The Lion King 1½

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Lion King 1½
Sutradara Bradley Raymond
Produser George A. Mendoza
Pemeran Nathan Lane
Ernie Sabella
Matthew Broderick
Julie Kavner
Jerry Stiller
Musik Tim Rice
Elton John
Seth Friedman
Martin Erskine
Penyunting Joyce Arrastia
Studio DisneyToon Studios
Distributor Walt Disney Home Entertainment
Tanggal rilis 10 Februari 2004 (2004-2-10)
Durasi 77 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Didahului oleh The Lion King II: Simba's Pride (1998)


The Lion King 1½ (atau The Lion King 3:Hakuna Matata di beberapa tempat) adalah film animasi yang ditayangkan DisneyToon Studios pada tanggal 10 Februari 2004. Cerita film ini berada di bioskop yang ditonton oleh duo karakter utama di film ini, Timon dan Pumbaa. Ini terlihat dari awal dan akhir film dan juga beberapa kali cerita dihentikan dengan remote oleh Timon atau Pumbaa.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film dimulai dengan musik dan Timon mencepatkan film ke bagian dirinya dan Pumbaa muncul, Pumbaa tidak setuju dan mengubahnya lagi, Timon meprotes dan melakukan hal yang sama lagi. Mereka terus seperti itu sampai mereka beride manayangkan cerita dari bagian "sebelum" awal.

Cerita dimulai dengan meerkat-meerkat sedang menggali terowongan untuk berlindung dari hyena. Timon menghancurkannya untuk keempat kalinya dalam bulan itu. Timon memberitahu ibunya tentang masalahnya. Ketika sedang berbicara, Paman Max menanyakan siapa yang akan jadi pengawas hyena, ibu Timon mengusulkan Timon dan untuk menjaga keamanan terowongan, dia diterima untuk melakukannya. Timon terlalu ingin kehidupan lain sehingga membiarkan hyena masuk, semua meerkat masuk ke terowongan mereka dan semuanya, kecuali ibu Timon memarahinya. Timon sedih dan akhirnya pergi dengan izin ibunya.

Di perjalanan, dia kebingungan dan diberitahu oleh Rafiki untuk mencari "Hakuna Matata" dan cara menemukannya, dengan "melihat sesuatu dibalik yang kau lihat". Dia mengira Pride Rock adalah tempat yang dimaksud, jadi dia pergi ke sana. Dalam perjalanan ke Pride Rock, dia bertemu babi hutan bernama Pumbaa dan berteman dengannya. Setelah itu muncul musik yang sama dengan diawal film. Ketika mereka sampai di Pride Rock, mereka menemukan disana sudah penuh karena kelahiran Simba. Timon kemudian mengira yang dimaksud adalah sebuah tempat sejuk dibalik Pride Rock. Dia tinggal di sana dengan Pumbaa.

Keesokan harinya, hewan-hewan menyanyikan lagu "I Just Can't Wait To Be King", Timon terganggu dan menghancurkan 'menara hewan-hewan' dan menindihnya, mereka pergi. Saat perjalanan, Pumbaa memberitahu Timon tentang sebuah tempat yang sangat menyenangkan, tapi Timon tidak terlalu menginginkannya dan "pergi ke tempat dibalik yang dia lihat", dan tempat yang dia kira adalah sebuah kuburan gajah, tapi disana ada hyena-hyena dan Mufasa (ayah Simba) menyerangnya. Mereka kemudian pergi ke gua yang agak aneh, bagaimanapun, Timon menyukainya karena tidak ada yang datang, tapi tiba-tiba muncul orang-orang dari Riverdance.

Setelah itu, mereka pergi ke sebuah lembah kering, mereka diserbu oleh banteng-banteng yang ingin minum di dekat sana, Timon dan Pumbaa terlempar ke sana dan tidak apa-apa, tapi berikutnya mereka jatuh dari air terjun dan baru keluar dari sana malamnya. Timon menyerah dan mengatakan ingin pulang, dia juga menyarankan Pumbaa juga melakukannya, tapi Pumbaa mengatakan dia sendirian dan tidak memiliki rumah yang menyenangkan, Timon kemudian mengakui dia juga seperti Pumbaa dan mengatakan Pumbaa adalah satu-satunya temannya dan "teman selalu bersama sampai akhir".

Keesokkan harinya, Pumbaa dan Timon menemukan "Hakuna Matata" yang merupakan tempat yang Pumbaa katakan sebelumnya dan Timon sadar apa arti sebenarnya dari "lihat apa yang ada dibalik yang kau lihat". Mereka berpesta tapi Timon lupa nama tempat yang dimaksudkan Rafiki, Pumbaa mengatakan Hakuna Matata dengan maksud lain, tapi rupanya itulah namanya, mereka (yang menonton) berkaraoke dengan mereka yang ada di cerita dengan lagu "Hakuna Matata". Di rumah lama Timon, ibu Timon diberitahu Rafiki tentang kejadian sebelumnya, ibu Timon marah karena petunjuknya tidak harfiah dan mencarinya (bersama Paman Max).

Timon dan Pumbaa menemukan Simba di gurun dan membawanya ke Hakuna Matata. Timon dan Pumbaa menjaga Simba untuk waktu yang cukup lama, ada juga beberapa tayangan ketika Simba sudah mulai tumbuh. Ketika sudah dewasa, Simba bertemu teman lamanya, Nala. Timon dan Pumbaa mencoba menghentikan Simba dan Nala jatuh cinta, tapi selalu gagal. Ketika menyerah, Simba pergi tanpa mereka ketahui alasannya. Keesokkan harinya, Nala memberitahu mereka berdua Simba pergi karena mau mengambil tahta dari pamannya, Scar yang seharusnya miliknya.

Timon dan Pumbaa bertarung tentang mereka harus membantu Simba atau tidak, Timon ingin tidak melakukannya sedangkan Pumbaa ingin kebalikannya. Pumbaa meninggalkan Timon untuk membantu Simba, Timon awalnya menyenangkan dirinya dengan sendiran, tapi lama-kelamaan dia bosan dan menyusul Pumbaa. Setelah bertemu, mereka pergi ke Pride Rock.

Di sana mereka bertemu ibu Timon dan Paman Max, bersama mereka menghadapi hyena, sedangkan Simba menghadapi Scar. Timon dan Pumbaa menjadi umpan ke tempat jebakan yang dibuat oleh ibu Timon dan Paman Max, tapi gagal ketika dipakai. Timon berlari ke tempat yang membuat rencana gagal dan membuatnya bekerja kembali dan mengalahkan hyena-hyena. Pada saat yang bersamaan, Simba berhasil mengalahkan Scar. Simba kemudian menjadi raja, Timon memberitahu ibunya dia memiliki rumah baru dan semua teman meerkatnya tinggal di sana.

Ketika cerita selesai, Pumbaa ingin menonton lagi sedangkan Timon tidak. Tiba-tiba muncul ibu Timon, Paman Max, Simba dan Rafiki yang juga ingin menonton. Dan setelah itu, banyak karakter kartun Disney muncul untuk menonton. Timon merasa ini menjadi buruk.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Nathan Lane - Timon - Salah satu anggota koloni meerkat dan sering menghancurkan terowongan. Dia pergi dan menemukan Hakuna Matata bersama temannya, Pumbaa.
  • Ernie Sabella - Pumbaa - Babi hutan yang menjadi teman Timon di film dan menemukan Hakuna Matata bersama Timon.
  • Julie Kavner - Ibu Timon - Satu-satunya meerkat yang bisa menahan amarah ketika Timon menghancurkan terowongan dan selalu mendukung Timon.
  • Jerry Stiller - Paman Max - Salah satu anggota koloni meerkat. Dia menemani ibu Timon mencari Timon.
  • Mat Weinberg (Muda), Mathew Broderick (Dewasa) - Simba - Singa yang menjadi teman Timon dan Pumbaa ketika pergi dari Pride Rock dan ketika dewasa merebut tahta dari Scar.
  • Whoopi Goldberg - Shenzi - Pemimpin dan satu-satunya trio Hyena yang membantu Scar menjadi raja.
  • Cheech Marin - Banzai - Satu dari dua laki-laki di trio hyena yang membantu Scar menjadi raja.
  • Jim Cummings - Ed - Satu dari dua laki-laki di trio hyena yang membantu Scar menjadi raja. Dia seperti berkomunikasi dengan tertawa.
  • Robert Guillaume - Rafiki - Monyet yang memberitahu Timon tentang Hakuna Matata.
  • Moira Kelly - Nala - Teman lama Simba yang nantinya menjadi istrinya.