicarakontrib)

sudah hampir 3 bulan ini saya menulis tentang suntingan sinopsis perfilman indonesia, Data yang saya ambil dari buku Katalog Film Indonesia 1926-1995 karya JK Kristanto. Namun berapa kecewanya saya, hampir setengah sutingan yang saya buat dihapus. Seperti tidak menghargai keikutsertaan saya dalam melengkapi data. Acuan dalam penulisan tersebut saya lampirkan pula pranaluar dari website perfilman Indonesia yang kebetulan juga bersumber dr buku yang sama. Apabila demikian aturannya, saya rasa hampir 100% suntingan film Indonesia tahun 1926 sd 1995 berasal dr sutingan yg sama, tetapi tidak dihapus sampai sekarang. Ada beberapa suntingan yg justru saya lengkapi dengan nama para pemainnya,(melihat filmnya di youtube) dan ada beberapa titik koma sinopsis yg saya sesuaikan dengan bahasa yang baik juga dibabat habis.

ini. Mengapa suntingan saya di awal2 dengan format yg sama justru tidak dihapus, walau awal2 diberi pengarahan cara penulisan yg bener, maka saya cantumkanlah narasumber dr buku karangan JB Kristanto tersebut lengkap dengan penerbit dan halamannya.

Wuekero (bicarakontrib)
Wuekero (bicarakontrib)
Wuekero (bicarakontrib)
Wuekero (bicarakontrib)
Wuekero (bicarakontrib)
Wuekero (bicarakontrib)
Wuekero (bicarakontrib)
Wuekero (bicarakontrib)
Wuekero (bicarakontrib)
Wuekero (bicarakontrib)
Wuekero (bicarakontrib)
Wuekero (bicarakontrib)
Wuekero (bicarakontrib)
Wuekero (bicarakontrib)
Wuekero (bicarakontrib)
Wuekero (bicarakontrib)
Wuekero (bicarakontrib)
Wuekero (bicarakontrib)
Wuekero (bicarakontrib)
Wuekero (bicarakontrib)
  • 14 Juli 2016 13.13 Bonaditya (bicara | kontrib) menghapus halaman Hamidah (Penghapusan masal halaman-halaman yang dibuat oleh Wuekero: hampir semua adalah hasil dari salin tempel situs lain)
Wuekero (bicarakontrib)
Wuekero (bicarakontrib)
Wuekero (bicarakontrib)
Wuekero (bicarakontrib)
Ferri092 (bicarakontrib)

sampai sekarang saya masih bingung dengan kebijakan di Wikipedia, apakah tidak ada peraturan khusus untuk melindungi artikel yg benar2 fakta (memiliki referensi) dari tangan2 jahil. Artikel yang saya sunting juga di usik oleh pengguna, padahal saya sudah menaruh referensi lengkap berfakta.

Wuekero (bicarakontrib)

setuju .... pengguna Wiki lebih percaya pada sumber twitter, facebook, atau situs2 gossip, yg benar2 berdasar referensi yg benar, nara sumber buku yg sudah jelas editornya, malah dihapus ... coba saja lihat wiki profile artis2 baru, yg baru saja main satu sinetron, sudah bertengger di wiki ... Sedangkan artis2 tempo dulu yg sudah jelas2 kontribusinya di dunia hiburan tidak ada sama sekali, contohnya Jack Jhon (pemain film warkop berpala plontos) atau Latief M (penyanyi dangdut tahun 70an). Saya membuat artikel tersebut dan didelete karena nara sumber hanya berdasarkan buku dan majalah yg saya punya. Bagaimana mungkin saya lampirkan pranala luar, kalau artis tersebut pun belum pernah ada yang meliput. kalaupun ada biasanya dari blogger, dan menurut wiki itu bukanlah sumber yg akurat ????????

Mari demi kemajuan Wiki Indonesia tolong artikel yg bagaimana yang seharusnya bisa dimuat WIKI. setidaknya ada pakem khusus.

Nohirara (bicarakontrib)

@Wuekero: saya menghapus semua artikel yang Anda buat karena isinya merupakan hasil salin tempel dari situs lain, saya mengeceknya menggunakan peralatan ini. Bukannya saya tidak menghargai, namun ini adalah ensiklopedia (setara dengan karya ilmiah) yang sangat melarang tindakan plagiarisme dalam bentuk apapun.

@Ferri092: sesungguhnya itu adalah efek samping dari keterbukaan Wikipedia itu sendiri, namun Wikipedia tetap memiliki aturan mengenai vandalisme dan cara menanganinya.

Wuekero (bicarakontrib)

saya bingung dengan ketidakkonsekwenan wiki, saya menyunting beberapa film indonesia dari sumber buku yang jelas, Katalog Film Indonesia 1926-1995, karya JB Kristianto, penerbit PT Grafiasri Mukti, bekerjasama dengan BP2N dan Sinemetek Indonesia, Toyota Japan, Agustus 1995.

Dalam menyunting itu juga saya lengkapi halamannya, dan juga pranala luar saya rekomend ke situs http://filmindonesia.or.id/ dan http://www.indonesianfilmcenter.com/

yang kebetulan kedua situs itu pun bersumber dari buku yang sama.

Bagaimana dibilang plagiat, saya kan melampirkan nara sumber yg jelas, bukan hasil karya sendiri, dan format yang dibuat sesuai aturan wiki yg berlaku, sehingga ada keseragaman. Atas dasar apa dikatakan saya menulis dan menjiplak. Kadang saya melengkapi daftar nama pemain dengan acuan film yg saya lihat dari youtube. dan di sinopsispun kadang saya perbaiki kata2 yang lebih bijak, misalnya ada kalimat "bermain sex saya perhalus dengan berhubungan intim.

Demi kemajuan wiki, tolong kerjasamanya. Sehingga tidak mematahkan semangat orang untuk melengkapi dan menjadikan wiki ini sebagai gerbang ilmu pengetahuan. Jangan main hapus begitu saja.

Karena dari 100an suntingan yg saya buat, setengah sebelumnya aman2 saja, dan saya buat dengan format yg sama... tetapi mengapa sebagian bisa didelete begitu saja.

Nohirara (bicarakontrib)

@Wuekero: mengapa Anda tidak lakukan kutipan langsung pada sumber utama (dalam hal ini adalah Katalog Film Indonesia)? Saya juga sudah katakan sebelumnya bahwa lakukanlah parafrasing dari apa yang akan Anda kutip (jangan ditulis sama persis). Saya juga merasa bersalah karena tidak melakukan kroscek lebih mendalam akan sumber utama yang digunakan, tetapi hal ini bisa saja memicu salah arti bahwa artikel yang Anda buat diindikasi plagiat (karena tidak melakukan kutipan itu).

Saya akan kembalikan artikel yang Anda buat, namun saya mohon untuk perbaiki kembali artikelnya agar di kemudian hari hal ini tidak terulang kembali.

Catatan: Jika Anda belum mengetahui cara membuat catatan kaki/kutipan, silakan kunjungi halaman ini.

Aneka Sari Rasa (bicarakontrib)

@Bonaditya : saya juga ingin bertanya, kenapa artikel saya selalu dihapus, padahal saya membuat artikel informasi untuk para pemakai wikipedia untuk mengetahui bahwa di lampung ada toko oleh-oleh Lampung yang menjual produk-produk Lampung. sebenarnya bagaimana sih peraturan-peraturan yang ada di wiki ? maaf sebelumnya saya kurang tahu karena saya pemilik akun baru di wiki ini, dan hanya ingin memberikan informasi kepada pengguna wiki saja.

Ferri092 (bicarakontrib)

@Aneka Sari Rasa informasi tersebut bukn di wikipedia tempatnya, mungkin anda bisa menambahkan tempat tersebut di google maps atau foursquare

Nohirara (bicarakontrib)
Ferri092 (bicarakontrib)

@Bonaditya bagaimana dengan memasukkan sebagian isi dari sebuah situs, tetapi tetap menaruh informasi referensi (sumber tulisan) di tulisan itu, apakah termasuk plagiarisme juga?

dan apakah tidak ada cara lain untuk menangani tindakan yg dianggap plagiarisme ini selain menghapus sebuah halaman itu secara buta? (Semisal dengan memberikan link referensinya sendiri, atau meminta seseorang atau pembuat halaman untuk menaruh link referensinya)

Nohirara (bicarakontrib)

@Ferri092: bukan memasukkan isi secara saklek baik dari kata maupun tata bahasanya, melainkan lakukanlah parafrase dan sertakan juga sumbernya. Untuk soal plagiarisme, artikel bisa langsung dihapus apabila:

Jika melanggar hak cipta dan/atau plagiarisme lebih dari 50% konten, artikel akan segera dihapus. Jika plagiarisme kurang dari 50% konten, diberikan tag {{Copyvio}} di artikel tersebut pada bagian paling atas dan penulis akan diperingatkan dan diberikan waktu maksimal 2 minggu untuk diperbaiki.

- dari Wikipedia:Plagiarisme#Pelanggaran hak cipta

Ferri092 (bicarakontrib)

hey, peraturan ini cuma ada di wikipedia bahasa indonesia atau di seluruh wikipadia?

coba cek halaman justin bieber versi englishnya pake tool yg anda maksud. tidak ada yg menghapus halaman tersebut!

menurut saya lebih baik mencopy tetapi tetap memberikan sumber referensi dari pada harus membolak balik kata2 atau bahkan asal tulis (jelas asal tulis tidak akan terdeteksi oleh tool anda).

saya rasa anda salah mengenai hak cipta, penulis menghargai hak cipta dengan memberikan sumber referensinya!

Wuekero (bicarakontrib)

Atas dasar apa plagiarisme, toh nara sumber yg kita cantumkan jelas, beserta pengarangnya. Tetapi format yg kita buat sesuai WIKI agar memiliki standar dan mudah dibaca. Lalu bagaimana bila situs sebagai acuan WIKI juga berdasar nara sumber yg sama dengan para penyunting WIKI.

Hal tersebut yg saya alami, saya cantumkan nara sumber dari buku yg saya baca, yaitu berupa catatan kaki, bahkan beserta halamannya. Toh dihapus juga, hanya karena situs sebagai pranala luar yg saya lampirkan berdasarkan sumber buku yang sama.

Adalah tidak mungkin bila kita menyunting sesuatu informasi dari nara sumber, kita rubah lebih dari 50%. Misalkan saja kita menyunting judul film dan sinopsis, Apakah mungkin saya merubah nama2 pemainnya, nama sutradaranya, dan sinopsinya saya rubah ceritanya. Atau tidaklah mungkin kita menyunting tentang suatu award, kita merubah nama2 pemenangnya????

Kenrick95 (bicarakontrib)

Sebuah informasi yang didapat itu selalu bisa diparafrase tanpa mengubah fakta-fakta yang telah ada ataupun opini-opini yang terkandung. Adalah tindakan plagiarisme jika menyalin-tempel (copy-paste) dari sebuah sumber walaupun mencantumkan sumbernya.

Dalam kasus Anda, sebuah paragraf yang Anda baca di buku tersebut dapatlah ditulis dalam kata-kata Anda sendiri dengan tetap mencantumkan fakta-fakta/opini-opini yang bersumber dari buku tersebut. Sebuah film yang Anda tonton, dapat Anda ceritakan kembali, dan saya sangat yakin, jika Anda menceritakan kembali sebuah film, kata-kata yang Anda pakai tidak akan pernah persis sama dengan apa yang ditulis di sinopsis film.

Ferri092 (bicarakontrib)

tutup saja wikipedia kalau begitu!, sinopsis film di imdb yg di masukkan ke wikipedia sama saja. wikipedia kan dari masyarakat untuk masyarakat, walau kita sudah susah payah memparafrase sebuah artikel tapi wikipedia tetap mengizinkan orang lain untuk mengusik/menjahili di vandal tulisan itu, percuma!

Kenrick95 (bicarakontrib)

Itu adalah kelebihan dan kelemahan Wikipedia: keterbukaan, yaitu siapa saja dapat menyunting informasi yang ada. Di satu sisi, telah terbukti bahwa keterbukaan ini membuat banyak orang berkontribusi di ensiklopedia ini. Di sisi lain, vandalisme adalah masalah yang harus dihadapi bersama dengan memeriksa artikel, bukan dengan mencegah artikel tersebut disunting.

112.215.64.159 (bicarakontrib)

Masalahnya masyarakat di Indonesia sudah terbiasa tidak menghargai karya atau hak cipta orang lain (dalam hal ini yaitu tulisan di web site yang dijadikan referensi, baca: 'membajak') sehingga copy-paste dari situs orang lain jadi hal yang umum di Indonesia. Padahal Wikipedia yang mengadopsi budaya luar negeri bertindak sangat keras dengan perbuatan seperti itu, dan tulisan semacam itu di Wikipedia selain Indonesia mungkin langsung dihapus tanpa peringatan sama sekali.

Wuekero (bicarakontrib)

Saya pun paham akan hak cipta, royalti dan menghargai hasil karya orang lain. Disini saya pun menyunting artikel bukan membuat apalagi mengakui hasil karya orang lain. Artikel yang saya sunting adalah artikel sinopsis film indonesia, yang pasti saya menyunting nama2 pemain haruslah sama tidak saya ubah, justru saya menambah dan melengkapi dengan acuan dr film yg saya tonton, baik dr kaset atau dr youtube... karena ref terpercaya ya dengan menontonnya ....

Saya menyadari memang sebagian besar sinopsis yg saya sunting sama persis dengan ref buku yg saya baca, yg kebetulan situs sebagai pranala luar saya bersumber pd buku dan pengarang yg sama.... untuk film yg belum pernah saya tonton, saya menulis sama persis, hanya saya ubah titik koma, seperti saya perhalus kata2nya dan menambah agar paragraf rapih, misal kata berhubungan sex saya ubah dengan berhubungan intim, teman kerja menjadi rekan kerja,atau merubah kata dengan sinonimnya yang lebih halus ..

Namun yang menjadi alasan saya kecewa adalah, mengapa justru yang dihapus adalah yang sebagian kata2nya sudah saya rubah, atau sudah saya lengkapi nama para pemainnya dan perbaiki ejaan namanya. Dan disini juga saya melihat ketidak konsekwensian pengurus WIKI, karena hampir 100% artikel tentang film Indonesia antara tahun 1926-1995 itu sama persis titik komanya dengan buku yang saya jadikan acuan saya dalam menulis artikel tersebut. dan sama persis pula dengan situs http://filmindonesia.or.id/ dan http://www.indonesianfilmcenter.com/ Namun sampai sekarang suntingan tersebut belum dihapus, apa mungkin karena tidak mencantumkan situs2 di atas. Tetapi saya yang mencantumkan situs2 tsb sebagai pranala luar juga membuat catatan kaki judul buku dan pengarangnya tetapi malah dihapus.????

Tetapi terima kasih buat ilmunya, dan pembelajaran baru dalam penulisan di WIKI, juga menghargai hasil karya orang lain.

Ferri092 (bicarakontrib)

Saya rasa anda keliru dengan pernyataan membajak, membajak disini mengcopy karya orang lain dan mengakuinya sebagai karya sendiri. tulisan2 di wikipedia yg katanya membajak itu telah diberikan link atau sumber referensinya, dimana artinya penulis telah menghargai sumber artikel tersebut. Wikipedia adalah enslikopedia bebas, dimana menurut saya penulis berhak menyalin teks dari berbagai sumber tanpa harus merefisi tulisan tersebut (karena ini adalah salah satu bentuk menghargai hak cipta seseorang), dan wikipedia bukanlah sebuah karya tulis yg pada dasarnya karya tulis dibuat untuk kepentingan seseorang / tertentu.

jangan terlalu merendahkan orang2 indonesia, saya coba buktikan budaya luar negri yg anda sebut2 lebih bagus dari pada budaya kita ini dengan menggunakan tools ini dan mengecek halaman dari budaya luar tersebut (en.wikipedia.org/wiki/Justin_bieber). lihat sendiri hasilnya.

Nohirara (bicarakontrib)

Saya jelaskan lagi agar semuanya terselesaikan dengan baik (ingatlah etikawiki).

Peralatan ini memang sering digunakan untuk mengecek tingkat plagiarisme dari artikel tersebut, namun hasilnya bisa abu-abu apabila Anda mengaktifkan filter pencarian "Use search engine". Jika dalam hal ini Anda tadi sempat memeriksa artikel Justin Bieber dan hasilnya ternyata terbukti salin tempel, maka coba Anda hilangkan tanda centang di "Use search engine" dan biarkan yang "Use links in page" maka hasilnya tidak terbukti sama sekali (36,3%).

Jika Anda mengaktifkan filter "Use search engine", maka peralatan ini akan mencari segala situs yang tersedia di mesin pencari (dalam hal ini Google) dan dampaknya tidak diketahui sama sekali mana yang plagiat atau situs tersebut melakukan salin tempel dari artikel di Wikipedia. Kalau saya, lebih baik memeriksa artikel diindikasi plagiarisme apabila artikel tersebut disertakan link di dalamnya.

Sekali lagi ini menurut saya saja, saya memang tidak pernah membuat artikel secara scratch (dari awal) dan lebih suka menerjemahkan artikel dari Wikipedia bahasa Inggris (itupun harus saya periksa kembali dan tidak asal buat). Alasan saya melakukan hal tersebut adalah saya pernah mengalami kasus dituduh melakukan plagiarisme (di dunia nyata) karena tidak melakukan parafrasing dan lupa menyebutkan sumbernya, lalu saya tidak mau kejadian itu mengganggu saya dalam berkontribusi di Wikipedia.

Benar bahwa Wikipedia adalah ensiklopedia bebas, namun kebebasan itu sendiri tidak sama dengan seenaknya. Berdasarkan aturan mengenai plagiarisme di Wikipedia bahasa Indonesia, ada cara untuk menghindari tindakan plagiarisme yang saya rasa sangat membantu. Serta hal ini juga diharapkan menjadi hal yang harus dipatuhi oleh para Wikipediawan (mengingat aturan tersebut adalah kebijakan resmi di Wikipedia bahasa Indonesia), dan jika Anda menemukan artikel yang diindikasi plagiarisme maka silakan cek menggunakan peralatan ini lalu laporkan kepada pengurus.

Akhir kata, saya ingin menyampaikan permintaan maaf yang sebesar-besarnya apabila kata-kata saya membuat Anda tidak merasa nyaman untuk berkontribusi di Wikipedia. Namun saya berterima kasih kepada Anda sekalian karena sudah menyampaikan uneg-unegnya, hal ini menandakan bahwa masih ada pengguna yang peduli dengan dinamika kondisi di Wikipedia bahasa Indonesia.

Salam.

Wuekero (bicarakontrib)

saya berpikir dan berharap wiki itu adalah gudangnya semua informasi, atau gudang kumpulan beberapa artikel yg berkesinambungan. Layaknya google, jadi dengan hanya buka portal satu yaitu Wiki https://id.wikipedia.org dan menggunakan search untuk pencarian kata semua ada. Namun dengan artikel yg sudah disesuaikan dengan format wiki, seperti format penulisan artikel tokoh atau artis, atau sinopsis suatu film wiki sudah membuat pakemnya.

Kalau memang kita tidak boleh menyalin artikel sama persis dari sumber yg ada (bagi saya imposible saya menyalin artikel film kurang dr 50% plagiatisme), walaupun kita sudah melinknya dengan situs asal artikel tersebut, atau membuat catatan kaki nara sumber yg kita buat, saya rasa wiki akan tertinggal jauh dari anggapan sumbernya informasi data. Para simpatisan mungkin akan beralih ke situs lain untuk menuliskan artikel yg mereka punya, mungkin bersumber dari majalah, koran, buku, tabloid atau hasil wawancara langsung. Maka timbulah banyak blogger2 yang bagi informasinya tentang seorang lebih akurat misalnya http://josechoalinge-situs.blogspot.co.id/2015/07/atik-pasono.html

Yang menjadi kekecewaan saya disini, mengapa ya- justru saya melampirkan nara sumber dan link situs yg membahas artikel yg sama (bernara sumber yg sama) justru didelete. Namun saya melihat artikel2 orang lain yang juga meng-link nara sumber yang berbeda dari saya dibiarkan aman bertengger bertahun2, padahal saya tahu artikel mereka pun bersumber dari link yg sama dengan saya, cuma mereka mencantumkan nara sumber yg lain.

Nara sumber artikel yg saya jadikan referensi http://filmindonesia.or.id/ dan http://www.indonesianfilmcenter.com/ kedua link tersebut sumber datanya adalah sama dengan buku yang saya baca, yaitu JB Kristanto, Katalog Film Indonesia 1926-1995, PT Grafiasri Mukti, Jakarta, agustus 1995.

Nohirara (bicarakontrib)

@Wuekero: untuk soal plagiarisme, mohon maaf sudah seperti itu aturannya. Aturan tersebut sudah disepakati secara bersama, dan akhirnya secara resmi menjadi kebijakan yang berlaku. Pakem ensiklopedia jelas berbeda dengan situs blog maupun media sosial yang sedikit lebih leluasa, karena ensiklopedia masuk dalam kategori karya ilmiah. Hanya saja, Wikipedia adalah ensiklopedia berbasis daring yang jangkauan topiknya lebih luas dibandingkan ensiklopedia konvensional.

Saya mengerti Anda kecewa karena menghapus secara massal artikel yang Anda buat tanpa memberi tahu terlebih dahulu, waktu itu saya sedang membereskan vandalisme yang dilakukan oleh pengguna anonim dan salah satunya terkena artikel yang Anda buat. Jika Anda menemukan artikel yang serupa (kasusnya seperti Anda), maka saya mohon bantuannya untuk melaporkan kepada pengurus agar ditindak lebih lanjut. Sebagai tambahan informasi, pengurus juga pengguna biasa yang belum tentu bisa mengeksplor semua isi Wikipedia.

Untuk ke depannya, kutiplah dari sumber utama yang Anda miliki (dalam hal ini Katalog Film Indonesia 1926-1995) dan tetap lakukan parafrasing. Saya terbuka untuk semua masukan yang Anda berikan, jangan segan untuk menyampaikannya demi terjaganya kondusivitas dalam menyunting di Wikipedia.

Salam.

Wuekero (bicarakontrib)

Terima kasih atas keterbukaanya ... Namun mengapa plagiarisme itu disamaratakan untuk semua artikel ya, harusnya untuk beberapa artikel bolehlah, tetapi tetap mengacu pada format penulisan wiki dan disertakan narasumbernya atau link ke situs yg benar2 ada, semisal artikel pengumuman para pemenang suatu award, atau kutipan dari kitab suci atau peraturan dan undang2 ... kan nggak mungkin melakukan parafrasing.

Untuk kata copy paste saya sangat tidak setuju, karena disinipun saya mengetik ulang, bukan bener2 copy paste dalam istilah komputer, karena format di wiki kan berbeda dengan situs dari nara sumbernya.

Selanjutnya, apakah saya harus menyalin ulang kembali artikel2 saya yang telah dihapus tersebut?

Kenrick95 (bicarakontrib)

Dalam hal semua artikel, kebijakan ini berlaku di semua artikel, tanpa pengecualian. Bedakan antara cite dan quote (duh, dua-duanya dipadankan jadi "mengutip"). Proses cite itu yang harus melakukan parafrase, dalam quote, itu menyalin tempel perkataan-perkataan orang (misalnya Presiden mengatakan bahwa "ekonomi akan membaik" --> dan memakai tanpa petik untuk menegaskan bahwa ini adalah quote). Dalam dua kasus ini, semuanya tidak perlu menyalin-tempel karya orang lain dalam porsi yang besar. Dalam kasus melebihi batas salin-tempel yang wajar itulah yang disebut plagiarisme.

Dalam hal plagiarisme, tidak ada perbedaan dalam metode penjiplakan (jadi mengetik ulang kata-kata itu sama saja dengan copy-paste).

Wuekero (bicarakontrib)

Saya paham, mungkin keterbatasan pengurus dalam memeriksa artikel2 yang masuk bertubi2, dan pemeriksaan artikel2 atau suntingan2 di wiki menggunakan peralatan wiki, apalah namanya, yaitu untuk memudahkan pengecekan ... tanpa melihat, apalagi membacanya dan membandingkan dengan nara sumber ...

Besar kemungkinan artikel2 di wiki tidaklah akurat, dan mungkin bisa saya menulis asal2, yg utama 50% bukan parafrasing .Mudah2an tidak seperti itu. Dan sayapun tidak akan mungkin melakukan hal tersebut.

Pertanyaan saya yang terakhir dapatkan artikel2 (suntingan2) yang telah pengurus wiki hapus masih bisakah dimunculkan kembali dan mungkin saya perbaiki kembali. Mengingat sekitar 50an lebih artikel yang saya buat dibabat habis pukul rata tanpa ada pemeriksaan mendalam satu persatu artikel. ??????????

Nohirara (bicarakontrib)

@Wuekero: Ah saya lupa jawab soal itu, pengurus memiliki akses khusus untuk menghapus artikel yang dibuat oleh pengguna secara massal (dalam hal ini disebut "nuklir"). Sesungguhnya saya sudah memeriksa semua artikel yang akan dihapus itu, namun setelah saya periksa hasilnya adalah tidak semua artikel yang Anda buat dihapus dan masih ada sisanya (mungkin karena keterbatasan teknis; pendapat pribadi).

Saya bisa mengembalikan semua artikel yang telah saya hapus, asalkan artikel tersebut diperbaiki sesuai dengan yang saya beritahu sebelumnya. Saya tidak berkata bahwa parafrasing itu mudah, hanya saja karena ini adalah ensiklopedia maka baiknya dilakukan (walaupun saya pengurus, masih sering mengalami kendala ketika melakukan parafrasing).

Salam.

Wuekero (bicarakontrib)

Terima kasih sebelumnya. Tetapi kira2 kapan dikembalikan agar saya bisa segera memperbaiki dan tolong berikan waktu yang agak panjang untuk saya memperbaikinya, mengingat artikel yang saya perbaiki lebih dari 50 suntingan. Jangan sampai belum sempat saya perbaiki semua, sudah didelete kembali karena tenggang waktu yang cepat.

Dan mohon diinfo sebelumnya, apabila akan dilakukan penghapusan, sehingga saya bisa memperbaikinya.

Terima Kasih atas kerjasamannya.

Nohirara (bicarakontrib)

@Wuekero: untuk soal pengembalian, saya tidak bisa mengerjakannya dalam waktu cepat karena saat ini saya sedang sibuk dengan acara pelatihan penyuntingan Wikipedia (mengembalikan artikel dari penghapusan yang sekitar 50 itu butuh waktu banyak, kalau ada pengurus lain yang mau bantu dipersilakan ).

Untuk ke depannya, saya harapkan kejadian ini tidak terulang kembali. Terima kasih atas masukan yang Anda berikan.

Salam.

Wuekero (bicarakontrib)

oh seperti itu ya ... saya baru tahu menghapusnya di wiki cukup beberapa menit, tetapi mengembalikannya kembali butuh beberapa hari (mungkin minggu)..... saya pikir hanya seperti aplikasi di komputer atau handphone, tinggal lihat di history penghapusan lalu klik batal heeeeee

Saya tunggu kabarnya... dan sambil menunggu saya akan membuat suntingan lainnya, Apakah suntingan yang saya akan buat dengan mengacu peraturan wiki dan informasi yang saudara berikan tentang persyaratannya, menjamin suntingan saya tidak akan didelete lagi?????

Ya semoga nggak terulang kembali, dan saya rasa pasti banyak orang yang mengalami seperti saya, dan mereka kapok dan berhenti menulis atau menyunting kembali, padahal berkontribusi disini bersifat suka rela, jadi diminta kerjasamanya juga antara penyunting, pengguna dan pengurus wiki agar bisa menahan egonya.

Terima kasih

Kenrick95 (bicarakontrib)

Halo, artikel-artikel Anda tentang film Indonesia (yang sebenarnya berjumlah 134) telah saya kembalikan. Lihat daftar artikel-artikel yang saya kembalikan di halaman ini. Mohon diperbaiki. Salam.

Wuekero (bicarakontrib)

terima kasih sebelumnya ...

beri saya waktu untuk memperbaiki, saat ini saya memasukan referensinya (sumber dari buka katalog film Indonesia) untuk sinopsis ada beberapa yang saya harus tonton dahulu filmnya baik dari video atau youtube ..

Tambahan info, setelah pengecekan film Gadis di Atas Roda (1984) kenapa diklik yang muncul malah artikel "Unyil" ya, [[Gadis Bionik]] yg muncul [[Ghost in The Shell]] dan banyak lagi yg tidak sesuai ya ...

Kenrick95 (bicarakontrib)
Nohirara (bicarakontrib)