Tingkat perbandingan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Tingkat perbandingan adalah fitur morfologi beberapa bahasa, yang menggambarkan perbandingan tingkatan (secara relatif) dari suatu kata sifat atau kata keterangan dengan mengubah bentuk kata tersebut. Dalam tata bahasa Inggris, tingkat perbandingan menggambarkan nilai relasional suatu hal dengan sesuatu dalam klausa lain dalam suatu kalimat.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Dalam tata bahasa Inggris, tingkat perbandingan menggambarkan nilai relasional satu hal dengan sesuatu di lain klausa kalimat. Sebuah kata sifat mungkin hanya dapat menggambarkan kualitas -- umumnya kata ini bersifat positif; hal itu dapat membandingkan kualitas dengan yang lain dari jenisnya (derajat komparatif), maka Tingkat Perbandingan (Degree of Comparison) dibedakan menjadi tiga: tingkat positif (Positive Degree), tingkat lebih (Comparative Degree), dan tingkat paling (Superlative Degree).

Tingkat positif[sunting | sunting sumber]

tingkat positif (Positive Degree) adalah perbandingan dengan kata sifat (adjective) tidak mengalami perubahan dan biasanya untuk menerangkan suatu benda yang sifatnya sama dengan benda lain.

Contoh: My book is as expensive as yours (literal: Bukuku sama mahalnya dengan bukumu)

Tingkat lebih[sunting | sunting sumber]

Tingkat lebih (Comparative Degree) adalah perbandingan sesuatu yang menyatakan bahwa lebih daripada yang lain. Pada kata dengan kurang dari dua suku kata, hal ini dilakukan dengan menambahkan (...er) di belakangnya. Sementara kata yang memiliki lebih dari dua suku kata ditambah dengan (more ...).

Contoh:

  • Adi is shorter than me (Adi lebih pendek daripada aku).
  • My book is more expensive than yours (Bukuku lebih mahal daripada bukumu).

Tingkat paling[sunting | sunting sumber]

Tingkat paling (Superlative Degree) adalah perbandingan yang menyatakan sifat "paling" di antara yang lain. Jika kata sifat memiliki kurang dari dua suku kata, kita menggunakan (...est) di belakang kata tersebut. Sedangkan jika melebihi dua suku kata, maka menambahkan most sebelum kata tersebut.

Contoh dengan kurang dari dua suku kata: Edwin is the smartest of all students in his class (Edwin adalah orang yang terpandai dari semua murid di kelasnya).

Contoh lebih dari dua suku kata: Myra Linson is the most beautiful girl in her school (Myra Linson adalah gadis paling cantik di sekolahnya.