Toblerone

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Toblerone adalah coklat batangan yang dibuat oleh Kraft Foods Switzerland. Dikenal karena bentuknya yang segitiga, melambangkan Matterhorn di pegunungan Alpen dan bungkusnya yang berwarna kuning coklat ini pertama dibuat oleh Theodore Tobler dan Emil Baumann di Bern, Swiss pada 1907. Kandungannya selain coklat adalah nougat, almond dan madu. Dinamai Toblerone sebagai gabungan dari Tobler dan torrone (sejenis nougat).

Sejak tahun 1970-an, beberapa variasi telah dipasarkan, termasuk plain chocolate (dark chocolate) dalam bungkus hijau atau hitam, white chocolate dalam bungkus putih, "snow-capped" editions dengan ujung coklat putih, dan "OneByOne" [sic], potongan coklat yang dibungkus satu-satu. Ukuran coklat batangan bervariasi dari 10 centimeter sampai lebih dari 1 meter, dengan proporsi sama.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Toblerone diciptakan oleh Theodor Tobler (1876–1941) di Bern, Swiss pada tahun 1908. Theodor Tobler, dengan keponakannya, Emil Baumann, mengembangkan sebuah coklat susu yang unik, yang didalamnya terdapat nougat, almond, dan madu dengan bentuk segitiga yang khas. Sebuah gambar dari seekor beruang tampak bersembunyi di belakang pegunungan tinggi Matterhorn, menyimbolkan kota tempat coklat ini berasal.[1]

Bentuk segitiga dari Matterhorn di Pegunungan Alpen telah lama dipercaya menjadi inspirasi bagi Theodor Tobler dalam membentuk coklat-coklat Toblerone buatannya. Tetapi, menurut anak dari Theodor Tobler, bentuk segitiga ini muncul dari bentuk piramida yang diciptakan oleh penari di Folies Bergère yang ditampilkan saat Tobler menontonnya.[2]

Theodor Tobler mematenkan proses pembuatan Toblerone di Bern, pada tahun 1909.[3] Merek Toblerone juga dipatenkan pada tahun yang sama.[3]

The Tobler Company sempat menjadi independen untuk beberapa tahun. Sampai pada tahun 1970, perusahaan ini bergabung dengan Suchard, produsen dari Milka, untuk membentuk Interfood. Tobler Company juga bergabung dengan produsen kopi Jacobs pada tahun 1982 untuk membentuk Jacobs Suchard. Mondelēz (Kraft Foods pada saat itu) mengakuisisi mayoritas saham di Jacobs Suchard, termasuk Toblerone, pada tahun 1990.

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Produk Toblerone menjadi terkenal di Kanada setelah waralaba rumah makan Swiss Chalet memberikan coklat Toblerone cuma-cuma sebagai bagian dari annual Festive Special Dinner selama beberapa tahun. Waralaba ini telah mengganti Toblerone dengan berbagai produk Lindt & Sprüngli.
  • Theodore Tobler mengajukan permohonan paten untuk proses pembuatan Toblerone di Bern pada 1906.
  • Pada 1995 dilaporkan bahwa seorang politikus Swedia, Mona Sahlin, membeli sebatang Toblerone dengan kartu kredit Riksdagnya. Ia dipaksa untuk mundur sebagai kandidat Perdana Menteri dan meninggalkan politik sampai kembali pada tahun 1998.
  • Tokoh fiksi Alan Partridge digambarkan ketagihan Toblerone. Dalam salah satu episode I'm Alan Partridge, diceritakan bahwa ia naik mobil ke Dundee tanpa alas kaki setelah memakan beberapa batang Toblerone.
  • Penguat anti-tank Dragon's teeth dijuluki Toblerone di Swiss karena bentuknya yang mirip.
  • Logo Toblerone di bungkusnya mengandung gambar beruang yang tersembunyi yang melambangkan kota Bern di Swiss.