Tiang utilitas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Sebuah tiang utilitas yang dapat menopang jaringan listrik, telepon, komunikasi, dan televisi di Wellington, Selandia Baru. Terlihat dua pasang sepatu menggantung di sekitar tiang utilitas tersebut.

Tiang utilitas adalah sebuah tiang yang menopang kabel jaringan utilitas, seperti jaringan listrik, telepon, telekomunikasi, penerangan jalan, dan lain sebagainya. Dengan bergantung dengan apa yang ditopang, sebuah tiang utilitas dapat dinamai seperti tiang listrik, tiang telepon, tiang lampu, dan semacamnya. Dalam dunia kelistrikan, tiang utilitas menjadi percabangan yang lebih kecil dari saluran udara tegangan ekstra tinggi untuk menyalurkan tegangan ke pengguna energi listrik di wilayah yang membutuhkan.

Dalam sejarah, tiang utilitas pertama kali digunakan pada tahun 1816 sebagai penyalur jaringan telegraf listrik oleh penemu telegraf Sir Francis Ronalds. Ia membangun jaringan kabel telegraf sepanjang 8 mil di Hammersmith, Inggris. Penggunaan tiang utilitas semakin berkembang di Amerika Serikat sebagai bagian dari sistem komunikasi telegraf, berawal dari Samuel Morse yang mengalihkan teknologi membenamkan jaringan kabel telegraf ke tiang listrik sepanjang Baltimore dan Washington, D.C. Saat ini, tiang utilitas semakin jarang digunakan dalam lanskap kawasan perkotaan modern karena mengganggu pemandangan.

Referensi[sunting | sunting sumber]