The Cook

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Cook
Film poster
SutradaraRoscoe Arbuckle
ProduserJoseph M. Schenck
Ditulis olehRoscoe Arbuckle
PemeranRoscoe Arbuckle
Buster Keaton
Al St. John
Alice Lake
Glen Cavender
SinematograferGeorge Peters
PenyuntingHerbert Warren
DistributorParamount Pictures
Tanggal rilis
  • 15 September 1918 (1918-09-15)[1]
Durasi22 minutes
NegaraUnited States
BahasaAntarjudul Inggris

The Cook merupakan film pendek bisu bergenre komedi asal Amerika Serikat yang tayang pada tahun 1918. Film The Cook ditulis, disutradarai dan dibintangi oleh Roscoe "Fatty" Arbuckle bersama Buster Keaton. Film ini mengusung komedi slapstick yang berfokus pada kejadian di restoran mewah dengan peran Arbuckle sebagai koki dan Keaton sebagai pelayan.

The Cook menjadi dikenal karena memparodikan adegan film karya Theda Bara yang berjudul Salomé pada tahun 1918, dimana Arbuckle menari-nari dengan sosis, panci serta wajan. Adegan dalam film juga berisi banyak parodi makanan, sekaligus menjadi parodi kesenangannya Arbuckle yang dapat diterima baik oleh Keaton.[2] Film The Cook berlokasi di The Pike dan berlokasi di studio film Balboa Amusement Producing Company.[3]

Plot[sunting | sunting sumber]

Fatty merupakan kepala koki di restoran "Bull Pup" dan Keaton menjabat sebagai asisten koki. Saat malam kebaktian sedang berlangsung, Keaton dan Fatty menghibur orang-orang dengan tarian mereka (meskipun banyak piring dan botol di restoran tersebut pecah saat kegiatan tersebut berlangsung). Kegembiraan seketika hancur ketika seorang gelandangan (kredit film disebut sebagai "Holdup Man", diperankan oleh Al St. John) mulai merusak suasana restoran, hal ini dimulai ketika Holdup Man mulai menari dengan pelayan (Alice Lake) yang tidak dihendakinya. Fatty, Keaton serta Manajer merasa tidak nyaman kepada "Holdup Man" tersebut, lalu penjahat tersebut kemudian serang oleh anjing Fatty yang bernama Luke. Setelah kejadian itu Fatty dan Keaton bergabung dengan sepasang pria di meja makan untuk makan sepiring besar Spageti. Mereka memakan dengan cara yang tidak benar, melakukannya menggunakan metode mereka sendiri, seperti spagheti yang sangat panjang dipotong dengan gunting agar lebih pendek agar bisa di makan.

Keesokan harinya Fatty merencanakan perjalanan dengan memancing dengan Luke, disaat yang sama Keaton mengajak pelayan berkencan ke taman bermain. Fatty lewat jalan pintas melalui taman bermain serta menjatuhkan beberapa orang dengan pancing panjangnya sebelum tiba di pantai. Di lain peristiwa, Pelayan akhirnya terpisah dengan Keaton karena Pelayan tersebut dikejar oleh "Holdup Man" di taman bermain, sampai pelayan tersebut jatuh dari atas roller coaster dan terjun ke laut. Lalu, "Holdup Man" dikejar lagi oleh Luke, lalu Keaton dan Fatty berusaha menyelamatkan pelayan, pada akhirnya mereka menemukan tali, secara cepat tali itu dilemparkan Keaton ke pelayan, karena tali tersebut belum dikaitkan ke penyangga dan dipegang langsung oleh Fatty membuat mereka ikut terjatuh dari dermaga.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Status Preservasi dan Restorasi[sunting | sunting sumber]

Film ini diyakini sebagai film yang hilang selama beberapa dekade, akhirnya film tersebut ditemukan dalam bentuk cetakan nitrat yang rusak di Norwegian Film Archive pada tahun 1998 di dalam sebuah tabung tanpa tanda bersama film A Reckless Romeo (1917).[4] Rekaman lainnya dengan 600 tambahan rekaman kaki (sekitar delapan menit) telah ditemukan di EYE Film Institute Netherlands pada tahun 2002, lalu digabungkan dengan merujuk sinopsis dari Library of Congress dalam pembuatan versi restorasinya, meskipun masih ada adegan yang hilang.[4][5] Versi dari film ini telah tersedia di format DVD dengan judul The Cook and Other Treasures.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Knopf, Robert (2 August 1999). The theater and cinema of Buster Keaton. Princeton University Press. hlm. 181. ISBN 978-0-691-00442-6. Diakses tanggal 21 October 2010. 
  2. ^ Neibaur, James L. (2007), Arbuckle and Keaton: Their 14 Film Collaborations, Jefferson, North Carolina: McFarland & Company, Inc, Publishers, ISBN 978-0-7864-2831-1 
  3. ^ "The Cook – Balboa Research". 
  4. ^ a b Susan King (February 17, 2003). "Restoring highlights of bygone eras". Los Angeles Times. 
  5. ^ The genius of Buster Keaton: the short films collection DVD. Kino. 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]