Lompat ke isi

Titihan telaga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Titihan telaga
Tachybaptus ruficollis Edit nilai pada Wikidata
Two adults in breeding plumage, below with feathers pressed against the body, for low buoyancy
Rekaman
Edit nilai pada Wikidata
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22696545 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
DivisiManiraptoriformes
KelasAves
OrdoPodicipediformes
FamiliPodicipedidae
GenusTachybaptus
SpesiesTachybaptus ruficollis Edit nilai pada Wikidata
(Pallas, 1764)
Tipe taksonomiTachybaptus Edit nilai pada Wikidata
Tata nama
Sinonim taksonPodiceps ruficollis
ProtonimColymbus ruficollis Edit nilai pada Wikidata
Distribusi

Titihan telaga ( Tachybaptus ruficollis ), juga dikenal sebagai titihan kecil, adalah anggota keluarga burung air grebe . Nama genusnya berasal dari bahasa Yunani Kuno takhus yang berarti "cepat" dan bapto "tenggelam di bawah". Ruficollis spesifiknya berasal dari bahasa Latin rufus "merah" dan bahasa Latin Modern -collis, "-necked", sendiri berasal dari bahasa Latin collum "neck". [2]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Titihan telaga adalah burung air kecil dengan paruh runcing. Orang dewasa terlihat jelas di musim panas, sebagian besar berwarna gelap di bagian atas dengan warna leher, pipi dan panggul yang kaya dan berwarna kemerahan, serta lubang kuning cerah. Warna pisangga digantikan oleh warna abu-abu kecoklatan kotor pada burung yang tidak berkembang biak dan burung remaja.

Burung remaja memiliki paruh berwarna kuning dengan ujung kecil berwarna hitam, serta guratan hitam putih di pipi dan samping leher seperti terlihat di bawah. Paruh kuning ini menjadi gelap seiring bertambahnya usia remaja, dan akhirnya berubah menjadi hitam saat dewasa.

Di musim dingin, ukurannya, bulunya yang berkilau, dengan punggung dan tutup yang lebih gelap, serta bagian belakang yang terdapat “bercak warna” yang memungkinkan identifikasi spesies ini dengan mudah. Panggilan berkembang biak titihan telaga, yang diberikan sendiri-sendiri atau berduet, adalah bunyi weet-weet-weet atau wee-wee-wee yang diulang-ulang dan terdengar seperti rengekan kuda .

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Titihan telaga adalah perenang dan penyelam yang hebat dan mengejar ikan serta mangsa invertebrata air di bawah air. Ia memanfaatkan tumbuh-tumbuhan dengan terampil sebagai tempat persembunyian

Seperti semua titihan, ia bersarang di tepi air, karena kakinya terletak sangat jauh ke belakang dan tidak dapat berjalan dengan baik. Biasanya empat sampai tujuh telur diletakkan. Saat burung dewasa meninggalkan sarangnya, biasanya telurnya harus ditutupi dengan rumput liar. Hal ini membuat kecil kemungkinannya untuk terdeteksi oleh predator. Anak-anaknya meninggalkan sarang dan dapat berenang segera setelah menetas, dan anak-anak ayam sering kali digendong di punggung orang dewasa yang sedang berenang. Di India, spesies ini berkembang biak pada musim hujan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2017). "Tachybaptus ruficollis". 2017: e.T22696545A111716447. doi:10.2305/IUCN.UK.2017-1.RLTS.T22696545A111716447.en. 
  2. ^ Jobling, James A (2010). The Helm Dictionary of Scientific Bird Names. London: Christopher Helm. hlm. 341, 377. ISBN 978-1-4081-2501-4.