The Lion King 1½

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Lion King 1½
Sampul DVD
SutradaraBradley Raymond
ProduserGeorge A. Mendoza
Pemeran
Penata musikDon L. Harper
PenyuntingJoyce Arrastia
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Home Entertainment
Tanggal rilis
  • 10 Februari 2004 (2004-02-10) (DVD dan video Disney)
Durasi77 menit [1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
PrekuelThe Lion King II: Simba's Pride (1998)

The Lion King 1½ (atau The Lion King 3:Hakuna Matata di beberapa tempat) adalah film animasi yang ditayangkan DisneyToon Studios pada tanggal 10 Februari 2004. Cerita film ini berada di bioskop yang ditonton oleh duo karakter utama di film ini, Timon dan Pumbaa. Ini terlihat dari awal dan akhir film dan juga beberapa kali cerita dihentikan dengan remote oleh Timon atau Pumbaa.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Cerita dimulai dengan meerkat-meerkat sedang menggali terowongan untuk berlindung dari hyena. Timon menghancurkannya untuk keempat kalinya dalam bulan itu. Timon memberitahu ibunya tentang masalahnya. Ketika sedang berbicara, Paman Max menanyakan siapa yang akan jadi pengawas hyena, ibu Timon mengusulkan Timon dan untuk menjaga keamanan terowongan, dia diterima untuk melakukannya. Timon terlalu ingin kehidupan lain sehingga membiarkan hyena masuk, semua meerkat masuk ke terowongan mereka dan semuanya, kecuali ibu Timon memarahinya. Timon sedih dan akhirnya pergi dengan izin ibunya.

Di perjalanan, dia kebingungan dan diberitahu oleh Rafiki untuk mencari "Hakuna Matata" dan cara menemukannya, dengan "melihat sesuatu dibalik yang kau lihat". Dia mengira Batu Kebanggaan adalah tempat yang dimaksud, jadi dia pergi ke sana. Dalam perjalanan ke Batu Kebanggaan, dia bertemu babi hutan bernama Pumbaa dan berteman dengannya. Ketika mereka sampai di Batu Kebanggaan, mereka menemukan di sana sudah penuh karena kelahiran Simba. Timon kemudian mengira yang dimaksud adalah sebuah tempat sejuk dibalik Batu Kebanggaan. Dia tinggal di sana dengan Pumbaa.

Saat perjalanan, Pumbaa memberitahu Timon tentang sebuah tempat yang sangat menyenangkan, tetapi Timon tidak terlalu menginginkannya dan "pergi ke tempat dibalik yang dia lihat", dan tempat yang dia kira adalah sebuah kuburan gajah, tetapi di sana ada para hyena dan Mufasa menyerangnya. Mereka kemudian pergi ke gua yang agak aneh, bagaimanapun, Timon menyukainya karena tidak ada yang datang, tetapi tiba-tiba muncul hewan-hewan dari Riverdance.

Setelah itu, mereka pergi ke sebuah lembah kering, mereka diserbu oleh banteng-banteng yang ingin minum di dekat sana, Timon dan Pumbaa terlempar ke sana dan tidak apa-apa, tetapi mereka jatuh dari air terjun dan baru keluar dari sana malamnya. Timon menyerah dan mengatakan ingin pulang, dia juga menyarankan Pumbaa juga melakukannya, tetapi Pumbaa mengatakan dia sendirian dan tidak memiliki rumah yang menyenangkan, Timon kemudian mengakui dia juga seperti Pumbaa dan mengatakan Pumbaa adalah satu-satunya temannya dan "teman selalu bersama sampai akhir".

Keesokan harinya, Pumbaa dan Timon menemukan "Hakuna Matata" yang merupakan tempat yang Pumbaa katakan sebelumnya dan Timon sadar apa arti sebenarnya dari "lihat apa yang ada dibalik yang kau lihat". Mereka berpesta tetapi Timon lupa nama tempat yang dimaksudkan Rafiki, Pumbaa mengatakan Hakuna Matata dengan maksud lain, tetapi rupanya itulah namanya, mereka (yang menonton) berkaraoke dengan mereka yang ada di cerita dengan lagu "Hakuna Matata". Di rumah lama Timon, ibu Timon diberitahu Rafiki tentang kejadian sebelumnya, ibu Timon marah karena petunjuknya tidak harfiah dan mencarinya (bersama Paman Max).

Timon dan Pumbaa menemukan Simba yang sekarat di gurun dan membawanya ke Hakuna Matata. Timon dan Pumbaa menjaga Simba untuk waktu yang cukup lama. Ketika sudah dewasa, Simba bertemu teman lamanya, Nala. Timon dan Pumbaa mencoba menghentikan Simba dan Nala jatuh cinta, tetapi selalu gagal. Ketika menyerah, Simba pergi tanpa mereka ketahui alasannya. Keesokan harinya, Nala memberitahu mereka berdua Simba pergi karena mau mengambil kembali takhta dari pamannya, Scar yang seharusnya miliknya.

Timon dan Pumbaa bertarung tentang mereka harus membantu Simba atau tidak, Timon ingin tidak melakukannya sedangkan Pumbaa ingin kebalikannya. Pumbaa meninggalkan Timon untuk membantu Simba, Timon awalnya menyenangkan dirinya dengan sendiran, tetapi lama-kelamaan dia bosan dan menyusul Pumbaa. Setelah bertemu, mereka pergi ke Batu Kebanggaan.

Di sana mereka bertemu ibu Timon dan Paman Max, bersama mereka menghadapi hyena, sedangkan Simba menghadapi Scar. Timon dan Pumbaa menjadi umpan ke tempat jebakan yang dibuat oleh ibu Timon dan Paman Max, tetapi gagal ketika dipakai. Timon berlari ke tempat yang membuat rencana gagal dan membuatnya bekerja kembali dan mengalahkan para hyena. Pada saat yang bersamaan, Simba berhasil mengalahkan Scar. Simba kemudian menjadi raja, Timon memberitahu ibunya dia memiliki rumah baru dan semua teman meerkatnya tinggal di sana.

Ketika cerita selesai, Pumbaa ingin menonton lagi sedangkan Timon tidak. Tiba-tiba muncul ibu Timon, Paman Max, Simba dan Rafiki yang juga ingin menonton. Dan setelah itu, banyak karakter kartun Disney muncul, dan Timon merasa ini menjadi buruk.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Nathan Lane - Timon - Salah satu anggota koloni meerkat dan sering menghancurkan terowongan. Dia pergi dan menemukan Hakuna Matata bersama temannya, Pumbaa.
  • Ernie Sabella - Pumbaa - Babi hutan yang menjadi teman Timon di film dan menemukan Hakuna Matata bersama Timon.
  • Julie Kavner - Ibu Timon - Satu-satunya meerkat yang bisa menahan amarah ketika Timon menghancurkan terowongan dan selalu mendukung Timon.
  • Jerry Stiller - Paman Max - Salah satu anggota koloni meerkat. Dia menemani ibu Timon mencari Timon.
  • Mat Weinberg (Muda), Mathew Broderick (Dewasa) - Simba - Singa yang menjadi teman Timon dan Pumbaa ketika pergi dari Batu Kebanggaan dan ketika dewasa merebut tahta dari Scar.
  • Whoopi Goldberg - Shenzi - Pemimpin dan satu-satunya trio Hyena yang membantu Scar menjadi raja.
  • Cheech Marin - Banzai - Satu dari dua laki-laki di trio hyena yang membantu Scar menjadi raja.
  • Jim Cummings - Ed - Satu dari dua laki-laki di trio hyena yang membantu Scar menjadi raja. Dia seperti berkomunikasi dengan tertawa.
  • Robert Guillaume - Rafiki - Monyet yang memberitahu Timon tentang Hakuna Matata.
  • Moira Kelly - Nala - Teman lama Simba yang nantinya menjadi istrinya.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di Rotten Tomatoes, film ini mendapat penilaian persetujuan 76% berdasarkan 17 ulasan, dengan rata-rata penilaian 6,5/10.[2]

Musik[sunting | sunting sumber]

The Lion King 1 ½: Songs From Timon and Pumbaa's Hilarious Adventure
Album lagu tema karya Various Artists
Dirilis10 Februari 2004
GenreR&B, Pop, dunia, soundtrack
Durasi22:52
LabelWalt Disney

Album soundtrack film ini berisi dua lagu asli: "Diggah Tunnah", ditulis oleh Seth Friedman dan Martin Erskine, dan "That's All I Need", ditulis oleh Elton John dan Tim Rice, yang telah bekerja di film pertama. Lagu latter, yang dinyanyikan oleh Nathan Lane di film, sebagian besar didasarkan pada lagu yang dihapus dari The Lion King berjudul "The Warthog Rhapsody", yang dengannya ia berbagi melodi yang serupa.[3]

Film ini menampilkan lagu "Hakuna Matata" dari film pertama, yang ditampilkan baik sebagai rekaman soundtrack asli di album soundtrack dan dalam film sebagai sampul baru yang dibawakan oleh Lane dan Ernie Sabella. Soundtracknya juga terdiri dari berbagai cover lagu pop, seperti "Grazing in the Grass" The Friends of Distinction dinyanyikan oleh Raven-Symoné, "Jungle Boogie" Kool and the Gang dinyanyikan oleh Drew K. dan the French, dan "The Lion Sleeps Tonight" (yang muncul sebentar di film aslinya juga) oleh Lebo M Vinx (dan dengan sampel vokal dari Lebo M) dinyanyikan oleh "Diggah Tunnah Dance". Lagu unggulan lainnya yang tidak ada dalam soundtrack termasuk "Sunrise, Sunset" dari musikal Fiddler on the Roof dan lagu tema eponim dari acara televisi Peter Gunn disusun oleh Henry Mancini.

Film ini berisi musik asli yang disusun oleh Don L. Harper, dan juga menampilkan tema instrumentral Ennio Morricone dari filmThe Good, the Bad and the Ugly Sergio Leone.[4]

Daftar lagu
No.JudulPenyanyiDurasi
1."Grazing in the Grass"Raven-Symoné2:59
2."Diggah Tunnah Dance"Lebo M and Vinx3:53
3."That's All I Need"Nathan Lane2:29
4."Hakuna Matata"Nathan Lane, Ernie Sabella, Jason Weaver dan Joseph Williams3:33
5."The Lion Sleeps Tonight"Lebo M3:35
6."Jungle Boogie"Drew K. dan the French3:20
7."Timon's Traveling Theme"Don L. Harper1:20
8."The Good, the Bad and the Ugly"Ennio Morricone1:43
Durasi total:22:52

Nominasi dan penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Nominasi Hasil
2005 Annie Awards Best Home Entertainment Production The Lion King 1½ Menang
Music in an Animated Feature Production The Lion King 1½ Nominasi
DVD Exclusive Awards Best Animated Character Performance Nathan Lane (suara)

Alexis Stadermann (animator)

  • For Timon
Menang
Best Animated DVD Premiere Movie The Lion King 1½ Menang
Best Director (dari Film Premis DVD) Bradley Raymond Menang
Best Editing (dari Film Premis DVD) Joyce Arrastia Menang
Best Screenplay (dari Film Premis DVD) Tom Rogers Menang
Saturn Award Best DVD Release The Lion King 1½ Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Lion King 1½". Disney+. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 May 2020. Diakses tanggal 4 January 2022. 
  2. ^ "The Lion King 1½ (2004)". Rotten Tomatoes. Fandango Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 16, 2013. Diakses tanggal May 25, 2022. 
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Vulture
  4. ^ "Lion King 1 1/2 Original Soundtrack". AllMusic. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 18, 2017. Diakses tanggal June 21, 2017. 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "DisneyDVDNewsletter" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "AMLionKing12Continues" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "BWLionKing12Game" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "AMSells1.5Million" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "AMLionKingsTops2004" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]