Tikus pipi-kantong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tikus pipi kantong
Rentang fosil: Chadronian–sekarang[1]
Thomomys bottae
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Superfamili:
Famili:
Geomyidae

Bonaparte, 1845
Genus tipe
Geomys
Genus

Cratogeomys
Geomys
Heterogeomys
Orthogeomys
Pappogeomys
Thomomys
Zygogeomys

Tikus pipi-kantong, biasa disebut sebagai tikus bajing, adalah hewan pengerat penggali dari keluarga Geomyidae.[2] Sekitar 41 spesies [3] semuanya endemik di Amerika Utara dan Tengah.[4] Mereka umumnya dikenal karena aktivitas terowongannya yang ekstensif dan kemampuannya untuk menghancurkan pertanian dan kebun. Mereka disebut demikian karena mereka suka menimbun dan menyimpan makanan dalam pipi mereka.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Tikus pipi-kantong umumnya memiliki bobot sekitar 200 g (12 pon) , dan berukuran sekitar 15–20 cm (6–8 in) panjang tubuh, dengan ekor 2,5–5 cm (1–2 in) panjang. Beberapa spesies mencapai bobot mendekati 1 kg (2,2 pon) . Dalam spesies mana pun, jantan lebih besar daripada betina, dan beratnya bisa hampir dua kali lipat beratnya.[5]

Harapan hidup rata-rata adalah satu hingga tiga tahun. [6] Umur maksimum tikus pipi-kantong adalah sekitar lima tahun.[7] Beberapa tikus pipi-kantong seperti yang termasuk dalam genus Geomys, memiliki rentang hidup yang telah didokumentasikan hingga tujuh tahun di alam liar. [6]

Kebanyakan tikus pipi-kantong memiliki bulu berwarna coklat yang seringkali sangat mirip dengan warna tanah tempat mereka tinggal. Ciri khas mereka yang paling menonjol adalah kantung pipinya yang besar, yang menjadi asal kata "kantong" dalam namanya. Kantong-kantong ini dilapisi bulu, dapat dibalik, dan memanjang dari sisi mulut hingga ke bahu. Tikus pipi-kantong akan memiliki mata kecil dan ekor pendek berbulu, yang mereka gunakan untuk merasakan di sekitar terowongan saat berjalan mundur.

Tikus pipi-kantong sering kali ditemukan membawa parasit eksternal termasuk, yang paling umum, kutu, tetapi juga kutu, pinjal dan tungau. [8] Predator umum tikus pipi-kantong termasuk musang, ular, dan elang . [9]

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Semua tikus pipi-kantong menciptakan jaringan sistem terowongan yang memberikan perlindungan dan sarana mengumpulkan makanan. Mereka adalah penimbun makanan, dan kantong pipinya digunakan untuk mengangkut makanan kembali ke liangnya. Tikus ini akan dapat mengumpulkan timbunan besar. Berbeda dengan bajing tanah, bajing tanah tidak hidup dalam komunitas besar dan jarang berada di atas tanah. Pintu masuk terowongan dapat dikenali dari tumpukan kecil tanah gembur yang menutupi bukaannya. [10] Liang terdapat di banyak daerah yang tanahnya lebih lunak dan mudah dibuat terowongan. Tikus pipi-kantong akan sering mengunjungi kebun sayur, halaman rumput, atau peternakan, karena mereka menyukai tanah yang lembab (lihat Biomantle tanah ). Hal ini menyebabkan mereka sering diperlakukan sebagai hama .

Tikus pipi-kantong akan memakan akar tanaman, semak, dan sayuran lain seperti wortel, selada, lobak, dan sayuran lainnya dengan jus.[11] Beberapa spesies dianggap hama pertanian. Kehancuran kehidupan tanaman yang diakibatkannya kemudian meninggalkan area tersebut menjadi hamparan tanah gundul . Pada saat yang sama, gangguan tanah yang diakibatkan oleh pembalikan tanah dapat menyebabkan terbentuknya suksesi ekologis secara dini pada komunitas spesies tumbuhan kasar dan spesies tumbuhan kasar lainnya. Penimbunan dan penguraian selanjutnya dari bahan tanaman di liang tikus pipi-kantong akan menghasilkan pemupukan yang dalam pada tanah.

Tikus pipi-kantong hidup menyendiri di luar musim kawin, secara agresif mempertahankan wilayah yang luasnya bervariasi tergantung pada sumber daya yang tersedia. Jantan dan betina mungkin berbagi liang dan ruang bersarang jika wilayah mereka berbatasan satu sama lain, namun secara umum, setiap tikus pipi-kantong menghuni sistem terowongannya masing-masing. Meskipun mereka berusaha melarikan diri saat terancam, mereka mungkin menyerang hewan lain, termasuk kucing dan manusia, dan dapat menimbulkan gigitan serius dengan giginya yang panjang dan tajam.

Tergantung pada spesies dan kondisi setempat, tikus pipi-kantong mungkin memiliki musim kawin tahunan tertentu, atau dapat berkembang biak berulang kali sepanjang tahun. Setiap anak biasanya terdiri dari dua hingga lima anak, meskipun jumlah ini mungkin jauh lebih tinggi pada beberapa spesies. Anak-anaknya dilahirkan buta dan tidak berdaya dan disapih ketika berumur sekitar 40 hari. [12]

Kontrol[sunting | sunting sumber]

Spesies Geomys dan Thomomys digolongkan sebagai "organisme baru yang dilarang" berdasarkan Undang-Undang Zat Berbahaya dan Organisme Baru Selandia Baru tahun 1996, yang mencegah mereka untuk diimpor ke negara tersebut.[13]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Eduardo Jiménez-Hidalgo; Rosalía Guerrero-Arenas; Krister T. Smith (2018). "Gregorymys veloxikua, The Oldest Pocket Gopher (Rodentia: Geomyidae), and The Early Diversification of Geomyoidea". Journal of Mammalian Evolution. 25 (3): 427–439. doi:10.1007/s10914-017-9383-z. 
  2. ^ "ODFW, Oregon Wildlife Species: Gophers". Dfw.state.or.us. 2014-08-25. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-02-08. Diakses tanggal 2017-05-27. 
  3. ^ Search results for "Geomyidae" on the ASM Mammal Diversity Database.
  4. ^ "Outwit Critters". Diakses tanggal 16 January 2014. There are 35 species of gophers living in both North and Central America. 
  5. ^ Macdonald, David W., ed. (2006). The Encyclopedia of Mammals. Oxford University Press. ISBN 0-19-920608-2. 
  6. ^ a b Hygnstrom, Scott E. (2010). Prevention and Control of Wildlife Damage. DIANE Publishing Inc. hlm. B–21. ISBN 978-1-4379-3688-9. 
  7. ^ Whisson, Delsey (2006). Small Grain Production Pt 8: Pest Management -- Vertebrates. UCANR Publications. hlm. 5. ISBN 1-60107-411-5. 
  8. ^ Hygnstrom, Scott E. (2010). Prevention and Control of Wildlife Damage. DIANE Publishing Inc. hlm. B–21. ISBN 978-1-4379-3688-9. 
  9. ^ "Pocket Gophers". National Wildlife Federation. Diakses tanggal 19 January 2014. 
  10. ^ "Gopher". A-Z Animals. Diakses tanggal 19 January 2014. 
  11. ^ "Pocket Gopher FAQs". Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 February 2018. Diakses tanggal 2 February 2018. 
  12. ^ Patton, James (1984). Macdonald, D., ed. The Encyclopedia of MammalsPerlu mendaftar (gratis). New York: Facts on File. hlm. 628–631. ISBN 0-87196-871-1. 
  13. ^ Hazardous Substances and New Organisms Act 2003 - Schedule 2 Prohibited new organisms, New Zealand Government, diakses tanggal 26 January 2012