The Burmese Harp (film 1956)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Burmese Harp
SutradaraKon Ichikawa
ProduserMasayuki Takagi
Ditulis olehMichio Takeyama (novel),
Natto Wada
PemeranRentarō Mikuni,
Shôji Yasui,
Jun Hamamura
Penata musikAkira Ifukube
Perusahaan
produksi
DistributorBrandon Films (USA)
Tanggal rilis
(bagian 1) 21 Jan 1956; (bagian 2) 12 Feb 1956 (Jepang)[1]
Durasi143 menit (Jepang)
116 menit (negara lainnya)
NegaraJepang
BahasaJepang

The Burmese Harp (ビルマの竪琴, Biruma no tategoto, alias Harpa dari Burma) adalah sebuah film hitam-putih Jepang 1956 yang disutradarai oleh Kon Ichikawa. Film tersebut berdasarkan pada novel anak-anak dengan nama yang sama yang ditulis oleh Michio Takeyama. Film tersebut adalah film pertama Ichikawa yang ditayangkan di luar Jepang,[1] dan merupakan "salah satu film pertama yang menggambarkan efek dari Perang Dunia II dari sudut pandang angkatan darat Jepang."[2] Film tersebut dinominasikan pada Academy Award 1957 untuk Film Berbahasa Asing Terbaik, pada tahun pertama kategori tersebut dibuat.[3]

Pada 1985, Ichikawa membuat ulang film tersebut dalam keadaan berwarna dengan aktor-aktor yang berbeda.

Alur[sunting | sunting sumber]

Private Mizushima (Shôji Yasui), seorang prajurit Jepang, menjadi pemain harpa (atau saung) dari kelompok Kapten Inouye (Rentarō Mikuni), yang terdiri dari para prajurit yang bertarung dan menyanyi untuk meningkatkan semangat pada saat Kampanye Burma Perang Dunia II.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Di Jepang, Nikkatsu, sebuah studio yang dikomisionerkan film tersebut, merilis film tersebut dalam dua bagian, pada tiga minggu yang terpisah. Bagian pertama (berjalan selama 63 menit) ditayangkan pada 21 Januari 1956, dan bagian kedua (80 menit) ditayangkan pada 12 Februari, keduanya dilabeli dengan label film B.[1] Total waktu penayangannya yang berjalan selama 143 menit dipotong menjadi 116 menit untuk perilisan ulang dan ekspor.[1]

Sambutan[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama rayns07
  2. ^ "The Burmese Harp (Biruma no tategoto)". BBC Four. 22 Agustus 2002. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-10-02. Diakses tanggal 2010-07-10. A compassionate, anti-war film (yet refusing to enter into any cinematic discussion of where to lay blame), this is one of the first films to portray the decimating effects of the war from the point of view of the Japanese army. 
  3. ^ a b "The 29th Academy Awards (1957) Nominees and Winners". oscars.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-10-01. Diakses tanggal 2011-10-24. 
  4. ^ The Burmese Harp (1956) di IMDb (dalam bahasa Inggris)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]