Titihan barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Titihan barat
Aechmophorus occidentalis

Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22696631
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPodicipediformes
FamiliPodicipedidae
GenusAechmophorus
SpesiesAechmophorus occidentalis
(Lawrence, 1858)
Tata nama
ProtonimPodiceps occidentalis
Distribusi

Titihan barat [2] ( Aechmophorus occidentalis ) [3] adalah spesies burung dalam keluarga burung air titihan. Masyarakat lokal Amerika lebih sering menyebutnya sebagai "dabchick", "swan grebe" dan "swan-necked grebe".

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Titihan barat adalah titihan terbesar di Amerika Utara . Saat itu 55–75 cm (22–30 in) panjang, beratnya 795–2.000 g (1,753–4,409 pon) dan mengukur 79–102 cm (31–40 in) melintasi sayap.[4] [5] [6] Warnanya hitam-putih, dengan leher panjang, ramping, seperti angsa dan mata merah. Ia sering disamakan dengan titihan Clark, yang memiliki ciri-ciri, ukuran tubuh, perilaku dan habitat yang serupa, serta hibrida yang diketahui. Titihan barat bersarang dalam koloni di danau yang bercampur dengan vegetasi rawa dan perairan terbuka. Sarang titihan barat terbuat dari sisa-sisa tanaman dan bahan-bahan yang basah kuyup, dan pembangunan sarang dimulai kira-kira sekitar akhir April hingga Juni. Konstruksinya dilakukan oleh kedua jenis kelamin dan dilanjutkan selama peletakan dan inkubasi.[7] Spesies burung air ini tersebar luas di Amerika Utara bagian barat, sehingga tidak ada tempat khusus yang melimpah. Subspesiesnya, titihan Clark mumnya lebih banyak menghuni bagian selatan Amerika Utara [8] Perbedaan lainnya adalah sayap yang lebih putih dan punggung abu-abu pucat ketika membandingkan Aoclarkii dengan Aooccidentalis. [9] Burung titihan barat memiliki warna hitam di sekitar mata dan paruh lurus berwarna kuning kehijauan, sedangkan burung titihan Clark memiliki warna putih di sekitar mata dan paruh berwarna kuning cerah. Anak-anak muda titihan Barat yang berbulu halus berwarna abu-abu; terkadang berwarna putih.

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Burung titihan barat bersarang dalam koloni yang berjumlah ratusan di danau-danau besar di pedalaman, terkadang di rawa-rawa pesisir, di Amerika Utara bagian barat. Ia memiliki tampilan pacaran yang spektakuler; dua burung akan berdiri dan terbang melintasi permukaan air. Burung utara bermigrasi ke barat menuju lautan pesisir di musim dingin; burung di barat daya dan Meksiko mungkin merupakan penduduk tetap. Selama musim kawin, burung-burung tersebut mengiklankan dirinya melalui upacara. Upacara Bergegas yang bisa disebut juga dengan tarian air, lomba atau lari merupakan upacara yang paling sering ditampilkan untuk membentuk ikatan berpasangan. Ini dilakukan secara berpasangan baik titihan Barat jantan atau satu jantan dan satu betina. Salah satu dari dua individu memulai upacara bergegas, dan individu yang dipasangkan segera mengikuti dan tampil secara sinkron. Burung mengangkat sayapnya dengan kaku ke samping dan berlari dalam posisi tegak dengan kepala terangkat ke depan dan leher melengkung. Para pejantan tampak melakukan kesibukan bersama-sama untuk menarik perhatian betina, dan ketika salah satu dari dua pejantan menarik perhatian betina dari perilaku terburu-burunya, maka timbullah persaingan antar pejantan untuk mendapatkan betina. Satu dari dua menarik diri dan pejantan yang "menang" berpasangan dengan betina dengan melakukan Bergegas bersama dan terus melakukan Upacara Gulma. [10] Upacara Gulma biasanya mendahului tindakan kawin dan membangun sarang. Hal ini dilakukan setelah pasangan terbentuk, dan upacara dimulai dengan pasangan menundukkan kepala ke dalam air. Kemudian mereka menyelam di tempatnya dan kembali ke permukaan sambil memegang rumput liar di paruhnya. Upacara ini dilanjutkan hingga salah satu pasangan mencabut rumput liarnya dan turun ke posisi normal di dalam air. Mereka melanjutkan perkawinannya dengan Upacara Penyambutan. Upacara penyambutan mirip dengan bentuk upacara bergegas dan melibatkan celup-goyang, goyang bob, bersolek bob, dan keok-keok. [11] Mereka juga melakukan ritual "dip-shaking" yaitu perilaku yang terdiri dari mencelupkan kepala ke dalam air dan mengangkatnya sambil menggoyangkan paruh dengan cepat dari sisi ke sisi. Ini melibatkan postur leher yang rendah dan percikan air yang mencolok, sedangkan "bob-shaking" tidak. [10] Tarian berkembang biak ini dikenal sebagai tarian paling rumit pada spesies burung air. [11] Setelah berkembang biak, titihan barat jantan memberi makan pasangannya, sehingga melakukan perilaku makan pasangannya. Pemberian pakannya mirip dengan pemberian pakan kepada anaknya oleh induknya, dan melalui pakan yang diperolehnya, betina dapat memperoleh energi yang cukup untuk membentuk telurnya. Selama masa inkubasi, titihan Barat jantan dan betina bertukar tempat untuk mengerami telurnya selama berminggu-minggu, dan yang tidak mengerami akan memberi makan pasangannya.[12]

Gaya komunikasi[sunting | sunting sumber]

Saat mengasuh anak-anaknya, titihan barat menggunakan berbagai jenis vokalisasi untuk berkomunikasi. Berdetak adalah salah satu dari keduanya dan digunakan sebagai sinyal alarm. Induk menggendong anak-anaknya yang baru menetas di punggungnya, dan ketika induknya mengeluarkan bunyi berdetak, ini digunakan sebagai isyarat bagi anak-anaknya untuk menyembunyikan kepala mereka di bawah punggung induknya dan diam. Jika anak titihan telah berusia lebih dari 4 minggu, mereka merespons detak tersebut dengan berenang atau menyelam sendiri. Saat mengeluarkan bunyi tik, penelepon tidak membuka mulutnya sehingga sulit membedakan siapa pembuat bunyi tersebut. Induk yang memelihara anak ayamnya cenderung lebih sering mengeluarkan bunyi tik daripada yang tidak, dan baik indukan jantan maupun betina mempunyai kemungkinan yang sama untuk mencentang. Suara vokalisasi lainnya adalah suara berdecak, yang menandakan adanya makanan. Ketika induknya berkotek, anak-anaknya meresponsnya dengan menjulurkan kepalanya keluar dari belakang induknya, tempat mereka berada untuk menerima makanan.[13]

Reproduksi dan kelangsungan hidup[sunting | sunting sumber]

Ukuran sarang semakin mengecil seiring berjalannya musim kawin, artinya jika perkawinan dilakukan pada hari-hari terakhir musim kawin maka jumlah keturunan yang dihasilkan akan semakin sedikit. [14] Namun dinyatakan juga bahwa ukuran induk dari sarang yang menetas pada akhir musim lebih besar dibandingkan dengan sarang sebelumnya, hal ini bertentangan dengan temuan sebelumnya. [14] Hal ini mungkin disebabkan oleh kendala ekologi. Kendala ekologi juga memberikan tekanan pada anak-anaknya, dan hal ini dapat menyebabkan terjadinya pembunuhan saudara pada minggu-minggu pertama setelah menetas, yang mungkin menjelaskan perbedaan dalam mengerami. [14] Selain itu, titihan Barat juga sensitif terhadap manusia, sehingga jika ada gangguan manusia di dekat mereka, induknya akan meninggalkan sarangnya, sehingga telurnya yang belum menetas rentan terhadap serangan predator. Hal ini menunjukkan bahwa pemangsaan atau bahkan tindakan yang tampaknya mengancam mengakibatkan penurunan reproduksi dan kelangsungan hidup anak-anaknya.[15] Karena sensitifnya mereka, terdapat upaya restorasi untuk membangun kembali habitat asli titihan Barat, sehingga mereka memiliki peluang lebih besar untuk bereproduksi dan membesarkan anak-anaknya tanpa gangguan atau ancaman. Jumlah titihan barat perlahan-lahan menurun dalam dua dekade terakhir, bukan hanya karena pemangsaan, namun juga karena perusakan habitat, dengan tumpahan minyak menjadi salah satu penyebab utamanya.[16]

Makanan dan pemberian makan[sunting | sunting sumber]

Burung ini menyelam untuk mencari ikan mas, herring, moluska, kepiting, dan amfibi, seperti salamander . Ia sering mengintip ke bawah air sebelum menyelam. Pengamatan terbaru menunjukkan bahwa titihan menyelam di dasar danau. Beberapa ikan yang lebih kecil tertusuk seperti bangau, dengan paruhnya, tetapi ada pula yang digenggam. Sebagian besar tertelan di bawah air, namun ada pula yang dibawa ke permukaan, terjepit, dan tertelan. [17]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2019). "Aechmophorus occidentalis". 2019: e.T22696631A139355294. doi:10.2305/IUCN.UK.2019-3.RLTS.T22696631A139355294.en. 
  2. ^ "Western Grebe". Birds of North America. Cornell Lab of Ornothology. Diakses tanggal 7 April 2017. 
  3. ^ Etymology: Aechmophorus, "spear-bearer", from Ancient Greek aichme (a spear) + phoros (one who bears something around), in reference to its bill; occidentalis: Latin for "western".
  4. ^ Western Grebe.
  5. ^ CRC Handbook of Avian Body Masses by John B. Dunning Jr. (Editor).
  6. ^ Burnie D and Wilson DE (Eds.), Animal: The Definitive Visual Guide to the World's Wildlife.
  7. ^ Mills, Kyra (2016).
  8. ^ Kenn, Kaufman (2007).
  9. ^ Ratti, J. T. (1979).
  10. ^ a b Nuechterlein, G. L., & Storer, R. W. (1982).
  11. ^ a b Lindsay, S. (2007, September 8).
  12. ^ Nuechterlein, G. L., & Storer, R. W. (1989).
  13. ^ Nuechterlein, G. L. (1988).
  14. ^ a b c Robison, K. M., Anderson, D. W., & Robison, R. E. (2014).
  15. ^ Seattle Audubon Society (n.d.).
  16. ^ Mills, K. L., Gaydos, J. K., Fiorello, C. V., Whitmer, E. R., De La Cruz, S., Mulcahy, D. M., … Ziccardi, M. H. (2015).
  17. ^ Mills, Kyra (2016). "Post-Release Survival and Movement of Western Grebes (Aechmophorus occidentalis) Implanted with Intracoelomic Satellite Transmitters". Waterbirds. 39 (2): 175–186. doi:10.1675/063.039.0208.