The Darkest Hour

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
The Darkest Hour
The Darkest Hour Theatrical Poster.jpg
Poster rilis teatrikal
Sutradara Chris Gorak
Produser Timur Bekmambetov
Tom Jacobson
Skenario Jon Spaihts
Cerita Leslie Bohem
M.T. Ahern
Jon Spaiths
Pemeran Emile Hirsch
Olivia Thirlby
Rachael Taylor
Max Minghella
Joel Kinnaman
Joshua Seth
Musik Tyler Bates
Sinematografi Scott Kevan
Penyunting Fernando Villena
Priscilla Nedd-Friendly
Doobie White
Perusahaan
produksi
Summit Entertainment
Regency Enterprises
New Regency
Bazelves Productions
The Jacobson Company
Distributor Summit Entertainment
Tanggal rilis
22 Desember 2011
Durasi
89 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $30 juta[2]
Pendapatan kotor $49,414,000 [3]

The Darkest Hour merupakan sebuah film Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2011. Film yang disutradarai oleh Chris Gorak ini pemainnya antara lain ialah Emile Hirsch, Olivia Thirlby, Rachael Taylor, Max Minghella, Joel Kinnaman dan masih banyak lagi. Film ini dirilis pada tanggal 22 Desember 2011.

Plot[sunting | sunting sumber]

Orang Amerika Serikat, Ben dan Sean (Max Minghella dan Emile Hirsch) melakukan perjalanan ke Moscow untuk menjual piranti lunak jejaring sosial. Dalam pesawat, penumpang sempat mengalami kekacauan akibat terjadinya petir di udara, namun semuanya kembali normal. They mendapati rekan kerja mereka dari Swedia, Skyler (Joel Kinnaman), telah mencuri karya mereka dan digunakan untuk membuat kesepakatan dengan pengusaha Russia. Untuk mengobati kekecewaan itu, meeka pergi ke tempat hiburan, dan bertemu Natalie (Olivia Thirlby), seorang gadis American, dan temannya dari Australia, Anne (Rachael Taylor). Lampu tiba-tiba padam dan semua pengunjung keluar dari ruaangan. Di sana mereka menyaksikan penampakan serupa aurora. Lampu cahaya berguguran dari langit lalu menghilang. Ketika seorang polisi mencoba menelusuri obyek tersebut, dia tubuhnya langsung hancur dan hilang, membuat semua pengunjung panik. Entitas tidak tampak mulai mengejar orang-orang yang lari berhamburan.

Ben, Sean, Natalie, Anne, dan Skyler bersembunyi dalam gedung selama tujuh hari, dengan persediaan makanan yang hampir menipis, kelompok ini menyusun rencana untuk pergi ke kantor Kedutaan Amerika Serikat. Di luar, mereka menyaksikan kota penuh dengan mobil tanpa ada orang di dalamnya. Kota sangat sepi, kecuali seorang wanita tua yang ketakutan dan mengingatkan mereka akan hantu. Ben dan Sean mencari dan mengamati sebuah mobil polisi dekat Red Square sementara yang lain bersembunyi dekat GUM department store shopping mall. sementara mereka membuka-buka mobil, seekor anjing menggonggong dan tiba-tiba lenyap dimakan oleh alien. Ben dan Sean berhasil bersembunyi di bawah mobil polisi ketika alien bergerak mendekat, yang diketahui melalui lampu sirine yang tiba-tiba menyala. Alien bergerak menjauh dan para pria itu berlari ke arah mall. Sean menyadari bahwa bola lampu dapat menjadi penunjuk keberadaan alien. Kelompok itu mencari pelindung di salah satu toko di mall itu. Sean dan Natalie melihat-lihat baju dan juga berlari saat mereka dikejar alien namun alien tidak dapat melihat mereka melalui dinding kaca. Sean menyusun teori bahwa alien hanya dapat melihat barang-barang elektrik yang menyala, tapi tidak dapat menembus kaca.

Kelompok itu menemukan kantor Kedutaan Amerika Serikat. Namun semuanya tampak sangat sepi, seperti tidak ada aktivitas. Kecuali Skyler, pergi ke atap untuk melihat-lihat penampakan kota dari atas. Mereka menemukan logbook yang menjelaskan bahwa telah terjadi invasi di seluruh dunia. Mereka juga menemukan sebuah radio yang menyiarkan pesan dalam bahasa Russia. Mereka mendengarkan suara tembakan senapan. Ben dan Sean berlari membantu Skylar, tapi dia terlanjur terbunuh. Ketika yang lain pergi keluar, mereka melihat cahaya di dekat apartemen dan mencoba menelusuri, sambil membawa radio yang mereka pungut. Mereka menemukan seorang perempuan muda bernama Vika dan seorang bernama Sergei, yang ahli dibidang kelistrikan. Sergei telah membuat apartemen mereka menjadi sebuah Faraday cage raksasa yang menyembunyikan setiap orang dari alien. Dia juga mengembangkan senapan microwave untuk menyerang alien, sehingga dapat terlihat bagaimana alien terbunuh. Vika dan Sergei menerjemahkan pesan, yang menyatakan bahwa sebuah nuclear submarine K-152 Nerpa sedang menunggu di Sungai Moscow untuk mengangkut dan menyelamatkan para penyintas.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

The Darkest Hour disutradarai oleh Chris Gorak dan diproduseri oleh Timur Bekmambetov.[4] Dengan anggaran produksi sebesar US$30 juta,[5] film ini dikerjakan dengan teknologi 3D, dimulai pada bulan Juli 2010, di Moscow. Proses produksi ini sempat terhenti selama tiga pekan berkaitan dengan 2010 Russian wildfires. Sampai dengan bulan September 2010, filming baru dilanjutkan. Pada bulan April 2011 tanggal rilis sempat mengalami perubahan ke 25 Desember karena ada benturan jadwal produksi di Russia.[6]

Rilis[sunting | sunting sumber]

The Darkest Hour akhirnya dirilis pada tanggal 25 Desember 2011 di Amerika Serikat, dalam format 2D, 3D dan RealD 3D. Format DVD dirilis pada tanggal 10 April 2012 oleh Summit Entertainment. Film ini juga dirilis pada 13 Januari di Inggris, sementara untuk format DVD dirilis pada 21 Mei.

Ulasan[sunting | sunting sumber]

The Darkest Hour tidak ditayangkan untuk para kritikus, dan menuai banyak ulasan negatif. Rotten Tomatoes memberikan skor 12% berdasarkan ulasan 57 kritikus.[7] Film ini dikritik dalam aspek "flatlining screenplay and the absence of even a single compelling character"[8] as well as for being "a depressing failure of imagination".[9] Budd Wilkins menulis di Slant Magazine menyebutkan bahwa "a dimwitted 3D sci-fi travesty" dan mengomplain melalui pernyataan, "Indifferently structured, Jon Spaihts's lame-brained script knows no narrative contrivance it doesn't love and, what's worse, blows its expositional load in the first 10 minutes, bringing together a quintet of cardboard cutout leads."[10] Di box office, film ini lumayan sukses, hanya menghasilkan dua kali lipat dari anggaran produksi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Darkest Hour (12A)". British Board of Film Classification. Diakses tanggal 2011-12-03. 
  2. ^ Kaufman, Amy (December 22, 2011). "Movie Projector: 'Mission: Impossible' sequel to rule Christmas". Los Angeles Times. Tribune Company. Diakses tanggal December 24, 2011. 
  3. ^ The Darkest Hour pada Box Office Mojo
  4. ^ White, James (March 5, 2010). "Chris Gorak Faces The Darkest Hour". Empire. Diakses tanggal August 10, 2010. 
  5. ^ "Emile Hirsch Joins The Darkest Hour". ComingSoon.net (CraveOnline). April 10, 2010. Diakses tanggal August 10, 2010. 
  6. ^ Kozlov, Vladimir (September 16, 2010). "Shooting resumes on 'Darkest Hour'". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal September 16, 2010. 
  7. ^ http://www.rottentomatoes.com/m/the_darkest_hour/
  8. ^ DeFore, John (2011-12-25). "The Darkest Hour: Film Review". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal 2012-01-13. 
  9. ^ Catsoulis, Jeannette (2011-12-26). "‘The Darkest Hour,’ Directed by Chris Gorak - Review - NYTimes.com". Movies.nytimes.com. Diakses tanggal 2012-01-13. 
  10. ^ Wilkins, Budd (December 27, 2011). "The Darkest Hour". Slant Magazine. Diakses tanggal January 23, 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]