The Farewell

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari The Farewell (film 2019))
The Farewell
Poster film The Farewell
SutradaraLulu Wang
ProduserDaniele Melia
Peter Saraf
Marc Turtletaub
Andrew Miano
Chris Weitz
Jane Zheng
Lulu Wang
Anita Gou
Ditulis olehLulu Wang
Berdasarkan
"What You Don't Know"
oleh Lulu Wang[1]
PemeranAwkwafina
Tzi Ma
Diana Lin
Zhao Shuzhen
Lu Hong
Jiang Yongbo
Penata musikAlex Weston
SinematograferAnna Franquesa Solano
PenyuntingMichael Taylor
Matthew Friedman
Perusahaan
produksi
Ray Productions
Big Beach
Depth of Field
Kindred Spirit
DistributorA24
Tanggal rilis
Durasi100 menit[2]
NegaraAmerika Serikat
BahasaBahasa Inggris
Bahasa Mandarin
Anggaran$3 juta[3]
Pendapatan
kotor
$22.485.367[4]

The Farewell adalah film drama komedi Amerika Serikat tahun 2019 yang disutradarai oleh Lulu Wang dan diproduseri oleh Daniele Melia, Peter Saraf, Marc Turtletaub, Andrew Miano, Chris Weitz, Jane Zheng, Lulu Wang dan Anita Gou. Naskah film ini ditulis oleh Lulu Wang berdasarkan cerita "What You Don't Know" karya Lulu Wang. Film ini dibintangi oleh Awkwafina, Tzi Ma, Diana Lin, Zhao Shuzhen, Lu Hong dan Jiang Yongbo.

Film The Farewell ditayangkan secara perdana di Festival Film Sundance pada tanggal 25 Januari 2019[5] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 12 Juli 2019.[6] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Penulis Tionghoa Amerika yang bercita-cita tinggi, Billi (Awkwafina), mempertahankan hubungan dekat dengan neneknya, Nai Nai (Zhao Shuzhen) (istilah yang digunakan untuk menyebut "nenek dari pihak ayah" dalam bahasa Mandarin) yang tinggal di Changchun, Tiongkok. Setelah menerima surat penolakan untuk Guggenheim Fellowship, Billi mengetahui dari orang tuanya, Haiyan (Tzi Ma) dan Jian (Diana Lin), bahwa Nai Nai telah didiagnosis menderita kanker paru-paru stadium akhir dan diperkirakan hanya memiliki beberapa bulan lagi untuk bertahan hidup.

Melalui penipuan dan penyalahgunaan hasil tes medis, diagnosis tersebut dirahasiakan dari Nai Nai sendiri. Sebaliknya, Nai Nai diberitahu bahwa kunjungan dokternya yang baru-baru ini hanya mengungkapkan tumor jinak. Pernikahan sepupu Billi, Hao Hao (Chen Han), dari Jepang telah direncanakan di Tiongkok, sebagai alasan menyatukan keluarga untuk menghabiskan waktu melakukan harapan terakhir kalinya dengan Nai Nai. Khawatir bahwa Billi akan mengungkap kebohongan pada neneknya, Haiyan dan Jian menyuruhnya tetap di New York City.

Billi tidak mematuhi perintah orang tuanya dan terbang ke Changchun tak lama setelah anggota keluarga lainnya tiba di sana. Billi meyakinkan orang tuanya bahwa ia tidak akan mengungkapkan diagnosis tersebut kepada Nai Nai. Sepanjang perjalanan, bagaimanapun, ia berseteru dengan anggota keluarga lainnya, termasuk dokter yang merawat neneknya, atas ketidakjujuran mereka yang disengaja terhadap neneknya.

Merasa bersalah, Billi mengungkapkan pemikiran yang bertentangan dengan orang tuanya tentang kepercayaan budaya Tiongkok yang mengakibatkan keluarga menolak untuk mengungkapkan penyakit yang mengancam jiwa seperti sang ibu pemimpin keluarga. Suatu malam, pamannya, Haibin (Jiang Yongbo), berpendapat bahwa kebohongan memungkinkan keluarga untuk menanggung beban emosional terhadap diagnosis tersebut daripada Nai Nai sendiri, sebuah praktik kolektivisme yang diakui Haibin kepada Billi berbeda dari nilai-nilai individualistis yang umum dalam budaya Barat. Billi kemudian mengetahui bahwa Nai Nai juga memberitahu kebohongan yang serupa kepada suaminya hingga kematiannya ketika ia sakit parah.

Pada hari pernikahan, Haibin dan Hao Hao menangis pada kesempatan terpisah, tetapi mereka berhasil melanjutkan sisa acara seperti yang direncanakan tanpa menimbulkan kecurigaan Nai Nai. Malam itu, Nai Nai memberi Billi angpau yang akan digunakan untuk membelanjakan uang itu sesuai keinginannya. Ketika Billi mengungkapkan kepada neneknya tentang penolakan Guggenheim Fellowship, Nai Nai mendukung Billi untuk tetap mengikuti mimpinya.

Billi menepati janjinya untuk mempertahankan kebohongan tersebut dan mengucapkan selamat tinggal kepada Nai Nai, ketika anggota keluarga lain yang berkunjung kembali ke rumah mereka di Jepang dan Amerika. Film ini mengungkapkan bahwa enam tahun setelah diagnosisnya, wanita yang diceritakan berdasarkan karakter Nai Nai masih hidup dan tetap tidak menyadari kondisinya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Awkwafina sebagai Billi Wang (王比莉)
  • Tzi Ma sebagai Haiyan Wang (王海燕), ayah Billi
  • Diana Lin sebagai Lu Jian (陆建), ibu Billi
  • Zhao Shuzhen sebagai Nai Nai (奶奶), nenek dari ayah Billi
  • Lu Hong sebagai Little Nai Nai, adik Nai Nai
  • Jiang Yongbo sebagai Haibin (海滨), kakak Haiyan
  • Chen Han sebagai Hao Hao (浩浩), putra Haibin
  • Aoi Mizuhara sebagai Aiko (爱子), kekasih Hao Hao
  • Zhang Jing sebagai Yuping, sepupu Haiyan
  • Li Xiang sebagai bibi Ling, istri Haibin
  • Yang Xuejian sebagai Mr. Li
  • Jim Liu sebagai Dr. Song

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Farewell mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 98%, berdasarkan 319 ulasan, dengan rating rata-rata 8,54/10.[7] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 89 dari 100, berdasarkan 47 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[8]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film The Farewell mendapatkan $17.695.781 di Amerika Utara dan $4.789.586 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $22.485.367, melebihi anggaran produksi film $3 juta.[4]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $355.662, menempati posisi ke-19 di box office.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What You Don't Know". This American Life. April 22, 2016. Diakses tanggal November 8, 2019. 
  2. ^ "The Farewell (PG)". British Board of Film Classification. September 10, 2019. Diakses tanggal December 5, 2019. 
  3. ^ Clark, Travis (August 3, 2019). "'The Farewell' is becoming one of 2019's top box-office success stories". Business Insider. Diakses tanggal August 3, 2019. 
  4. ^ a b c "The Farewell (2019)". Box Office Mojo. IMDb. Diakses tanggal October 20, 2019. 
  5. ^ Siegel, Tatiana (November 28, 2018). "Sundance Unveils Politics-Heavy Lineup Featuring Ocasio-Cortez Doc, Feinstein Drama". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal November 28, 2018. 
  6. ^ Erbland, Kate (February 21, 2019). "A24 Seeks Summer Box Office with Release Dates for 'The Farewell' and 'Last Black Man'". IndieWire. Diakses tanggal February 21, 2019. 
  7. ^ "The Farewell (2019)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal December 5, 2019. 
  8. ^ "The Farewell reviews". Metacritic. Diakses tanggal December 5, 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]