Toko aplikasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Electronic AppWrapper, toko aplikasi pertama

Toko aplikasi adalah jenis platform distribusi digital untuk perangkat lunak komputer yang disebut aplikasi, sering kali dalam konteks seluler. Aplikasi menyediakan serangkaian fungsi tertentu yang menurut definisi, tidak termasuk menjalankan komputer itu sendiri. Perangkat lunak kompleks yang dirancang untuk digunakan di komputer pribadi, misalnya, mungkin saja memiliki aplikasi terkait yang dirancang untuk digunakan di perangkat seluler. Saat ini, aplikasi biasanya dirancang untuk berjalan pada sistem operasi tertentu, seperti iOS, macOS, Windows, Linux, atau Android. tetapi di masa lalu, operator seluler memiliki portal sendiri untuk aplikasi dan konten terkait.[1]

Konsep dasar[sunting | sunting sumber]

Toko aplikasi adalah etalase digital yang dimaksudkan untuk memungkinkan pencarian dan peninjauan perangkat lunak atau media lain yang ditawarkan untuk dijual secara elektronik. Yang terpenting, toko aplikasi itu sendiri menyediakan pengalaman yang aman dan seragam yang mengotomatiskan pembelian, dekripsi, dan pemasangan perangkat lunak aplikasi atau media elektronik lainnya.

Toko aplikasi biasanya mengatur aplikasi yang mereka tawarkan berdasarkan:

  • fungsi yang disediakan oleh aplikasi (termasuk permainan, multimedia, atau produktivitas)
  • perangkat yang dirancang untuk aplikasi tersebut
  • sistem operasi tempat aplikasi tersebut akan dijalankan

Toko aplikasi biasanya berbentuk toko daring, di mana pengguna dapat menelusuri berbagai kategori aplikasi yang berbeda, melihat informasi tentang setiap aplikasi (seperti ulasan atau peringkat), dan mendapatkan aplikasi (termasuk pembelian aplikasi, jika perlu, banyak aplikasi yang ditawarkan tanpa biaya). Aplikasi yang dipilih ditawarkan sebagai unduhan otomatis, setelah itu aplikasi diinstal. Beberapa toko aplikasi mungkin juga menyertakan sistem untuk secara otomatis menghapus aplikasi yang terinstal dari perangkat dalam kondisi tertentu, dengan tujuan melindungi pengguna dari perangkat lunak berbahaya.[2]

Toko aplikasi biasanya menyediakan cara bagi pengguna untuk memberikan ulasan dan peringkat. Ulasan tersebut berguna bagi pengguna lain, pengembang, dan pemilik toko aplikasi. Pengguna dapat memilih aplikasi terbaik berdasarkan peringkat, pengembang mendapatkan umpan balik tentang fitur apa yang dipuji atau tidak disukai, dan akhirnya, pemilik toko aplikasi dapat mendeteksi aplikasi yang buruk dan pengembang yang jahat dengan secara otomatis menganalisis ulasan dengan teknik penggalian data.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Economics of Mobile Application Store | Telecom Circle". web.archive.org. 2012-05-09. Diakses tanggal 2023-09-16. 
  2. ^ Keizer, Gregg (2011-12-08). "Microsoft: We can remotely delete Windows 8 apps". Computerworld (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-09-19.