The Starling Girl

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Starling Girl
Poster resmi
SutradaraLaurel Parmet
Produser
  • Kevin Rowe
  • Kara Durrett
Ditulis olehLaurel Parmet
Pemeran
Penata musikLord Huron
SinematograferBrian Lannin
PenyuntingSam Levy
Perusahaan
produksi
2AM
DistributorBleecker Street
Tanggal rilis
  • 21 Januari 2023 (2023-01-21) (Sundance)
  • 12 Mei 2023 (2023-05-12) (Amerika Serikat)
Durasi117 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Pendapatan
kotor
$161,290[2][3]

The Starling Girl adalah sebuah film drama coming-of-age Amerika Serikat tahun 2023 yang ditulis dan disutradarai oleh Laurel Parmet dalam debut penyutradaraannya.[4][5] Dibintangi oleh Eliza Scanlen, Lewis Pullman, Jimmi Simpson, Wrenn Schmidt dan Austin Abrams, film ini menceritakan Jemima "Jem" Starling (Scanlen), seorang gadis berusia 17 tahun yang berjuang untuk menemukan tempatnya di dalam kehidupan komunitas Fundamentalisme Kristen di Kentucky.

The Starling Girl ditayangkan perdana di Festival Film Sundance pada 21 Januari 2023, di mana film ini dinominasikan untuk Grand Jury Prize, dan dirilis secara teatrikal di Amerika Serikat pada 12 Mei 2023. Meskipun berkinerja buruk secara komersial, film ini mendapat pujian, dengan pujian khusus atas penampilan para pemain dan arahan Parmet. Pada Independent Spirit Awards ke-39, Parmet menerima nominasi Skenario Pertama Terbaik.

Plot[sunting | sunting sumber]

Jem Starling adalah seorang gadis berusia 17 tahun yang dibesarkan di komunitas Fundamentalisme Kristen di Kentucky. Orang tuanya, Paul dan Heidi, mengharapkan Jem menjadi teladan Kristen bagi keempat adiknya. Usia Jem yang mengharuskan dia memulai tradisi pacaran, namun dia lebih tertarik pada menari sebagai anggota kelompok tari gerejanya. Owen, putra pendeta berusia 28 tahun, baru saja kembali ke komunitas setelah melakukan pekerjaan misionaris bersama istrinya di Puerto Rico.

Ketika Jem mengetahui kelompok tarinya mungkin bubar karena tidak memiliki pemimpin, dia bertanya kepada Owen, yang bertanggung jawab atas program gereja, apakah dia dapat ditunjuk sebagai pemimpin, dan Owen mengizinkannya. Jem mulai menyukai Owen dan mencari cara untuk lebih dekat dengannya, yang mendukung hasratnya untuk menari ketika orang lain mengatakan kepadanya bahwa dia melakukannya untuk kesombongan dan bukan untuk memuji Tuhan.

Pada suatu malam ketika tersisa mereka berdua di gedung gereja, mereka berbagi ciuman dan memulai hubungan terlarang. Ketika Jem bertanya kepada Owen apakah menurutnya Jem jahat, Owen menjawab tidak, dan beralasan bahwa karena Owen merasa dia bisa menjadi dirinya sendiri di dekat Jem, apa yang mereka lakukan tidak mungkin dosa. Owen mengungkapkan pernikahannya dengan istrinya Misty tidak bahagia karena mereka menikah muda dan "salah membaca tanda-tandanya".

Situasi keluarga Jem menjadi tegang ketika Paul, mantan pecandu alkohol, kambuh lagi. Saat sendirian dengan ayahnya suatu malam, Jem mengetahui bahwa ayahnya adalah seorang penyanyi di sebuah band sebelum masuk Kristen. Dia masih mendengarkan iPod, yang dia sembunyikan dari Heidi dan bersumpah untuk merahasiakannya pada Jem. Ketika Jem bertanya kepada Paul apakah dia merindukan kehidupan musisinya, dia bersikeras bahwa pengorbanan itu adalah bagian dari rencana Tuhan. Kelompok tari diminta untuk menunjukkan rutinitas mereka kepada Misty, yang mengkritik penampilan tersebut dan mengatakan bahwa hal itu perlu diubah agar tidak terlalu berpusat pada Jem. Hal ini membuat Jem marah, tapi dia enggan menurutinya. Setelah latihan menari, Jem merusak mobil Misty sebagai pembalasan.

Keesokan harinya, Owen mengonfrontasi Jem tentang mobil tersebut dan memperingatkannya. Jem meminta maaf kepada Owen dan keduanya berbaikan di rumah Owen, tapi hampir ketahuan saat Misty pulang lebih awal. Jem terlihat oleh adiknya saat merangkak keluar jendela rumah Owen dan menyuruhnya untuk diam tentang hal itu. Setelah kejadian tersebut, Owen ingin memutuskan hubungan. Jem memohon padanya untuk tidak melakukannya dan mengatakan menurutnya sudah waktunya bagi mereka untuk mengumumkan hubungan mereka ke publik, tapi Owen dengan marah menegurnya.

Paul memergoki Jem berbohong kepadanya tentang keberadaannya di malam hari dan menghukumnya dengan menyuruhnya keluar dari kelompok tari. Saat pertengkaran mereka, Jem menuduhnya berbohong juga, sehingga mendorong Ayahnya untuk menamparnya. Kemudian, Ayahnya meminum pil milik ibunya hingga overdosis, mengakibatkan dia dirawat di rumah sakit dan membuatnya koma. Hubungan Owen dengan Jem diketahui ketika Heidi menemukan telepon genggam Jem yang diberikan oleh Owen. Pendeta Taylor datang ke rumah untuk berbicara dengan Heidi dan Jem, dengan tajam menginterogasi Jem tentang kapan hubungan itu dimulai. Ketika Jem bertanya tentang Owen, pendeta mengatakan Owen tidak ingin berada di sana. Menurut pendeta Taylor, Owen mengklaim Jem-lah yang menggodanya dan "menghambat kemampuannya untuk mengendalikan diri". Heidi dan pendeta memutuskan bahwa Jem harus menghabiskan waktu di kamp disiplin. Di gereja, Jem diminta untuk mengakui dosa-dosanya di depan semua orang. Semua anggota gereja, termasuk Owen, mendekati Jem dan berkata, "Aku memaafkanmu."

Saat Jem bersiap berangkat ke kamp, ​​​​dia dihentikan oleh Owen, yang menyatakan dia telah meninggalkan istrinya dan ingin bersama Jem. Heidi mencoba mengusirnya, tapi Jem menentangnya dan pergi bersama Owen di mobilnya. Keduanya tinggal di sebuah motel. Saat sedang membereskan barang-barangnya, Jem menemukan iPod ayahnya di saku jaketnya. Keesokan paginya, tanpa memberitahu Owen, dia menyelinap pergi dan mengambil mobilnya. Dia berkendara ke bar di Memphis, yang ayahnya pernah tampil bersama bandnya. Saat berada di sana, sebuah lagu diputar dan dia dengan gembira menari sendirian diiringi lagu tersebut, tenggelam dalam tarian tersebut.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Eliza Scanlen sebagai Jemima "Jem" Starling
  • Lewis Pullman sebagai Owen Taylor
  • Jimmi Simpson sebagai Paul Starling
  • Wrenn Schmidt sebagai Heidi Starling
  • Kyle Secor sebagai Pendeta Taylor
  • Austin Abrams sebagai Ben Taylor
  • Claire Elizabeth Green sebagai Rebecca Starling
  • Jessamine Burgum sebagai Misty Taylor
  • Ellie May sebagai Sarah Starling
  • Chris Dinner sebagai Noah Starling
  • Kieran Sitawi sebagai Jeremy Starling

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di situs agregator ulasan Rotten Tomatoes, 92% dari 88 ulasan kritikus adalah positif, dengan nilai rata-rata 7,7/10. Konsensus situs web tersebut berbunyi: "Dibuat secara sensitif dan cerdas oleh penulis-sutradara Laurel Parmet, The Starling Girl adalah kisah coimg-of-age yang menceritakan tentang perjuangan seorang wanita muda dengan keyakinan spiritualnya."[6] Metacritic, yang menggunakan rata-rata tertimbang, memberikan film ini skor 78 dari 100, berdasarkan 20 kritikus, yang menunjukkan ulasan yang "umumnya disukai".[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Starling Girl (15)". British Board of Film Classification. October 26, 2023. Diakses tanggal October 27, 2023. 
  2. ^ "The Starling Girl". The Numbers. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 14, 2023. Diakses tanggal June 16, 2023. 
  3. ^ "The Starling Girl". Box Office Mojo. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 29, 2023. Diakses tanggal June 16, 2023. 
  4. ^ Horton, Adrian (2023-01-21). "The Starling Girl review – Eliza Scanlen shines in transgressive coming of age drama". The Guardian. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 22, 2023. Diakses tanggal 2023-01-22. 
  5. ^ Baughan, Nikki (2023-01-21). "'The Starling Girl': Sundance Review". Screendaily. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 21, 2023. Diakses tanggal 2023-01-21. 
  6. ^ "The Starling Girl (2023)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 23 April 2024. 
  7. ^ "The Starling Girl Reviews". Metacritic. Diakses tanggal 23 April 2024. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]