Tomat pahit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tomat pahit
Solanum aethiopicum
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
Kladasterids
Kladlamiids
OrdoSolanales
FamiliSolanaceae
SubfamiliSolanoideae
TribusSolaneae
GenusSolanum
UpagenusSolanum subg. Leptostemonum
SpesiesSolanum aethiopicum
Linnaeus, 1756

Solanum aethiopicum, tomat pahit, terong Ethiopia, [1] atau nakati, adalah tanaman berbuah dari genus Solanum yang terutama ditemukan di Asia dan Afrika Tropis. Ia juga dikenal sebagai nightshade Ethiopia, telur taman, labu di atas tongkat, [2] [3] dan tomat tiruan . Ini adalah sayuran populer di timur laut India, dan dikenal sebagai khamen akhaba di Manipuri dan samṭawk di Mizo . Mereka disebut Titay bii atau hanya bii di Darjeeling, Sikkim dan Nepal dan disantap dengan daging, khususnya daging babi. Nama-nama ini disebabkan oleh morfologinya yang bervariasi, buah yang matang sering kali terlihat seperti persilangan antara terong dan tomat, yang juga berasal dari Solanum . Faktanya,tomat pahit sangat mirip dengan terong biasa sehingga dianggap oleh beberapa orang sebagai varietas violaceum dari S. aethiopicum .

Tomat pahit mungkin berasal dari domestikasi Solanum anguivi . Terong afrika, juga dikenal sebagai Gilo atau jiló, telah lama dianggap sebagai spesies berbeda ( S. gilo ) namun saat ini secara umum dianggap sebagai kelompok kultivar S. aethiopicum .

Tomat pahit telah digunakan sebagai sumber gen ketahanan penyakit untuk beberapa tanaman Solanaceae yang ditanam secara komersial, termasuk Solanum melongena (terong).[4] Kurangnya sumber daya genom berarti bahwa pemuliaan tertinggal dibandingkan sayuran lainnya, meskipun rancangan genom 1,02 Gb telah diurutkan oleh BGI, dengan polimorfisme nukleotida tunggal yang diidentifikasi untuk digunakan oleh pemulia.[5]

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Daun Solanum aethiopicum dimakan sebagai sayuran daun dan sebenarnya lebih bergizi dibandingkan buahnya .

Buah tanaman yang sangat bervariasi ini dimakan mentah dan dimasak dan menjadi lebih populer sebagai tanaman budidaya. Buah-buahan ini biasanya dipanen saat masih hijau, sebelum kulitnya menjadi tebal. Rasa pahitnya tergantung dari kadar saponin yang dikandungnya, ada yang rasanya manis dan ada yang sangat pahit. Saat buah beri matang, warnanya menjadi merah cerah karena kandungan karotennya yang tinggi.

Solanum aethiopicum digunakan sebagai tanaman hias di Asia.

Di Nigeria, masyarakat Igbo menggunakannya sebagai pengganti kolanut, terutama bagi mereka yang tidak ingin mengunyah kolanut, dalam hal ini digunakan untuk menyambut tamu di rumah atau sebelum dimulainya upacara adat.

Penanaman[sunting | sunting sumber]

Saat ini terdapat gerakan besar menuju peningkatan budidaya Solanum aethiopicum di Afrika Barat. Tumbuh sepanjang tahun dan dapat menghasilkan hasil buah yang tinggi. Namun, tingkat perkecambahan yang rendah merupakan hambatan bagi budidaya yang lebih luas.

Satu-satunya tempat di mana S. aethiopicum ditanam secara signifikan di Eropa terletak di Italia Selatan, di Rotonda di Basilicata, di mana tanaman ini memiliki kepentingan komersial. Kemungkinan besar diperkenalkan oleh para veteran yang kembali dari Afrika Timur setelah perang kolonial pada akhir abad ke-19.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Solanum aethiopicum - Bitter Tomato". www.flowersofindia.net. Diakses tanggal 2017-12-18. 
  2. ^ "Capsicum 'Pumpkin on a Stick'". cutflowers.ces.ncsu.edu (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-09-17. 
  3. ^ "Pumpkin-on-a-stick". blogs.cornell.edu. Diakses tanggal 2022-09-17. 
  4. ^ Prohens, Jaime; Plazas, Mariola; Raigón, María D.; Seguí-Simarro, José M.; Stommel, John R.; Vilanova, Santiago (2012-07-01). "Characterization of interspecific hybrids and first backcross generations from crosses between two cultivated eggplants (Solanum melongena and S. aethiopicum Kumba group) and implications for eggplant breeding". Euphytica (dalam bahasa Inggris). 186 (2): 517–538. doi:10.1007/s10681-012-0652-x. ISSN 1573-5060. 
  5. ^ Song, Bo; Song, Yue; Fu, Yuan; Kizito, Elizabeth Balyejusa; Kamenya, Sandra Ndagire; Kabod, Pamela Nahamya; Liu, Huan; Muthemba, Samuel; Kariba, Robert (2019-10-01). "Draft genome sequence of Solanum aethiopicum provides insights into disease resistance, drought tolerance, and the evolution of the genome". GigaScience (dalam bahasa Inggris). 8 (10). doi:10.1093/gigascience/giz115. PMC 6771550alt=Dapat diakses gratis. PMID 31574156.