Thutob Namgyal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Thutob Namgyal
Chogyal of Sikkim
Berkuasa1874 – 11 February 1914
PendahuluSidkeong Namgyal
PenerusSidkeong Tulku Namgyal
Informasi pribadi
Kelahiran1860
Kematian11 Februari 1914 (54–55)
WangsaNamgyal dynasty
AyahTsugphud Namgyal
IbuMaharani Menchi
PasanganYeshay Dolma
AnakSidkeong Tulku Namgyal
Tashi Namgyal
Mayeum Choying Wangmo Dorji
AgamaTibetan Buddhism

Thutob Namgyal (bahasa Sikkim : མཐུ་སྟོབས་རྣམ་རྒྱལ་ ; Wylie : mthu-stobs rnam-rgyal) (1860 – 11 Februari 1914) adalah Chogyal (raja) yang berkuasa di Sikkim antara tahun 1874 dan 1914. Thutob naik takhta sebagai penerusnya saudara tirinya Sidkeong Namgyal yang meninggal tanpa keturunan. Perbedaan antara pemukim Nepal dan penduduk asli pada masa pemerintahannya menyebabkan intervensi langsung dari Inggris, yang merupakan penguasa de facto negara Himalaya. Pemerintahan Inggris lebih memihak pada rakyat Nepal yang menyebabkan ketidakpuasan kaum Chogyal, yang kemudian mundur ke Lembah Chumbi dan bersekutu dengan orang-orang Tibet .

Inggris mengirim pasukan militer (ekspedisi Sikkim), dan setelah serangkaian pertempuran kecil antara orang Tibet dan Inggris di dekat Jelep La , orang Tibet dipukul mundur dan Chogyal ditempatkan di bawah pengawasan John Claude White , yang ditunjuk sebagai Menteri Politik. Perwira pada tahun 1889. Pada tahun 1894, ia memindahkan ibu kota dari Tumlong ke lokasi sekarang, Gangtok. Ia dianugerahi Gelar Kebangsawanan pada tahun 1911. Alex McKay menyatakan, "Chogyal Sikkim ke-9, Sir Thutob Namgyal, semakin mendukung modernisasi. Setelah kematiannya pada tahun 1914, Sidkeon Namgyal Tulku, yang telah dipersiapkan untuk jabatan tersebut oleh Inggris, menggantikannya tetapi meninggal setelah memerintah hanya selama 10 bulan. Adik tiri Sidkeong Tulku, Tashi Namgyal, yang pernah menempuh pendidikan di St Paul's dan Mayo College, kemudian menjadi Chogyal pada tahun 1915, dan memerintah Sikkim hingga kematiannya pada tahun 1963[1]."

Rumah Sakit Sir Thutob Namgyal Memorial (STNM) di Gangtok dibangun untuk mengenangnya pada tahun 1917[2].

Judul[sunting | sunting sumber]

  • 1860 – 1874 : Pangeran Thutob Namgyal.
  • 1874 – 1911 : Yang Mulia Sri Panch Maharaja Thutob Namgyal, Maharaja Chogyal dari Sikkim .
  • 1911 – 1914 : Yang Mulia Sri Panch Maharaja Sir Thutob Namgyal, Maharaja Chogyal dari Sikkim, KCIE .

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

kerajaan Inggris

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ McKay, Alex (2 Februari 2004). ""Pribumiisasi pengobatan barat di Sikkim" dalam The Bulletin of Tibetology" (PDF) . Universitas Cambridge . hal. 35. Diarsipkan dari asli (PDF) pada tanggal 31 Maret 2016. Diakses tanggal 26 Desember 2017. Kita telah melihat bahwa pribumisasi Proses ini melihat pengobatan Barat mengambil aspek dari struktur sosial tradisional Sikkim, dan hal ini sangat penting dalam kaitannya dengan dukungan penguasa tradisional negara tersebut. Chogyal Sikkim ke-9, Sir Thutob Namgyal, semakin mendukung modernisasi. Setelah kematiannya pada tahun 1914 , Sidkeon Namgyal Tulku, yang telah dipersiapkan untuk jabatan tersebut oleh Inggris, menggantikannya tetapi meninggal setelah memerintah hanya selama 10 bulan. Adik tiri Sidkeong Tulku, Tashi Namgyal, yang pernah menempuh pendidikan di St Paul's dan Mayo College, kemudian menjadi Chogyal pada tahun 1915, dan memerintah Sikkim sampai kematiannya pada tahun 1963. Tashi Namgyal, menurut laporan Inggris, 'sangat tertarik pada urusan medis', dan pada awal tahun 1920-an ia dan istrinya (“Maharani” dalam catatan Inggris), membuat sejumlah kunjungan ke rumah sakit di Gangtok, 'dan memberikan bantuan semaksimal mungkin.' Maharani bahkan bergabung dengan istri Pejabat Politik dalam mengorganisir kelas-kelas di mana perempuan-perempuan setempat bisa menyiapkan pakaian untuk pasien dan sebagainya.Jenis patronase ini berlanjut hingga periode pasca-kolonial.
  2. ^ "Sejarah Sikkim". Departemen Dalam Negeri, Pemerintah Sikkim . Diakses pada 1 Juli 2006 .
Thutob Namgyal
Lahir: 1860 Meninggal: 11 February 1914
Gelar
Didahului oleh:
Sidkeong Namgyal
Chogyal of Sikkim
1874 – 1914
Diteruskan oleh:
Sidkeong Tulku Namgyal