Peringkat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Peringkat adalah hubungan antara sekumpulan item sedemikian rupa sehingga, untuk dua item, yang pertama adalah 'peringkat lebih tinggi dari', 'peringkat lebih rendah dari' atau 'peringkat sama dengan' yang kedua.[1] Dalam matematika, ini dikenal sebagai urutan lemah atau urutan awal objek. Ini belum tentu merupakan urutan total objek karena dua objek berbeda dapat memiliki peringkat yang sama. Pemeringkatannya sendiri benar-benar diatur. Misalnya, material telah dipesan sebelumnya secara total berdasarkan kekerasan, sedangkan tingkat kekerasan diatur secara total. Jika dua item memiliki peringkat yang sama, maka dianggap seri.

Dengan mengurangi ukuran rinci menjadi urutan bilangan ordinal, peringkat memungkinkan untuk mengevaluasi informasi yang kompleks menurut kriteria tertentu.[2] Jadi, misalnya, mesin pencari Internet dapat memberi peringkat halaman yang ditemukannya sesuai dengan perkiraan relevansinya, sehingga memungkinkan pengguna untuk dengan cepat memilih halaman yang mungkin ingin mereka lihat.

Analisis data yang diperoleh dengan peringkat biasanya membutuhkan statistika nonparametrik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.merriam-webster.com/dictionary/ranking
  2. ^ Malara, Zbigniew; Miśko, Rafał; Sulich, Adam. "Wroclaw University of Technology graduates' career paths" (dalam bahasa Inggris). 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]