Titihan clark

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Titihan clark
Aechmophorus clarkii

Nonbreeding plumage
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22696634
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPodicipediformes
FamiliPodicipedidae
GenusAechmophorus
SpesiesAechmophorus clarkii
(Lawrence, 1858)
Tata nama
ProtonimPodiceps clarkii
Distribusi

Approximate distribution map

     Breeding      Year-round      Nonbreeding

Titihan clark ( Aechmophorus clarkii ) adalah spesies burung air Amerika Utara dalam keluarga titihan. [2] Hingga tahun 1980 - an, ia dianggap sebagai morf pucat dari titihan barat, yang menyerupai ukuran, jangkauan, dan perilaku. Perantara antara kedua spesies telah diketahui.

Spesies ini bersarang di danau pedalaman besar di Amerika Utara bagian barat dan bermigrasi ke pantai Pasifik selama musim dingin. Ia mempertahankan populasi lokal sepanjang tahun di California, Nevada, dan Arizona ( Lembah Sungai Colorado Bawah ), serta di Meksiko tengah. Ia mencari makan dengan menyelam untuk mencari serangga, cacing polychaete, krustasea, dan salamander . [3]

Ia melakukan tampilan percumbuan rumit yang sama seperti titihan barat . [4]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Titihan Clark sangat mirip dengan titihan barat dan tumbuh di koloni yang sama dengannya. Storer dan Nuechterlein pada tahun 1992, mengikuti studi morfologi sebelumnya oleh Storer dan lainnya, mendefinisikan spesies ini dibedakan dari titihan barat dengan keseluruhan bulu yang lebih pucat di punggungnya, serta sebagian besar wajahnya ditutupi warna putih, seiring dengan bertambahnya usia. di atas mata, bukan tepat di bawahnya. Ciri yang membedakannya adalah paruhnya, yang berwarna kuning cerah di AS, sedangkan paruh titihan barat berwarna kuning kehijauan di AS, yang telah diperhatikan oleh orang lain. Storer dan Nuechterlein pada tahun 1992 mengklaim bahwa paruh pada spesies ini sedikit terbalik sedangkan titihan barat memiliki paruh yang lurus, hal ini tidak dicatat dalam penelitian sebelumnya. [5]

Titihan ini memiliki leher yang panjang dan ramping dan ukuran spesiesnya berkisar antara 22–29 inci (56–74 cm), dengan lebar sayap 24 inci (61 cm) . [6] Titihan Clarks memiliki kisaran berat 253–444 oz (7.200–12.600 g) . [7]

Ada sedikit perubahan antar jenis kelamin, ciri paling menonjol yang membedakan jantan dan betina adalah adanya sedikit jambul di kepala jantan. Pada remaja, bulunya kembali mirip dengan titihan Barat, namun juga lebih pucat dibandingkan spesies Barat yang lebih abu-abu. [8]

Habitat dan distribusi[sunting | sunting sumber]

Habitat[sunting | sunting sumber]

Sebagai burung air, mereka memerlukan perairan yang menyediakan makanan dan tempat berteduh yang mereka perlukan untuk berkembang—biasanya danau atau lahan basah yang sesuai—yang juga dekat dengan pepohonan yang cocok untuk mereka gunakan untuk bersarang. [9]

Distribusi[sunting | sunting sumber]

Titihan Clark tersebar secara musiman di sebagian besar Amerika Barat, dengan sebaran mulai dari selatan hingga Meksiko, dan mencapai utara hingga British Columbia dan Saskatchewan. Mereka menghindari hawa dingin dan hanya ditemukan di Amerika tengah dan Kanada selama musim kawin musim panas. Di AS dan Kanada, perkembangbiakan dilakukan di sebagian besar wilayah barat kedua negara ini, mulai dari British Columbia hingga Texas, dimana titihan cenderung menyukai perairan yang lebih besar dan berkumpul dalam kelompok besar. [10]

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Vokalisasi[sunting | sunting sumber]

Panggilan titihan Clark serupa dengan suara burung titihan barat, namun, selama masa pacaran, burung-burung tersebut membuat 'panggilan iklan' untuk menarik pasangannya - ini terdengar seperti kreeeed tunggal yang diperpanjang dibandingkan dengan kreed-kreet dua nada di titihan barat. . [11] Panggilan titihan cenderung sedikit berbeda antar jenis kelamin.

Pola makan[sunting | sunting sumber]

Dianggap sebagai spesialis ikan pada awal abad ke-20 berdasarkan hasil pemeriksaan pelet dan isi perutnya, pada tahun 1962 ditunjukkan bahwa Titihan clark sebenarnya adalah seorang oportunis dalam hal makanan yang dimakannya, dan tidak terlalu pilih-pilih. pemilihannya dari yang dibayangkan sebelumnya. Artinya, spesies tersebut akan mengonsumsi berbagai jenis ikan seperti salamander, krustasea, cacing polychaete, dan serangga saat menyelam dan mencari ikan kecil pilihan mereka, selama ikan tersebut sesuai dengan batasan ukuran yang ada. [12]

Reproduksi[sunting | sunting sumber]

Titihan clark tampaknya memiliki perilaku semi-monogami, tinggal dengan satu pasangan, tapi mungkin hanya untuk satu musim sejauh yang diketahui. Pejantan yang tidak berpasangan jauh lebih banyak daripada perempuan. Pejantan, sementara mereka tinggal bersama pasangannya sampai setidaknya beberapa minggu setelah anak-anaknya menetas, akan memiliki beberapa pasangan seksual seumur hidup mereka. Kurang diketahui apakah pasangan tersebut pada akhirnya akan kawin lagi di masa depan. Ada dua upacara pacaran yang dilakukan sebelum seleksi dan perkawinan berlangsung: "upacara buru-buru" dan "upacara gulma". Mereka memerlukan serangkaian pertunjukan dan iklan/tarian dengan pasangannya, atau menyajikan seikat rumput liar kepada pasangannya dan masing-masing menampilkan serangkaian tarian yang berbeda. Karena jumlah betina lebih sedikit daripada pejantan, keputusan akhir apakah perkawinan terjadi atau tidak bergantung pada perempuan. Oleh karena itu, ada tingkat seleksi seksual dalam spesies tersebut. [13] Pacaran ini terjadi selama migrasi musim semi dan segera setelah tiba di tempat berkembang biak.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun hanya ada sedikit kasus perkembangbiakan antara Titihan clark dan Titihan barat, ada beberapa kasus di mana hibrida fenotipik (burung dengan bulu yang mirip dengan kedua spesies) telah kawin dan menghasilkan keturunan yang subur. Namun diyakini bahwa hal ini menjadi lebih kecil kemungkinannya jika individu-individu tersebut berasal dari migrasi yang berbeda dan bukan hibrida, karena mereka memiliki peluang lebih besar untuk gagal selama masa pacaran.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Aechmophorus clarkii". 2016: e.T22696634A93575258. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22696634A93575258.en. 
  2. ^ Storer, Robert W.; Nuechterlein, Gary L. (1992). "Clark's Grebe (Aechmophorus clarkii)". The Birds of North America Online. Cornell Lab of Ornothology, Ithaca, New York, USA. doi:10.2173/bna.26b. Diakses tanggal 7 April 2017. 
  3. ^ Palmer, R. S. (1962). Handbook of North American Birds, Vol. 1: Loons through FlamingosPerlu mendaftar (gratis). New Haven: Yale University Press. 
  4. ^ Nuechterlein, Gary L. (April 1981). "Courtship behavior and reproductive isolation between Western Grebe color morphs" (PDF). The Auk. 98: 335–349. Diakses tanggal 25 November 2018. 
  5. ^ Storer, Robert W.; Nuechterlein, Gary L. (1992). "Clark's Grebe (Aechmophorus clarkii)". The Birds of North America Online. Cornell Lab of Ornothology, Ithaca, New York, USA. doi:10.2173/bna.26b. Diakses tanggal 7 April 2017. 
  6. ^ Storer, Robert W.; Nuechterlein, Gary L. (1992). "Clark's Grebe (Aechmophorus clarkii)". The Birds of North America Online. Cornell Lab of Ornothology, Ithaca, New York, USA. doi:10.2173/bna.26b. Diakses tanggal 7 April 2017. 
  7. ^ "Clark's Grebe Identification, All About Birds, Cornell Lab of Ornithology". www.allaboutbirds.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-09-26. 
  8. ^ Storer, Robert W.; Nuechterlein, Gary L. (1992). "Clark's Grebe (Aechmophorus clarkii)". The Birds of North America Online. Cornell Lab of Ornothology, Ithaca, New York, USA. doi:10.2173/bna.26b. Diakses tanggal 7 April 2017. 
  9. ^ Storer, Robert W.; Nuechterlein, Gary L. (1992). "Clark's Grebe (Aechmophorus clarkii)". The Birds of North America Online. Cornell Lab of Ornothology, Ithaca, New York, USA. doi:10.2173/bna.26b. Diakses tanggal 7 April 2017. 
  10. ^ Storer, Robert W.; Nuechterlein, Gary L. (1992). "Clark's Grebe (Aechmophorus clarkii)". The Birds of North America Online. Cornell Lab of Ornothology, Ithaca, New York, USA. doi:10.2173/bna.26b. Diakses tanggal 7 April 2017. 
  11. ^ Nuechterlein, Gary L. (April 1981). "Courtship behavior and reproductive isolation between Western Grebe color morphs" (PDF). The Auk. 98: 335–349. Diakses tanggal 25 November 2018. 
  12. ^ Palmer, R. S. (1962). Handbook of North American Birds, Vol. 1: Loons through FlamingosPerlu mendaftar (gratis). New Haven: Yale University Press. 
  13. ^ Nuechterlein, Gary L.; Storer, Robert W. (November 1982). "The pair formation displays of the Western Grebe". The Condor. 84 (4): 351–369. doi:10.2307/1367437. JSTOR 1367437. Diakses tanggal 25 November 2018.