The Florida Project

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Florida Project
The Florida Project Movie Poster.jpg
Poster film The Florida Project
SutradaraSean Baker
ProduserSean Baker
Chris Bergoch
Kevin Chinoy
Andrew Duncan
Alex Saks
Francesca Silvestri
Shih-Ching Tsou
SkenarioSean Baker
Chris Bergoch
PemeranBrooklynn Prince
Bria Vinaite
Willem Dafoe
Valeria Cotto
Christopher Rivera
Caleb Landry Jones
Macon Blair
MusikLorne Balfe
SinematografiAlexis Zabe
PenyuntingSean Baker
Perusahaan
produksi
Cre Film
Freestyle Picture Company
Cinereach
June Pictures
DistributorA24
Tanggal rilis
Durasi
111 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$2 juta[2]
Pendapatan kotor$11.303.040[3][4]

The Florida Project adalah film drama independen keluarga Amerika Serikat tahun 2017 yang disutradarai oleh Sean Baker dan diproduseri oleh Sean Baker, Chris Bergoch, Kevin Chinoy, Andrew Duncan, Alex Saks, Francesca Silvestri dan Shih-Ching Tsou. Naskah film ini ditulis oleh Sean Baker dan Chris Bergoch. Film ini dibintangi oleh Brooklynn Prince, Bria Vinaite, Willem Dafoe, Valeria Cotto, Christopher Rivera, Caleb Landry Jones dan Macon Blair.

Film The Florida Project ditayangkan secara perdana di Festival Film Cannes pada tanggal 22 Mei 2017[5][6] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 6 Oktober 2017.[7] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Ketika musim panas, Moonee (Brooklynn Prince), yang berusia enam tahun, tinggal bersama ibu mudanya, Halley (Bria Vinaite), di Magic Castle, sebuah motel di Kissimmee, Florida. Moonee menghabiskan sebagian besar waktunya dengan teman-temannya yang tinggal di motel, Scooty (Christopher Rivera) dan Dicky (Aiden Malik), tanpa pengawasan ibunya dan terlibat dalam kerusakan di motel lain, mendapatkan teguran dari turis dari bisnis terdekat dan perilaku buruk lainnya. Mereka mengundang Jancey (Valeria Cotto), anak baru yang tinggal di motel sebelah, Futureland, untuk berkumpul bersama mereka. Setelah insiden tersebut, ayah Dicky membatasinya untuk tidak bergaul dengan mereka dan keluarga tersebut akhirnya pindah ke New Orleans, membuat kelompok tersebut kecewa.

Halley tidak memiliki pekerjaan dan terlibat dalam berbagai rencana kecil untuk memenuhi kebutuhan, seperti menjual parfum ke turis di tempat parkir hotel dan meminta ibu Scooty, Ashley (Mela Murder), untuk mencuri makanan dari restoran tempat ia bekerja serta sebuah gereja lokal yang juga membawa bahan makanan bagi banyak penduduk motel yang miskin. Manajer motel, Bobby (Willem Dafoe), terpaksa berperan sebagai orang tua untuk Halley dan Moonee serta penghuni lainnya secara terus-menerus sebagai bagian dari tanggung jawabnya untuk mengelola fasilitas tersebut.

Suatu hari, Moonee, Scooty dan Jancey secara tidak sengaja membuat sebuah motel turis yang ditinggalkan terbakar. Ashley menyadari bahwa anak-anaklah yang bertanggung jawab dan menyalahkan Moonee sebagai penghasut dan memutus semua kontak antara keluarga mereka.

Halley mulai mengiklankan layanannya secara online sebagai pekerja seks komersial, mengurung Moonee di kamar mandi untuk mandi setiap kali ia memiliki klien. Bobby memperhatikan aktivitas tersebut dan menerapkan pembatasan pada tamu yang tidak terdaftar di kamar motelnya. Ketika Halley mencuri dan menjual seperangkat kartu tanda masuk tempat wisata Disney yang berharga, sang tamu kembali dan menuntutnya kembali. Bobby menengahi untuk melindungi Halley, tetapi Bobby memperingatkan Halley bahwa ia akan mengusir Halley jika prostitusinya berlanjut.

Halley mendekati Ashley untuk mencoba memperbaiki pagar sebagai awal untuk meminta uang. Dalam perkelahian selanjutnya, Halley mengalahkan Ashley di depan Scooty. Keesokan harinya, petugas Layanan Perlindungan Anak muncul di motel untuk menyelidiki Halley. Halley membersihkan kamar motel dan memberikan obat-obatan terlarangnya, tetapi ia tetap bersikap menantang. Ia membawa Moonee ke restoran hotel, di mana mereka menagih makanan ke ruang pengunjung yang membayar. Mereka kembali ke motel, di mana petugas Layanan Perlindungan Anak dan polisi menunggunya, untuk membawa Moonee ke pengasuhan sambil menunggu penyelidikan. Moonee bingung pada awalnya, tetapi ketika Moonee menyadari bahwa Moonee akan terpisah dari ibunya, ia melarikan diri untuk menemukan Jancey. Bersama-sama, entah bagaimana mereka melarikan diri ke Walt Disney World.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Brooklynn Prince sebagai Moonee, putri Halley
  • Bria Vinaite sebagai Halley, ibu Moonee
  • Willem Dafoe sebagai Bobby Hicks, ayah Jack dan manajer motel The Magic Castle
  • Valeria Cotto sebagai Jancey
  • Christopher Rivera sebagai Scooty
  • Caleb Landry Jones sebagai Jack Hicks, putra Bobby
  • Macon Blair sebagai John, seorang wisatawan
  • Josie Olivo sebagai Nenek Stacey
  • Edward "Punky" Pagan sebagai ayah Dicky
  • Sandy Kane sebagai Gloria
  • Sabina Friedman-Seitz sebagai Sarah, ketua komunitas gereja

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Florida Project mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 96%, berdasarkan 267 ulasan, dengan rating rata-rata 8,8/10.[8] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 92 dari 100, berdasarkan 44 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[9]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film The Florida Project mendapatkan $5.904.366 di Amerika Utara dan $5.398.674 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $11.303.040, melebihi anggaran produksi film $2 juta.[4]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $157.553, menempati posisi ke-27 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Florida Project (15)". British Board of Film Classification. October 31, 2017. Diakses tanggal April 26, 2018. 
  2. ^ O'Falt, Chris. "The Florida Project: How Sean Baker Almost Lost His Film Crew - IndieWire". www.indiewire.com. Diakses tanggal October 14, 2017. 
  3. ^ a b "The Florida Project (2017)". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 23, 2017. 
  4. ^ a b "The Florida Project (2017)". The Numbers. Diakses tanggal December 23, 2017. 
  5. ^ "Fortnight 2017: The 49th Directors' Fortnight Selection". Quinzaine des Réalisateurs. Diakses tanggal April 20, 2017. 
  6. ^ Elsa Keslassy (April 19, 2016). "Cannes: Juliette Binoche-Gerard Depardieu Drama to Kick Off Directors Fortnight". Variety. Diakses tanggal April 20, 2017. 
  7. ^ D'Alessandro, Anthony (June 12, 2017). "Cannes Directors' Fortnight Title 'The Florida Project' Stakes Out October Date". Deadline.com. Diakses tanggal June 12, 2017. 
  8. ^ "The Florida Project (2017)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal December 23, 2017. 
  9. ^ "The Florida Project reviews". Metacritic. Diakses tanggal December 23, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]