Thuraya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Thuraya Telecommunications Company
IndustriTelepon Satelit
Didirikan1997
Kantor
pusat
United Arab Emirates
Tokoh
kunci
CEO Samer Halawi
Situs webwww.thuraya.com

Thuraya adalah perusahaan penyedia telepon satelit seluler[1]. Perusahaan ini berbasis di Uni Emirat Arab[2]. Thuraya menyediakan cakupan telekomunikasi bergerak untuk lebih dari 110 negara di Eropa, Timur Tengah, Afrika Utara, Afrika Tengah, Afrika Timur, Asia dan Australia[2].

Satelit Thuraya[sunting | sunting sumber]

Thuraya memiliki tiga satelit dan menjangkau wilayah Eropa, Timur Tengah, Afrika, Asia, dan Australia. Ketiga satelit itu adalah Thuraya 1, Thuraya 2, dan Thuraya 3.

Thuraya 1[sunting | sunting sumber]

Thuraya 1 adalah satelit pertama milik Thuraya. Diluncurkan pada 21 Okteber 2000 oleh SeaLunch menggunakan roket Zenit 3SL.[3] Satelit Thuraya 1 memiliki panel surya yang tidak sempurna dan tidak dapat beroperasi dengan baik. Satelit ini ditempatkan diatas pulau Korea untuk tujuan percobaan. Satelit ini digunakan sebagai satelit percobaan hingga Mei 2007.[4]

Thuraya 2[sunting | sunting sumber]

Thuraya 2 diluncurkan pada 10 Juni 2003 oleh SeaLunch.[5] Thuraya 2 ditempatkan pada orbit geosinkronus dengan garis bujur 44 derajat E dan kemiringan 6,3 derajat.[6] Satelit ini dapat menangani 13,750 layanan panggilan suara secara bersamaan. Thuraya 2 saat ini melayani layanan komunikasi disebagian besar wilayah Eropa, Timur Tengah, Afrika, dan sebagian Asia. Thuraya 2 memiliki bobot 3200 Kg dan perkiraan masa operasi 12 tahun.

Thuraya 3[sunting | sunting sumber]

Satelit ketiga bernama Thuraya 3, direncanakan untuk diluncurkan oleh SeaLunch pada 2007. Satelit Thuraya 3 secara teknis memiliki kesamaan dengan Thuraya 2, tetapi dilokasikan pada orbit geosinkronus dengan garis bujur 98,5 derajat E dan kemiringan 6,2 derajat.

Layanan[sunting | sunting sumber]

Thuraya memiliki 350 mitra usaha di seluruh dunia yang menawarkan layanan roaming melalui jaringan seluler GSM[2]. Selain itu, Thuraya juga menjual ponsel dual satelit dengan kemampuan satelit GSM[2].

Kepemilikan saham[sunting | sunting sumber]

Pemegang saham di Thuraya adalah perusahaan-perusahaan investasi[2]. Diantaranya adalah perusahaan Telcos di Timur Tengah dan Afrika Utara[2]. Etilsat adalah pemegang saham terbesarnya[2].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Arabic stars: Stellarium Wiki". 
  2. ^ a b c d e f g (Inggris) Thuraya. "About". Diakses tanggal 17-April-2014. 
  3. ^ "Thuraya 1". NSSDC. 
  4. ^ TBS info on Thuraya 1, visited on July 12, 2008
  5. ^ "Thuraya 2". NSSDC. 
  6. ^ "Sea Launch Past Launches Thuraya-2". Boeing.