The Zookeeper's Wife (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Zookeeper's Wife
Zookeepers Wife Poster 2017.jpg
Poster film The Zookeeper's Wife
SutradaraNiki Caro
ProduserJeff Abberley
Jamie Patricof
Diane Miller Levin
Kim Zubick
Robbie Tollin
SkenarioAngela Workman
BerdasarkanThe Zookeeper's Wife
oleh Diane Ackerman
PemeranJessica Chastain
Johan Heldenbergh
Michael McElhatton
Daniel Brühl
MusikHarry Gregson-Williams
SinematografiAndrij Parekh
PenyuntingDavid Coulson
Perusahaan
produksi
Scion Films
Electric City Entertainment
Tollin Productions
Rowe/Miller Productions
DistributorFocus Features
Tanggal rilis
  • 8 Maret 2017 (2017-3-8) (kota Warsawa)
  • 31 Maret 2017 (2017-3-31) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 7 April 2017 (2017-4-7) (secara luas di Amerika Serikat)
  • 21 April 2017 (2017-4-21) (Britania Raya)
Durasi
126 menit[1]
NegaraBritania Raya
Amerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$20 juta[2]
Pendapatan kotor$26.127.965[1]

The Zookeeper's Wife adalah film biografi drama sejarah Amerika Serikat-Britania Raya tahun 2017 yang disutradarai oleh Niki Caro dan diproduseri oleh Jeff Abberley, Jamie Patricof, Diane Miller Levin, Kim Zubick dan Robbie Tollin. Naskah film ini ditulis oleh Angela Workman berdasarkan buku non-fiksi The Zookeeper's Wife karya Diane Ackerman. Film ini dibintangi oleh Jessica Chastain, Johan Heldenbergh, Michael McElhatton dan Daniel Brühl.

Film The Zookeeper's Wife ditayangkan secara perdana di kota Warsawa pada tanggal 8 Maret 2017.[3] Film ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 31 Maret 2017 secara terbatas dan 7 April 2017 secara luas. Film ini dirilis di Britania Raya pada tanggal 21 April 2017.[4] Film ini mendapatkan review rerata dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Dr. Jan Żabiński (Johan Heldenbergh) dan istrinya, Antonina (Jessica Chastain), adalah penjaga Kebun Binatang Warsawa (Miejski Ogród Zoologiczny), salah satu kebun binatang terbesar dan paling produktif pada tahun 1930-an di Eropa. Pada bulan Agustus 1939, hari yang tenang, Antonina mengemudikan sepeda menuju kebun binatang yang indah, menyapa seekor kuda nil, kuda, bison, dan diikuti oleh Adam, seekor bayi unta. Antonina membuka gerbang kebun binatang dengan Jerzyk (Michael McElhatton), penjaga kebun binatang lainnya. Banyak pengunjung yang berkumpul untuk melihat banyak spesies yang dipamerkan. Jan adalah direktur kebun binatang tersebut dan bertemu dengan koleganya yang dengki, Dr. Lutz Heck (Daniel Brühl), kepala Kebun Binatang Berlin, Jerman, dan seorang pria bernama Adolf Hitler untuk menjadi kepala ahli zoologinya.

Pada tanggal 1 September 1939, Antonina dan putranya, Ryszard (Timothy Radford dan Val Maloku) terkejut menyaksikan pengeboman di Warsawa melalui udara ketika tentara Jerman menyerang Polandia. Kebun binatang tidak luput dari pengeboman tersebut, meruntuhkan kandang dan membunuh sejumlah hewan di dalamnya. Beberapa singa, harimau, kera dan kanguru keluar ke jalan. Saat perlawanan Polandia gagal di bawah rintangan yang luar biasa, Lutz Heck tiba di kebun binatang, meyakinkan Antonina untuk membiarkan Lutz menyelamatkan hewannya sebagai "pinjaman". Lutz berjanji untuk mengembalikan mereka ke Warsawa saat perang berakhir, yang diyakini akan segera terjadi. Pada permulaan musim dingin, Lutz kembali bersama tentara Nazi, namun kali ini ia datang untuk menembak hewan yang tersisa, yang menurutnya akan mati ketika cuaca dingin. Sesuatu yang jahat telah menyerang Lutz, terungkap dalam kegembiraan dingin yang ia lakukan saat menembak seekor elang, lalu dengan santai menyuruh seorang ajudan untuk memakainya. Terungkap jelas bahwa Lutz telah mulai tertarik dengan Antonina.

Warsawa menjadi tempat pergolakan yang mengerikan. Toko-toko milik Yahudi ditutup, dan orang-orang Yahudi digiring ke ghetto. Memakai pita lengan berlogo Bintang Daud, dua dari teman Jan dan Antonina, Maurycy Fraenkel (Iddo Goldberg) dan rekannya Magda Gross (Efrat Dor), mencari tempat perlindungan, bukan untuk diri mereka sendiri tetapi untuk beberapa orang yang tersisa. Antonina membuat tawaran yang tidak biasa untuk melindungi Magda di loteng. Jan dan Antonina mempertimbangkan ancaman orang-orang Jerman, dan betapa berbahayanya hal itu, bahwa mereka dapat ditembak hanya untuk memberikan segelas air putih kepada seorang Yahudi. Namun, mereka sadar bahwa di kebun binatang, mereka bisa menyelamatkan satu kehidupan. Magda Gross adalah yang pertama.

Dengan kebun binatang yang ditutup secara permanen, Jan dan Antonina mencari Lutz, yang telah mendirikan kantor pusat di Warsawa. Mereka membuat usulan yang beresiko untuk mengubah kebun binatang tersebut menjadi peternakan babi. Diam-diam, mereka berharap bisa membantu orang-orang Yahudi dengan membawa makanan ke ghetto, namun mereka memberitahu Heck bahwa, dengan babi, mereka dapat membantu memberi makanan untuk pasukan pendudukan Jerman. Tertarik dengan usulan tersebut, Lutz mencari tempat untuk eksperimennya dengan menciptakan kembali binatang purba sebagai simbol Reich.[5] Lutz setuju dengan ide peternakan babi tersebut.

Jan mulai memungut sampah dari ghetto untuk memberi makan babi-babi itu. Situasi yang dilihat oleh Jan di sana, tentang orang-orang Yahudi yang kelaparan, sangat mengejutkan dan tak tahan melihatnya. Jan mulai bekerja dengan Angkatan Darat Bawah Tanah, untuk mengeluarkan orang-orang Yahudi dari ghetto ke tempat perlindungan di belahan lain Polandia. Jan menyelinap keluar ke truk sampahnya, membawa mereka ke kebun binatang dan bersembunyi di kandang binatang, terowongan dan di dalam rumah Jan dan Antonina. Meskipun ragu, Antonina setuju untuk membantu. Awalnya tidak mudah baginya, namun ia memiliki hadiah dengan hewan yang ketakutan dan belajar bagaimana menghibur bahkan orang-orang yang paling ketakutan sekalipun.

Saat mencoba menyelamatkan sekelompok orang Yahudi, Jan menemukan seorang gadis muda, Urszula (Shira Haas), yang baru saja diperkosa oleh dua penjaga Nazi. Jan menyembunyikan Urszula di truknya dan menyelinap ke kebun binatang. Urszula trauma dan menolak untuk berbicara; ia seperti binatang liar. Antonina perlahan menariknya keluar dengan menceritakan kisah masa kecilnya yang sulit dan dengan memberinya seekor bayi kelinci, Urszula akhirnya kehilangan rasa traumanya dan menjadi bagian dari tempat persembunyian orang-orang Yahudi.

Jan terus menyelinap dan mengeluarkan orang-orang Yahudi dari ghetto, menyembunyikannya di kebun binatang atau menyamarkan mereka sebagai orang Arya dengan memutihkan rambut mereka dan membawa mereka ke tempat yang aman. Namun, pada tahun 1942, orang-orang Jerman mulai mengasingkan orang-orang Yahudi ke kamp-kamp kematian. Jan sangat terpukul melihat anak-anak kecil dimasukkan ke dalam mobil ternak dan dibawa ke kamp. Mereka meraih tangan Jan, tidak memberinya pilihan selain membantu mereka ke dalam mobil ternak, di bawah pengawasan polisi Jerman.

Pada tahun 1943, dua wanita, yang diselamatkan oleh Jan dan disamarkan sebagai orang Arya oleh Antonina, ditangkap dan dieksekusi di jalan Warsawa. Beberapa bulan kemudian, setelah pemberontakan gagal, Jerman mengumumkan niat mereka untuk memusnahkan ghetto dan akan terjadi pada hari ulang tahun Adolf Hitler, yang juga jatuh pada malam pertama Paskah. Sementara orang-orang Yahudi merayakan Paskah di dalam kebun binatang dalam suasana sedih dan duka, dengan doa dan makanan yang sedikit, orang-orang Jerman membakar ghetto, membunuh orang-orang Yahudi yang tersisa di dalamnya.

Beberapa bulan kemudian, Antonina hamil dan melahirkan seorang bayi perempuan. Ryszard menamai adiknya Teresa. Seiring ketertarikan Lutz pada Antonina semakin dalam, dan saat Antonina berjuang untuk menghadang Lutz, Jan berpartisipasi dalam pemberontakan Warsawa, di mana ia ditembak di leher dan ditangkap. Antonina tidak tahu apakah Jan masih hidup, atau di mana Jan dibawa.

Pada bulan Januari 1945, dengan mundurnya tentara Jerman oleh tentara Soviet, orang-orang Jerman mulai mengevakuasi Warsawa. Dalam usaha terakhir untuk menemukan Jan, Antonina mengunjungi Lutz untuk meminta bantuannya. Lutz menolak, mengungkapkan bahwa ia pernah mendengar Ryszard mengatakan "Hitler ist kaputt" dan menuduh Antonina melakukan perlawanan. Lutz menyerang Antonina dan saat itulah, Lutz menyadari bahwa Antonina tidak menginginkannya dan ia jijik dengan Lutz. Antonina telah berbohong kepadanya selama ini. Antonina melarikan diri kembali ke kebun binatang, memperingatkan tamunya tepat pada waktunya untuk melarikan diri keluar. Magda membawa bayi Teresa bersamanya saat Antonina menyembunyikan Ryszard di ruang bawah tanah, mengetahui bahwa Lutz akan kembali. Lutz dan anak buahnya tiba dalam kemarahan, menerobos masuk ke ruang bawah tanah dan akhirnya menemukan gambar-gambar rahasia di dinding: bintang kuning dan kurma serta gambar orang Yahudi yang tersembunyi dan digambar dengan wajah binatang. Marah, Heck mengejar Ryszard melalui terowongan singa di ruang bawah tanah dan keluar lagi, menangkapnya dan menodongkan senjata.

Antonina meminta Lutz untuk tidak membunuh Ryszard namun Lutz menyeret anak itu keluar. Perkelahian dan tembakan terjadi. Antonina terjatuh sambil menangis. Ryszard tiba-tiba kembali, menjadi korban tipuan kejam. Lutz meninggalkan kebun binatang tersebut untuk selamanya, dan Antonina dan Ryszard melakukan perjalanan panjang dari Warsawa, membawa serta kelinci dan salah satu pokok tes Heck, seekor banteng muda. Saat mereka meninggalkan rumah mereka dan kota terbebaskan, mereka melepaskan banteng ke hutan.

Empat bulan setelah Nazi menyerah, Warsawa mulai dibangun kembali. Antonina, Ryszard dan bayi Teresa kembali. Kebun binatang itu rusak parah namun masih kokoh. Jerzyk, penjaga setia mereka, ada di sana untuk menyambut mereka. Musim semi datang saat mereka mulai membangun kembali, dan bersama mereka, Urszula, Magda, dan Maurycy. Saat kehidupan berlanjut, Antonina melihat Jan kembali pulang, selamat dari kamp penjara. Antonina berlari ke pelukannya.

Di momen terakhir film ini, Jan dan Antonina menggambar simbol Bintang Daud di semua kandang kebun binatang.

Catatan terakhir menunjukkan bahwa 300 orang Yahudi diselamatkan oleh keluarga Żabiński di kebun binatang mereka. Lutz kembali ke Berlin ketika kebun binatangnya dihancurkan oleh bom Sekutu. Usahanya untuk menciptakan kembali hewan punah gagal. Keluarga Żabiński akhirnya diakui oleh Yad Vashem karena tindakan mereka yang benar dan menentang orang-orang Jerman.[6] Keluarga Żabiński membangun kembali kebun binatang mereka dan Kebun Binatang Warsawa masih buka sampai hari ini.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Zookeeper's Wife mendapatkan review rerata dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 61%, berdasarkan 162 ulasan, dengan rating rata-rata 6,1/10.[7] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 57 dari 100, berdasarkan 36 kritik, menunjukkan "ulasan rerata".[8]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film The Zookeeper's Wife mendapatkan $17.571.660 di Amerika Utara dan $8.556.305 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $26.127.965, melebihi anggaran produksi film $20 juta.[1]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $3.288.835, menempati posisi ke-10 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $2.684.185, menempati posisi ke-11 di box office.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "The Zookeeper's Wife (2017)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 10, 2017. 
  2. ^ "Box Office: 'The Zookeeper's Wife'." The Wrap (PowerGrind). Retrieved: April 1, 2017.
  3. ^ "The Zookeepers Wife." Cinequest Film Festival. March 8, 2017. Retrieved: March 30, 2017.
  4. ^ Lyttleton, Oliver."Jessica Chastain vehicle ‘The Zookeeper’s Wife’ will skip awards season." The Playlist, June 20, 2016. Retrieved: March 8, 2017.
  5. ^ Heck 1954, p. 140.
  6. ^ "The Righteous Among The Nations". Yad Vashem. Diakses tanggal 16 April 2017. 
  7. ^ "The Zookeeper's Wife (2017)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal October 10, 2017. 
  8. ^ "The Zookeeper's Wife reviews". Metacritic. Diakses tanggal October 10, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]