Thomas Tooke

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Thomas Tooke

Thomas Tooke (28 February 1774 – 26 February 1858) adalah seorang ekonom Inggris yang dikenal karena menulis tentang uang dan statistik ekonomi. Setelah kematian Tooke, Masyarakat Statistik memberkahi Tooke Chair dan Took Prize of economics di King's College London.

Dalam bisnis, ia menjabat dalam beberapa periode antara tahun 1840-1852 sebagai gubernur perusahaan pertukaran Kerajaan Inggris. Demikian juga, ia menjabat untuk beberapa masa jabatan sebagai ketua Perusahaan Dermaga St Katharine's dan direktur perusahaan kereta api Birmingham.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Thomas Tooke lahir di Kronstadt, Rusia pada 29 Februari 1774, ia adalah putra tertua dari William Tooke, seorang pendeta di pabrik Inggris di Kronstandt. Thomas memulai kehidupan profesionalnya pada usia lima belas tahun di sebuah rumah bisnis di Sankt Petersburg, dan kemudian menjadi mitra di perusahaan London Stephen Thornton. Ia tidak mengambil bagian penting dalam diskusi publik tentang masalah ekonomi sampai tahun 1819, di mana tahun itu dia memberikan bukti di hadapan komite dari kedua Gedung Parlemen tentang dimulainya kembali pembayaran tunai oleh Bank Inggris.[1]

Tooke adalah salah satu pendukung paling awal dari gerakan Liberalisasi dalam bentuk petisi para pedagang Kota London yang disajikan dalam rumah bersama oleh Alexander Baring, pada 8 Mei 1820.Untuk mendukung prinsip-prinsip petisi para pedagang itulah Tooke, bersama David Ricardo, Robert Malthus, James Mill, dan lainnya, mendirikan Klub Ekonomi Politik pada April 1821. Sejak awal Tooke mengambil bagian dalam diskusinya, dan terus menghadiri pertemuannya hingga akhir hayatnya.

Dari kontroversi atas uang kertas muncul Undang-Undang Piagam Bank 1844, yang tujuan utamanya adalah untuk mencegah penerbitan uang kertas yang berlebihan. Tooke menentang ketentuan undang-undang tersebut. Dia berpikir bahwa dengan beberapa perubahan dalam manajemen Bank Inggris, ditambah dengan pemeliharaan wajib cadangan emas batangan yang jauh lebih besar, hasil yang lebih memuaskan akan tercapai.

Selain memberikan bukti tentang pertanyaan ekonomi di hadapan beberapa komite parlemen, seperti pada tahun 1821 tentang depresi pertanian dan perdagangan luar negeri, tahun 1832, 1840, dan 1848 tentang Undang-Undang Bank, Tooke adalah anggota komisi penyelidikan pabrik tahun 1833. Dia pensiun dari bisnis aktif dengan akunnya sendiri pada tahun 1836, tetapi menjadi gubernur Perusahaan Royal Exchange Assurance tahun 1840-1852, dan juga ketua St. Katharine's Dock Company. Ia terpilih sebagai Anggota Royal Society pada Maret 1821, dan koresponden de l'Institut de France (Académie des Sciences Morales et Politiques) pada Februari 1853. Dia tinggal di London di 12 Russell Square, kemudian di Richmond Terrace, dan di 31 Spring Gardens, di mana dia meninggal pada 26 Februari 1858. Ia dimakamkan di Kensal Green Cemetery.

Pada tahun setelah kematian, Tooke diberi gelar professor ilmu ekonomi dan statistik di King's College, London. Untuk mengenangnya dibuatlah sketsa cat air Tooke di kantor Royal Exchange Assurance Corporation, dan sebuah potret dilukis oleh Sir Martin Archer Shee.[2]

Karir[sunting | sunting sumber]

Sebagai pengikut Ricardo, Fransiskus Horner, dan Huskisson, Tooke adalah pendukung prinsip-prinsip yang terkandung dalam laporan komite bullion tahun 1810. Tiga tahun setelah Dimulainya Kembali Undang-Undang Pembayaran Tunai 1819 ditandai dengan turunnya harga hampir semua komoditas. Muncul pendapat bahwa penurunan tersebut disebabkan oleh kontraksi mata uang yang diasumsikan sebagai hasil dari pengembalian pembayaran tunai. Untuk memerangi pandangan ini adalah tugas yang diterapkan Tooke sendiri dalam karyanya yang paling awal, Pemikiran dan Detail tentang Harga Tinggi dan Rendah dari Tiga Puluh Tahun Terakhir (1823), dan garis argumen yang sama dikejar dalam Pertimbangannya tentang Negara Bagian Mata Uang (1826), dan dalam Surat kepada Lord Grenville (1829). Dia masuk ke pemeriksa rinci penyebab yang memengaruhi harga, dan mengklaim untuk menetapkan kesimpulan bahwa variasi, baik selama periode pembatasan dan setelah dimulainya kembali adalah karena keadaan langsung berhubungan dengan komoditas itu sendiri bukan perubahan dalam jumlah uang.

Sejarah Harga[sunting | sunting sumber]

Tooke terkenal karena bukunya yang berjudul Sejarah Harga dan Keadaan Sirkulasi Uang selama Tahun 1793–1856 (6 jilid, 1838–1857). Dalam empat jilid pertama[3] ia membahas (a) harga jagung, dan keadaan yang mempengaruhi harga; (b) harga produk selain jagung; dan (c) keadaan sirkulasi. Dua jilid terakhir, ditulis dengan William Newmarch, berurusan dengan kereta api, perdagangan bebas, perbankan di Eropa dan efek dari penemuan emas baru.

Dua volume pertama membahas periode dari 1793 hingga 1837, dan diterbitkan pada tahun 1838. Kesimpulannya adalah bahwa harga tinggi yang, secara umum, terjadi antara tahun 1793 dan 1814 disebabkan oleh jumlah musim yang tidak menguntungkan yang relatif besar, ditambah dengan musim yang tidak menguntungkan. hambatan perdagangan yang diciptakan olehperang Napoleon; sementara kisaran harga yang lebih rendah di tahun-tahun berikutnya disebabkan oleh serangkaian musim yang lebih produktif, penghapusan keadaan perang, dan perbaikan dalam proses manufaktur dan industri.

Sejarah Harga diselesaikan dalam enam jilid; yang ketiga, berurusan dengan tahun 1838–9, diterbitkan pada tahun 1840, yang keempat pada tahun 1848, dan yang kelima dan keenam pada tahun 1857, tahun sebelum kematian Tooke. Seluruh pekerjaan terdiri dari analisis sejarah keuangan dan komersial dari periode yang dicakupnya. Jilid selanjutnya mencatat langkah-langkah di mana Tooke secara bertahap memisahkan diri dari para pendukungteori mata uang, ahli waris langsung daribullionisttahun 1810 dan 1819. Ringkasan pandangan Tooke ini mewakili pendapatnya yang terbentuk antara tahun 1840 dan 1844, dan didefinisikan dalam Enquiry into the Currency Principle (1844). Namun dalam tulisan-tulisannya yang lebih awal terdapat banyak bagian yang tidak sejalan dengan pendapatnya di kemudian hari.

Para pendukung 'teori mata uang', yang prinsipnya diadopsi olehRobert Peeldan diwujudkan dalam Undang-undang tahun 1844, diwakili olehSamuel Jones Loyd,Robert Torrens, danGeorge Warde Norman. Mereka berpendapat bahwabank penerbit, dengan perluasan sewenang-wenang sirkulasi mereka, dapat menghasilkan efek langsung pada harga, dan dengan demikian merangsangspekulasi keuangan; itukonvertibilitas sesuai permintaanbukanlah perlindungan yang memadai; dan bahwa satu-satunya solusi yang memadai adalah memisahkan bisnis penerbitan dari bisnis perbankan sedemikian rupa sehingga yang pertama mengatur dirinya sendiri secara otomatis, dan kebijaksanaan para direktur harus dibatasi pada yang terakhir.

Tooke, sebaliknya, diperkuat kemudian olehJohn FullartondanJames Wilson, berpendapat bahwa mata uang kertas yang siap dikonversi sesuai permintaan harus sesuai dengan nilai murnimata uang logam; bahwa untuk tujuan ini tidak ada peraturan lain yang diperlukan selain siap untuk diubah; bahwa dalam kondisi ini bank tidak memiliki kekuatan untuk meningkatkan masalah mereka secara sewenang-wenang; dan bahwa tingkat harga tidak secara langsung dipengaruhi oleh isu-isu tersebut. Sebelum komite tahun 1832 Tooke menyatakan bahwa, menurut pengalamannya, kenaikan atau penurunan harga selalu mendahului, dan karena itu tidak dapat disebabkan oleh, pembesaran atau penyusutan sirkulasi.Pandangan ini, meski tidak konsisten dengan teori kuantitas uang, konsisten dengandoktrin tagihan nyata. Dalam pandangan ini, jatuhnya nilai aset bank penerbit uang akan menyebabkan turunnya nilai uang kertas bank tersebut. Publik kemudian akan membutuhkan lebih banyak uang kertas untuk menjalankan bisnis, dan bank akan dengan senang hati menerbitkan uang kertas tersebut kepada pelanggan yang menawarkan aset dengan nilai yang memadai sebagai gantinya. Dengan demikian jumlah uang kertas akan meningkat setelah tingkat harga naik.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tooke, Thomas". 1911 Encyclopædia Britannica. Volume 27. 
  2. ^ "Tooke, Thomas". Dictionary of National Biography, 1885-1900. Volume 57. 
  3. ^ Tooke, Thomas (1838). A History Of Prices. London. hlm. 17–20. ISBN 9780384609471. 
  4. ^ "JSTOR: Search Results". www.jstor.org. Diakses tanggal 2022-12-31.