Kampanye Burma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kampanye Burma
Bagian dari Perang Pasifik selama Perang Dunia II

Prajurit Sikh dari Divisi Infanteri India ke-7 di sebuah pos pengamatan di Ngakyedauk Pass, Februari 1944
Tanggal14 Desember 1941 – 13 September 1945
LokasiBurma dan India
Hasil Kemenangan Sekutu
Perubahan
wilayah
Pembubaran Negara Burma dan pemulihan Peraturan Inggris
Pihak terlibat

Sekutu:

Blok Poros:

Kekaisaran Jepang

Thailand
Tokoh dan pemimpin
  • Shōjirō Iida
  • Masakazu Kawabe
  • Heitarō Kimura
  • Renya Mutaguchi
  • Ba Maw
  • Aung San (1941–1945)
  • Subhas C. Bose
  • P. Phibunsongkhram
  • J.R. Seriroengrit
  • Kekuatan
    1942–1943
    Republik Tiongkok (1912–1949) 95,000[ii]
    Britania RayaKemaharajaan Britania 42,000–47,000[5]
    1944–1945
    Britania RayaKemaharajaan Britania 1,000,000[iii][6]
    Republik Tiongkok (1912–1949) 250,000[iv][7][8][9]
    Amerika Serikat 12,000[10][v]
    15,000[vi][11]
    1942–1943
    ~300,000[12]
    Thailand 35,000[13]
    23,000 (1942)[14]
    1944–1945
    316,700 (1944)[15]
    43,000 (1945)

    Kampanye Burma adalah serangkaian pertempuran yang terjadi di koloni Britania di Burma, palagan Perang Dunia II Asia Tenggara, yang melibatkan pasukan Kerajaan Britania bersama Republik Tiongkok dan dukungan dari Amerika Serikat, melawan pasukan Kekaisaran Jepang, Thailand, dan unit kolaborator seperti Tentara Kemerdekaan Burma yang mempelopori serangan awal terhadap pasukan Britania, serta Tentara Nasional India. Kekuatan pasukan Kerajaan Britania memuncak dengan jumlah sekitar 1.000.000 pasukan darat dan udara, yang berasal terutama dari Kemaharajaan Britania, dengan pasukan Angkatan Darat Britania (setara dengan 8 divisi infanteri reguler dan 6 resimen tank),[16] 100.000 pasukan kolonial Afrika Timur dan Barat, dan sejumlah kecil pasukan darat dan udara dari beberapa Dominion dan Koloni lainnya.

    Karakteristik geografis wilayah Burma berarti bahwa unsur seperti cuaca, penyakit, dan medan memiliki pengaruh besar pada operasi-operasi militer. Kurangnya infrastruktur transportasi menekankan pada teknik militer (zeni) dan transportasi udara untuk memindahkan dan memasok pasukan, serta kemampuan SAR. Kampanye Burma juga dianggap kompleks secara politik sebab Britania, Amerika Serikat, dan Cina memiliki prioritas strategis yang berbeda-beda.

    Iklim daerah didominasi oleh musim hujan musiman, yang menyebabkan kampanye yang efektif hanya mungkin dilakukan selama setengah tahun. Hal ini bersama dengan faktor-faktor lain seperti kelaparan dan kekacauan di Kemaharajaan Britania dan prioritas yang diberikan oleh Sekutu untuk mengalahkan Jerman Nazi memperpanjang kampanye dan membaginya menjadi empat fase: invasi Jepang yang menyebabkan pengusiran pasukan Britania, India, dan Cina pada tahun 1942, upaya Sekutu yang gagal untuk melancarkan serangan ke Burma dari akhir 1942 hingga awal 1944, invasi Jepang 1944 ke India yang akhirnya gagal setelah pertempuran Imphal dan Kohima, dan akhirnya serangan Sekutu yang berhasil berhasil merebut kembali Burma dari akhir 1944 hingga pertengahan 1945.

    Penaklukan Jepang atas Burma[sunting | sunting sumber]

    Tujuan Jepang di Burma awalnya terbatas pada perebutan Rangoon (sekarang dikenal sebagai "Yangon"), ibukota dan pelabuhan utama. Ini akan menutup jalur suplai darat ke Cina dan memberikan benteng strategis untuk mempertahankan keuntungan Jepang di Malaya Britania dan Hindia Belanda. Angkatan Darat ke-15 Jepang di bawah Letnan Jenderal Shōjirō Iida, yang awalnya hanya terdiri dari dua divisi infantri, pindah ke Thailand utara (yang telah menandatangani perjanjian persahabatan dengan Jepang), dan melancarkan serangan terhadap pegunungan berbalut hutan ke provinsi Tenasserim di Burma selatan (sekarang Wilayah Tanintharyi) pada Januari 1942.

    Dalam menghadapi laju pasukan Jepang, sejumlah besar orang India, Anglo-India, dan Anglo-Burma meninggalkan Burma, sekitar 600.000 pada musim gugur 1942, yang sampai saat itu merupakan salah satu migrasi massal terbesar dalam sejarah. Sekitar 80.000 dari mereka yang pergi akan mati karena kelaparan, kelelahan, dan penyakit.[17] Beberapa pembantaian terburuk di Burma selama Perang Dunia II tidak dilakukan oleh Jepang, tetapi oleh geng-geng Burma yang terkait dengan Tentara Kemerdekaan Burma.[17]

    Jepang berhasil menyerang Kawkareik Pass dan merebut pelabuhan Moulmein di mulut Sungai Salween setelah mengatasi perlawanan yang keras. Mereka kemudian maju ke utara, melewati posisi pertahanan Britania berturut-turut. Pasukan Divisi Infantri India ke-17 mencoba mundur ke Sungai Sittaung, tetapi pihak Jepang mencapai jembatan yang vital sebelum mereka melakukannya. Pada 22 Februari, jembatan itu dibongkar untuk mencegah penguasaannya, sebuah keputusan yang sangat kontroversial.

    Kalahnya dua brigade Divisi India ke-17 berarti Yangon tidak dapat dipertahankan. Jenderal Archibald Wavell, panglima tertinggi Komando Amerika-Britania-Belanda-Australia, tetap memerintahkan Yangon dipertahankan karena ia mengharapkan bala bantuan besar datang dari Timur Tengah. Meskipun beberapa unit tiba, serangan balasan gagal dan komandan baru Angkatan Darat Burma (Jenderal Harold Alexander), memerintahkan kota itu untuk dievakuasi pada 7 Maret setelah pelabuhan dan kilang minyaknya hancur. Sisa-sisa Angkatan Darat Burma pecah ke utara, nyaris lolos dari pengepungan.

    Di bagian timur depan, dalam Pertempuran Jalur Yunnan-Burma, Divisi ke-200 Tiongkok menahan Jepang untuk sementara waktu di sekitar Toungoo, tetapi setelah jatuh jalan itu terbuka untuk pasukan bermotor dari Divisi ke-56 Jepang untuk menghancurkan Angkatan Darat ke-6 Tiongkok di timur di Negara Bagian Karenni dan maju ke utara melalui Negara Bagian Shan untuk merebut Lashio, mengalahkan garis pertahanan Sekutu dan memotong pasukan Cina dari Yunnan. Dengan runtuhnya seluruh garis pertahanan, hanya ada sedikit pilihan yang tersisa selain mundur ke India atau ke Yunnan.

    Serangan Jepang ke perbatasan India[sunting | sunting sumber]

    Setelah jatuhnya Yangon pada bulan Maret 1942, Sekutu berusaha untuk membuat pertahanan di utara negara itu (Burma Atas), yang diperkuat oleh Pasukan Ekspedisi Tiongkok. Jepang juga diperkuat oleh dua divisi yang disediakan oleh perebutan Singapura dan mengalahkan Korps Burma dan pasukan Tiongkok. Sekutu juga dihadapkan dengan semakin banyaknya pemberontak Burma dan pemerintahan sipil yang mogok di daerah-daerah yang masih mereka kuasai. Dengan pasukan mereka terputus dari hampir semua sumber pasokan, para komandan Sekutu akhirnya memutuskan untuk mengevakuasi pasukan mereka dari Burma. Pada 16 April, di Burma, 7.000 tentara Britania dikepung oleh Divisi ke-33 Jepang selama Pertempuran Yenangyaung dan diselamatkan oleh Divisi ke-38 Tiongkok.[18]

    Gerakan mundur tersebut dilakukan dalam keadaan yang sangat sulit. Para pengungsi yang kelaparan, orang-orang yang tersesat, dan orang-orang sakit dan terluka menyumbat jalan-jalan dan jalur-jalur primitif menuju India. Korps Burma berhasil mencapai Imphal, di Manipur di India, sesaat sebelum musim hujan pecah pada Mei 1942, setelah kehilangan sebagian besar peralatan dan transportasi mereka. Di sana, mereka mendapati diri mereka hidup di tempat terbuka di bawah hujan lebat dalam keadaan yang sangat tidak sehat. Pihak militer dan otoritas sipil di India sangat lamban menanggapi kebutuhan pasukan dan pengungsi sipil.

    Karena kurangnya komunikasi, ketika Britania mundur dari Burma, hampir tidak ada orang Tiongkok yang tahu tentang gerakan mundur itu. Menyadari bahwa mereka tidak dapat menang tanpa dukungan Britania, beberapa Pasukan X yang dibuat oleh Chiang Kai-shek melakukan gerakan mundur tergesa-gesa dan tidak terorganisir ke India, di mana mereka ditempatkan di bawah komando Jenderal Amerika Joseph Stilwell. Setelah pulih mereka diperlengkapi kembali dan dilatih kembali oleh instruktur Amerika. Sisa pasukan Tiongkok mencoba kembali ke Yunnan melalui hutan pegunungan terpencil dan dari jumlah ini, setidaknya setengahnya mati.

    Pasukan Thailand memasuki Burma[sunting | sunting sumber]

    Sesuai dengan aliansi militer Thailand dengan Jepang yang ditandatangani pada 21 Desember 1941, pada 21 Maret Thailand dan Jepang juga sepakat bahwa Negara Bagian Kayah dan Negara Bagian Shan akan berada di bawah kendali Thailand. Sisa wilayah Burma yang lain akan berada di bawah kendali Jepang.

    Unsur-unsur utama Tentara Phayap Thailand di bawah Jenderal JR Seriroengrit melintasi perbatasan ke Negara Bagian Shan pada 10 Mei 1942. Tiga divisi infanteri Thailand dan satu divisi kavaleri, dipelopori oleh kelompok pengintai lapis baja dan didukung oleh Angkatan Udara Kerajaan Thailand, melibatkan Divisi ke-93 Tiongkok yang mundur. Kengtung, tujuan utama, direbut pada 27 Mei. Pada tanggal 12 Juli, Jenderal Phin Choonhavan, yang akan menjadi gubernur militer Thailand di Negara Bagian Shan kemudian dalam perang memerintahkan Divisi ke-3 Tentara Phayap dari bagian selatan Negara Bagian Shan untuk menduduki Negara Bagian Kayah dan mengusir Divisi ke-55 Tiongkok dari Loikaw. Pasukan Tiongkok tidak dapat mundur karena rute ke Yunnan dikendalikan oleh pasukan Poros dan banyak tentara Tiongkok ditangkap. Thailand tetap mengendalikan Negara Bagian Shan hingga akhir perang. Pasukan mereka menderita kekurangan pasokan dan penyakit, tetapi tidak menjadi sasaran serangan Sekutu.

    Kemunduran Sekutu, 1942-1943[sunting | sunting sumber]

    Pasukan India memindahkan amunisi dalam kondisi yang sangat berlumpur saat dalam perjalanan menuju Tamu, 1943.

    Jepang tidak memperbarui serangan mereka setelah musim hujan berakhir. Mereka menempatkan pemerintah Burma yang secara nominal independen di bawah Ba Maw, dan mereformasi Tentara Kemerdekaan Burma secara lebih teratur sebagai Tentara Nasional Burma di bawah Jenderal Aung San. Dalam praktiknya, baik pemerintah maupun tentara dikontrol secara ketat oleh otoritas Jepang.

    Di pihak Sekutu, operasi di Burma selama sisa tahun 1942 dan 1943 merupakan studi tentang frustrasi militer. Britania hanya dapat mempertahankan tiga kampanye aktif, dan pelaksanaan serangan langsung di Timur Tengah dan Timur Jauh terbukti mustahil karena kurangnya sumber daya. Timur Tengah diberikan prioritas, lebih dekat dengan tanah air dan sesuai dengan kebijakan "German First" di London dan Washington.

    Pembangunan Sekutu juga terhambat oleh keadaan India Timur yang tidak teratur pada saat itu. Ada protes kekerasan "Keluar dari India" di Bengal dan Bihar,[19] yang membutuhkan sejumlah besar pasukan Britania untuk dapat menekannya. Ada juga bencana kelaparan yang menghancurkan di Benggala, yang mungkin telah menyebabkan 3 juta kematian karena kelaparan, penyakit, dan paparan. Dalam kondisi kekacauan seperti itu, sulit untuk memperbaiki jalur komunikasi yang tidak memadai ke garis depan di Assam atau memanfaatkan industri lokal untuk keperluan perang. Upaya untuk meningkatkan pelatihan pasukan Sekutu memakan waktu dan di wilayah depan, moral yang buruk dan penyakit endemik digabungkan untuk mengurangi kekuatan dan efektivitas unit-unit pertempuran.

    Meskipun demikian, Sekutu melancarkan dua operasi selama musim kemarau 1942–1943. Yang pertama adalah serangan kecil ke pesisir Provinsi Arakan di Burma. Tentara India Timur bermaksud untuk menduduki kembali semenanjung Mayu dan Pulau Akyab, yang memiliki lapangan terbang penting. Sebuah divisi bergerak maju ke Donbaik, hanya beberapa mil dari ujung semenanjung tetapi dihentikan oleh pasukan Jepang yang kecil namun kuat. Pada tahap perang ini, Sekutu kekurangan sarana dan kemampuan taktis untuk mengatasi bunker Jepang yang dibangun dengan kuat. Serangan Britania dan India yang berulang gagal dengan banyak korban. Bala bantuan Jepang tiba dari Burma Tengah dan menyeberangi sungai dan pegunungan yang telah dinyatakan Sekutu tidak dapat dilalui, untuk menyerang sayap kiri Sekutu yang terbuka dan menyerbu beberapa unit. Pasuka Britania yang kelelahan tidak dapat mempertahankan garis pertahanan apapun dan terpaksa meninggalkan banyak peralatan dan mundur hampir ke perbatasan India.

    Tindakan kedua bersifat kontroversial. Di bawah komando Brigadir Orde Wingate, unit penetrasi jarak jauh yang dikenal sebagai Chindits menyusup melalui garis depan Jepang dan berbaris jauh ke Burma, dengan tujuan awal memotong jalur kereta api utara-selatan utama di Burma dalam sebuah operasi dengan nama sandi Operasi Longcloth. Sekitar 3.000 tentara memasuki Burma dalam banyak kolom. Mereka merusak komunikasi Jepang di Burma utara, memutus jalur kereta api selama mungkin dua minggu tetapi mereka menderita banyak korban. Meskipun hasilnya dipertanyakan, operasi tersebut digunakan untuk efek propaganda, terutama untuk bersikeras bahwa tentara Britania dan India dapat hidup, bergerak, dan bertempur seefektif Jepang di hutan, melakukan banyak hal untuk memulihkan moral di antara pasukan Sekutu.

    Keseimbangan bergeser 1943–1944[sunting | sunting sumber]

    Dari Desember 1943 hingga November 1944, keseimbangan strategis kampanye Burma bergeser secara meyakinkan. Peningkatan dalam kepemimpinan, pelatihan, dan logistik Sekutu, bersama dengan daya tembak yang lebih besar dan peningkatan superioritas udara Sekutu, memberi pasukan Sekutu kepercayaan diri yang sebelumnya tidak mereka miliki. Di Arakan, Korps India XV bertahan, dan kemudian pecah, serangan balasan Jepang, sementara invasi Jepang ke India mengakibatkan kerugian besar yang tak tertahankan dan pengusiran Jepang kembali ke seberang Sungai Chindwin.

    Rencana Sekutu[sunting | sunting sumber]

    Lord Louis Mountbatten, Panglima Tertinggi Sekutu, terlihat selama turnya di Front Arakan pada Februari 1944

    Pada Agustus 1943, Sekutu membentuk Komando Asia Tenggara (SEAC), komando gabungan baru yang bertanggung jawab atas Teater Asia Tenggara, di bawah Laksamana Lord Louis Mountbatten. Pelatihan, perlengkapan, kesehatan, dan moral pasukan Sekutu di bawah Angkatan Darat ke-14 Britania di bawah Letnan Jenderal William Slim meningkat, begitu pula dengan kapasitas jalur komunikasi di India Timur Laut. Inovasi adalah penggunaan pesawat secara ekstensif untuk mengangkut dan memasok pasukan.

    SEAC harus mengakomodasi beberapa rencana saingan, banyak di antaranya harus dibatalkan karena kurangnya sumber daya. Pendaratan amfibi di Kepulauan Andaman (Operasi "Pigstick") dan di Arakan ditinggalkan ketika kapal pendarat yang ditugaskan ditarik kembali ke Eropa sebagai persiapan untuk Pendaratan Normandia.

    Upaya besar dimaksudkan untuk dilakukan oleh pasukan China yang terlatih di Komando Area Tempur Utara (NCAC) di bawah Jenderal Joseph Stilwell, untuk menutupi pembangunan Jalan Ledo. Orde Wingate secara kontroversial memperoleh persetujuan untuk pasukan Chindit yang sangat diperluas, yang diberi tugas membantu Stilwell dengan mengganggu jalur pasokan Jepang ke front utara. Chiang Kai-shek juga setuju dengan keengganan untuk melancarkan serangan dari Yunnan.

    Di bawah Angkatan Darat ke-14 Britania, Korps XV India bersiap untuk memperbarui serangan di provinsi Arakan, sementara Korps IV meluncurkan serangan tentatif dari Imphal di tengah front panjang untuk mengalihkan perhatian Jepang dari serangan lainnya.

    Rencana Jepang[sunting | sunting sumber]

    Letnan Jenderal Kawabe, komandan Angkatan Darat Wilayah Burma Jepang

    Kira-kira pada waktu yang sama SEAC didirikan, Jepang membentuk Angkatan Darat Wilayah Burma di bawah Letnan Jenderal Masakazu Kawabe, yang mengambil alih komando Angkatan Darat ke-15 dan Angkatan Darat ke-28 yang baru dibentuk.[butuh rujukan]

    Komandan baru Angkatan Darat ke-15, Letnan Jenderal Renya Mutaguchi ingin sekali melakukan serangan terhadap India. Angkatan Darat Wilayah Burma awalnya membatalkan ide ini, tetapi menemukan bahwa atasan mereka di Markas Besar Grup Angkatan Darat Ekspedisi Selatan di Singapura tertarik pada hal itu. Ketika staf Grup Angkatan Darat Ekspedisi Selatan diyakinkan bahwa rencana itu pada dasarnya berisiko, mereka lalu menemukan bahwa Markas Besar Kekaisaran Jepang di Tokyo mendukung rencana Mutaguchi.[butuh rujukan]

    Jepang dipengaruhi sampai tingkat yang tidak diketahui oleh Subhas Chandra Bose, komandan Tentara Nasional India (INA). Pasukan ini sebagian besar terdiri dari tentara India yang telah ditangkap di Malaya atau Singapura, dan orang India (Tamil) yang tinggal di Malaya. Atas dorongan Bose, kontingen substansial dari INA bergabung di Chalo Delhi ini ("Pawai di Delhi"). Baik Bose maupun Mutaguchi menekankan keuntungan yang akan diperoleh dengan serangan yang berhasil ke India. Dengan keraguan beberapa atasan dan bawahan Mutaguchi, Operasi U-Go diluncurkan.[20]

    Front Utara dan Yunnan 1943-44[sunting | sunting sumber]

    Pasukan Stilwell (dijuluki X Force) awalnya terdiri dari dua divisi Tiongkok dipersenjatai Amerika dengan batalyon Tank Ringan M3 berawak Tionghoa dan brigade penetrasi jarak jauh Amerika yang dikenal sebagai "Merrill's Marauders".

    Pada tahun 1943 invasi Tentara Phayap Thailand menuju ke Xishuangbanna di Tiongkok, tetapi dihalau kembali oleh kekuatan nasionalis Tiongkok.

    Pada bulan Oktober 1943 Divisi ke-38 Tiongkok yang dipimpin oleh Sun Li-jen mulai bergerak maju dari Ledo, Assam menuju Myitkyina dan Mogaung sementara para insinyur Amerika dan buruh India memperpanjang Jalan Ledo di belakang mereka. Divisi ke-18 Jepang berulang kali dikepung oleh Marauders dan terancam akan dikepung.

    Pengangkutan udara India–Tiongkok mengirimkan sekitar 650.000 ton material ke Tiongkok dengan memakan korban 1.659 orang dan 594 pesawat.

    Dalam Operasi Thursday, pasukan Chindit mendukung Stilwell dengan menghalangi komunikasi Jepang di wilayah Indaw. Sebuah brigade mulai berbaris melintasi Pegunungan Patkai pada 5 Februari 1944. Pada awal Maret tiga brigade lainnya diterbangkan ke zona pendaratan di belakang garis Jepang oleh Angkatan Udara Kerajaan dan USAAF dan mendirikan benteng pertahanan di sekitar Indaw.

    Sementara itu, pasukan Tiongkok di front Yunnan (Y Force) melancarkan serangan mulai paruh kedua April, dengan hampir 75.000 tentara menyeberangi Sungai Salween pada front selebar 300 kilometer (190 mi). Segera setelahnya, sekitar dua belas divisi Tiongkok yang terdiri dari 175.000 orang, di bawah Jenderal Wei Lihuang, menyerang Divisi ke-56 Jepang. Pasukan Jepang di Utara sekarang berperang di dua front di Burma Utara.

    Pada tanggal 17 Mei, kendali Chindit berpindah dari Slim ke Stilwell. Chindit sekarang berpindah dari daerah belakang Jepang ke pangkalan baru yang lebih dekat ke front Stilwell, dan diberi tugas tambahan oleh Stilwell yang tidak sesuai dengan perlengkapan mereka. Mereka berhasil mencapai beberapa tujuan misi, tetapi dengan mengorbankan banyak pasukan. Pada akhir Juni, mereka telah bergabung dengan pasukan Stilwell, tetapi kelelahan dan ditarik ke India.

    Juga pada tanggal 17 Mei, pasukan sebesar dua resimen Tiongkok, Unit Galahad (Merrill's Marauders) dan gerilyawan Kachin merebut lapangan terbang di Myitkyina.[21] Sekutu tidak segera menindaklanjuti keberhasilan ini dan Jepang mampu memperkuat kota, yang jatuh hanya setelah pengepungan yang berlangsung hingga 3 Agustus. Perebutan landasan udara Myitkyina segera membantu mengamankan jalur udara dari India ke Chongqing di atas Hump.

    Pada akhir Mei, serangan Yunnan, meskipun terhambat oleh hujan muson dan kurangnya dukungan udara, berhasil memusnahkan garnisun Tengchong dan akhirnya mencapai Longling. Bala bantuan Jepang yang kuat kemudian melakukan serangan balik dan menghentikan kemajuan Tiongkok.

    Front Selatan 1943-44[sunting | sunting sumber]

    Di Arakan, Korps XV India di bawah Letnan Jenderal Philip Christison memperbarui kemajuan di semenanjung Mayu. Deretan bukit curam menyalurkan kemajuan menjadi tiga serangan masing-masing oleh divisi India atau Afrika Barat. Divisi Infanteri India ke-5 merebut pelabuhan kecil Maungdaw pada 9 Januari 1944. Korps kemudian bersiap untuk merebut dua terowongan kereta api yang menghubungkan Maungdaw dengan Lembah Kalapanzin tetapi Jepang menyerang lebih dulu. Kekuatan yang kuat dari Divisi ke-55 Jepang menyusup ke garis Sekutu untuk menyerang Divisi Infanteri India ke-7 dari belakang, menyerbu markas divisi.

    Tidak seperti kejadian sebelumnya yang telah terjadi, pasukan Sekutu berdiri teguh melawan serangan itu dan perbekalan dijatuhkan kepada mereka dengan parasut. Dalam Pertempuran Kotak Admin dari tanggal 5 hingga 23 Februari, Jepang berkonsentrasi pada Wilayah Administratif Korps XV, dipertahankan terutama oleh pasukan komunikasi tetapi mereka tidak dapat menangani tank yang mendukung pihak bertahan, sementara pasukan dari Divisi India ke-5 menerobos Celah Ngakyedauk untuk membebaskan mereka dari kotak tersebut. Meskipun korban pertempuran kira-kira sama, hasilnya adalah kekalahan telak Jepang. Taktik penyusupan dan pengepungan mereka gagal membuat panik pasukan Sekutu dan karena Jepang tidak dapat menangkap pasokan musuh, mereka kelaparan.

    Selama beberapa minggu berikutnya, serangan Korps XV berakhir saat Sekutu berkonsentrasi di Front Tengah. Setelah merebut terowongan kereta api, Korps XV berhenti selama musim hujan.

    Invasi Jepang ke India 1944[sunting | sunting sumber]

    Kampanye Imphal dan Kohima

    Korps IV, di bawah Letnan Jenderal Geoffry Scoones, telah mendorong maju dua divisi ke Sungai Chindwin. Satu divisi dicadangkan di Imphal. Ada indikasi bahwa serangan besar Jepang sedang dibangun. Slim dan Scoones berencana untuk mundur dan memaksa Jepang untuk berperang dengan logistik mereka yang melampaui batas. Namun, mereka salah menilai tanggal serangan Jepang, dan kekuatan yang akan mereka gunakan untuk mencapai beberapa tujuan.[22]

    Angkatan Darat ke-15 Jepang terdiri dari tiga divisi infanteri dan satu detasemen seukuran brigade ("Pasukan Yamamoto"), dan awalnya merupakan resimen dari Tentara Nasional India. Mutaguchi, komandan Angkatan Darat, berencana untuk memotong dan menghancurkan divisi depan Korps IV sebelum merebut Imphal, sedangkan Divisi ke-31 Jepang mengisolasi Imphal dengan menangkap Kohima. Mutaguchi bermaksud memanfaatkan penangkapan Imphal dengan merebut kota strategis Dimapur, di lembah Sungai Brahmaputra. Jika ini dapat dicapai, jalur komunikasi ke pasukan Jenderal Stilwell dan pangkalan udara yang digunakan untuk memasok China di atas Hump akan terputus.

    Pasukan Jepang menyeberangi Sungai Chindwin pada 8 Maret. Scoones (dan Slim) terlambat untuk memerintahkan pasukan garis depan mereka untuk mundur dan Divisi Infanteri India ke-17 terjebak di Tiddim. Divisi tersebut berjuang kembali ke Imphal dengan bantuan dari divisi cadangan Scoones, yang dipasok oleh parasut. Di utara Imphal, Brigade Parasut India ke-50 dikalahkan di Sangshak oleh resimen dari Divisi ke-31 Jepang dalam perjalanannya ke Kohima. Imphal dengan demikian menjadi rentan terhadap serangan oleh Divisi ke-15 Jepang dari utara tetapi karena serangan pengalihan yang diluncurkan oleh Jepang di Arakan telah dikalahkan, Slim dapat memindahkan Divisi India ke-5 melalui udara ke Front Tengah. Dua brigade pergi ke Imphal, yang lain pergi ke Dimapur dari mana ia mengirim detasemen ke Kohima.

    Pemandangan medan perang Bukit Garnisun, kunci pertahanan Britania di Kohima

    Pada akhir minggu pertama di bulan April, Korps IV telah berkonsentrasi di dataran Imphal. Jepang melancarkan beberapa serangan selama bulan itu, yang berhasil dipukul mundur. Pada awal Mei, Slim dan Scoones memulai serangan balik melawan Divisi ke-15 Jepang di utara Imphal. Kemajuannya lambat, karena pergerakan menjadi sulit karena hujan monsun dan Korps IV kekurangan pasokan.

    Juga pada awal April, Divisi 31 Jepang di bawah Letnan Jenderal Kotoku Sato mencapai Kohima. Alih-alih mengisolasi garnisun Britania kecil di sana dan melanjutkan dengan kekuatan utamanya ke Dimapur, Sato memilih untuk merebut stasiun bukit. Pengepungan berlangsung dari 5 hingga 18 April, ketika para pasukan bertahan yang kelelahan akhirnya dibebaskan. Markas besar formasi baru, Korps XXXIII India di bawah Letnan Jenderal Montagu Stopford, sekarang mengambil alih operasi di front ini. Divisi Infanteri Britania ke-2 memulai serangan balasan dan pada tanggal 15 Mei, mereka berhasil mengalahkan Jepang dari Kohima Ridge itu sendiri. Setelah jeda di mana lebih banyak bala bantuan Sekutu tiba, Korps XXXIII memperbarui serangannya.

    Sekarang, pasukan Jepang berada di akhir daya tahan mereka. Pasukan mereka (khususnya Divisi 15 dan 31) mengalami kelaparan, dan selama musim hujan, penyakit menyebar dengan cepat di antara mereka. Letnan Jenderal Sato telah memberitahu Mutaguchi bahwa divisinya akan mundur dari Kohima pada akhir Mei jika tidak dipasok secara memadai. Terlepas dari perintah untuk bertahan, Sato memang memerintahkan untuk mundur. Pasukan garis depan Korps IV dan Korps XXXIII bertemu di Milestone 109 di jalan Dimapur-Imphal pada 22 Juni, dan pengepungan Imphal dilaksanakan.

    Pemandangan jembatan Bailey setinggi 1.100 kaki di seberang Sungai Chindwin saat hampir selesai, kurang dari 12 jam setelah Angkatan Darat Keempat Belas merebut Kalewa, 2 Desember 1944

    Mutaguchi (dan Kawabe) terus memerintahkan serangan baru. Divisi ke-33 dan Pasukan Yamamoto melakukan upaya berulang-ulang, tetapi pada akhir Juni mereka telah menderita begitu banyak korban baik dari pertempuran maupun penyakit sehingga mereka tidak dapat membuat kemajuan apa pun. Operasi Imphal akhirnya dihentikan pada awal Juli, dan Jepang mundur dengan susah payah ke Sungai Chindwin.

    Itu adalah kekalahan terbesar sampai saat itu dalam sejarah Jepang. Mereka telah menderita 50–60.000 pasukan tewas,[23] dan 100.000 atau lebih korban jiwa.[24] Sebagian besar kerugian ini adalah akibat dari penyakit, kekurangan gizi dan kelelahan. Sekutu menderita 12.500 korban, termasuk 2.269 tewas.[25] Mutaguchi membebastugaskan semua komandan divisinya, dan kemudian dirinya sendiri dicopot dari komando.

    Selama musim hujan dari Agustus hingga November, Angkatan Darat ke-14 mengejar pasukan Jepang ke Sungai Chindwin. Sementara Divisi Afrika Timur ke-11 maju ke Lembah Kabaw dari Tamu dan Divisi India ke-5 maju di sepanjang jalan pegunungan Tiddim. Pada akhir November, Kalewa telah direbut kembali, dan beberapa jembatan didirikan di tepi timur Chindwin.

    Perebutan Sekutu atas Burma 1944-1945[sunting | sunting sumber]

    Sekutu melancarkan serangkaian operasi ofensif ke Burma selama akhir 1944 sampai paruh pertama 1945. Komando di garis depan disusun ulang pada November 1944. Markas Besar Grup Angkatan Darat ke-11 digantikan oleh Angkatan Darat Sekutu Asia Tenggara dan Korps NCAC dan XV ditempatkan langsung di bawah markas baru ini. Meskipun Sekutu masih berusaha untuk menyelesaikan Jalan Raya Ledo, jelas bahwa jalan itu tidak akan mempengaruhi jalannya perang di Tiongkok.

    Jepang juga membuat perubahan besar dalam komando mereka. Yang paling penting adalah penggantian Jenderal Kawabe di Angkatan Darat Wilayah Burma oleh Hyotaro Kimura. Kimura mengacaukan rencana Sekutu dengan menolak bertempur di Sungai Chindwin. Menyadari bahwa sebagian besar formasinya lemah dan kekurangan peralatan, Kimura menarik pasukannya ke belakang Sungai Irrawaddy, memaksa Sekutu untuk memperluas jalur komunikasi mereka.

    Front selatan 1944-45[sunting | sunting sumber]

    Di Arakan, Korps XV melanjutkan kemajuannya di Pulau Akyab untuk tahun ketiga berturut-turut. Kali ini Jepang jauh lebih lemah, dan mundur seiring dengan serangan Sekutu yang bertahap. Mereka mengevakuasi Pulau Akyab pada 31 Desember 1944. Pulai itu diduduki oleh Korps XV tanpa perlawanan pada tanggal 3 Januari 1945 sebagai bagian dari Operasi Talon, pendaratan amfibi di Akyab.

    Kapal pendarat sekarang telah mencapai palagan, dan Korps XV melancarkan serangan amfibi di semenanjung Myebon pada 12 Januari 1945 dan di Kangaw sepuluh hari kemudian selama Pertempuran Bukit 170 untuk memotong pergerakan pasukan Jepang yang mundur. Terjadi pertempuran sengit hingga akhir bulan, di mana Jepang menderita banyak korban jiwa.

    Tujuan penting Korps XV adalah merebut Pulau Ramree dan Pulau Cheduba untuk membangun lapangan terbang yang akan mendukung operasi Sekutu di Burma Tengah. Sebagian besar garnisun Jepang tewas selama Pertempuran Pulau Ramree. Operasi Korps XV di daratan dibatasi untuk melepaskan pesawat angkut untuk mendukung Angkatan Darat ke-14.

    Front utara 1944-45[sunting | sunting sumber]

    NCAC melanjutkan kemajuannya pada akhir tahun 1944, meskipun semakin melemah oleh terbangnya pasukan Tiongkok ke garis depan utama di Tiongkok. Pada tanggal 10 Desember 1944, Divisi Infanteri Britania ke-36 di sayap kanan NCAC melakukan kontak dengan unit Angkatan Darat ke-14 di dekat Indaw di Burma Utara. Lima hari kemudian, pasukan Tiongkok di sayap kiri komando merebut kota Bhamo.

    NCAC melakukan kontak dengan tentara Yunnan Chiang pada tanggal 21 Januari 1945, dan Jalan Raya Ledo akhirnya dapat diselesaikan, meskipun pada titik itu nilai gunanya dipertanyakan. Chiang memerintahkan Jenderal Amerika Serikat Daniel Isom Sultan yang memimpin NCAC, untuk menghentikan kemajuannya di Lashio, yang direbut pada 7 Maret 1945. Ini merupakan pukulan telak bagi rencana Britania karena membahayakan prospek pencapaian Yangon sebelum awal musim hujan, diperkirakan pada awal Mei. Winston Churchill, Perdana Menteri Britania, mengajukan banding langsung ke kepala staf Amerika George Marshall untuk pesawat angkut yang telah ditugaskan ke NCAC untuk tetap di Burma.[26] Mulai 1 April, operasi NCAC dihentikan, dan unitnya kembali ke Tiongkok dan India. Pasukan gerilya pimpinan AS, Detasemen OSS 101, mengambil alih tanggung jawab militer NCAC yang tersisa.

    Truk dan tank Sherman dari Brigade Bermotor ke-63 maju ke Meiktila, Maret 1945.

    Front tengah 1944-45[sunting | sunting sumber]

    Angkatan Darat ke-14, sekarang terdiri dari Korps IV dan Korps XXXIII, melakukan upaya ofensif utama ke Burma. Meskipun mundurnya Jepang atas Irrawaddy memaksa Sekutu untuk sepenuhnya mengubah rencana mereka, keunggulan material Sekutu membuat serangan ini tetap dapat dilakukan. Korps IV dialihkan secara rahasia dari sayap kanan ke sayap kiri pasukan dan bertujuan untuk menyeberangi Irrawaddy di dekat Pakokku dan merebut pusat logistik Jepang Meiktila, sementara Korps XXXIII terus maju Mandalay.

    Selama Januari dan Februari 1945, Korps XXXIII merebut penyeberangan di atas Sungai Irrawaddy dekat Mandalay. Terjadi pertempuran sengit, yang menarik pasukan cadangan Jepang dan memusatkan perhatian mereka. Akhir Februari, Divisi India ke-7 memimpin Korps IV, merebut penyeberangan di Nyaungu dekat Pakokku. Divisi India ke-17 dan Brigade Tank India ke-255 mengikuti mereka menyeberang dan menyerang Meiktila. Di medan terbuka Burma Tengah, pasukan ini mengalahkan manuver Jepang dan tiba di Meiktila pada 1 Maret 1945. Kota itu direbut dalam empat hari, meskipun ada perlawanan hingga orang yang terakhir.

    Jepang pertama-tama mencoba membebaskan garnisun di Meiktila dan kemudian merebut kembali kota dan menghancurkan para pasukan bertahan. Serangan mereka tidak terkoordinasi dengan baik dan berhasil dipukul mundur. Pada akhir Maret, Jepang telah menderita banyak korban dan kehilangan sebagian besar artileri mereka, senjata antitank utama mereka. Mereka menghentikan serangan dan mundur ke Pyawbwe.

    Korps XXXIII kemudian memperbarui serangannya ke Mandalay. Daerah itu jatuh ke tangan Divisi India ke-19 pada tanggal 20 Maret, meskipun Jepang menguasai bekas benteng yang disebut Britania Fort Dufferin selama seminggu lebih lama. Sebagian besar bagian Mandalay yang signifikan secara historis dan budaya terbakar habis.

    Hasil[sunting | sunting sumber]

    Pasukan Afrika Timur di Burma, 1944. Pengalaman tentara Afrika selama perang akan merangsang perkembangan awal nasionalisme Afrika

    Hasil militer dan politik dari kampanye Burma telah diperdebatkan oleh para sejarawan. Itu disarankan oleh beberapa sejarawan Amerika[siapa?] bahwa kampanye tersebut tidak banyak berkontribusi pada kekalahan Jepang kecuali untuk mengalihkan perhatian pasukan darat Jepang yang signifikan dari China atau Pasifik, meskipun pendapat ini bersifat partisan dan diperdebatkan dengan panas.[Menurut siapa?] Mereka berpendapat bahwa mempertahankan kendali Jepang atas Burma secara militer tidak relevan dengan nasib akhir Jepang. Secara umum, pemulihan Burma dianggap sebagai kemenangan Angkatan Darat India Britania dan mengakibatkan kekalahan terbesar yang diderita tentara Jepang hingga saat itu.[butuh rujukan]

    Percobaan invasi Jepang ke India pada tahun 1944 diluncurkan dengan alasan yang tidak realistis karena setelah bencana Singapura dan hilangnya Burma pada tahun 1942, Britania terikat untuk mempertahankan India dengan segala cara. Invasi yang berhasil oleh pasukan Kekaisaran Jepang akan menjadi bencana. Operasi pertahanan di Kohima dan Imphal pada tahun 1944 sejak itu mengambil nilai simbolis yang sangat besar sebagai perputaran arus keuntungan Britania dalam perang di Timur.

    Sejarawan Amerika Raymond Callahan menyimpulkan, "Kemenangan besar Slim ... membantu Britania, tidak seperti Prancis, Belanda, atau, kemudian, Amerika, meninggalkan Asia dengan bermartabat."[27]

    Setelah perang berakhir, kombinasi dari agitasi pra-perang di antara penduduk Bamar untuk kemerdekaan dan kehancuran ekonomi Burma selama kampanye empat tahun membuat rezim sebelumnya tidak mungkin dilanjutkan. Dalam tiga tahun, Burma dan India merdeka.[butuh rujukan]

    Tujuan Amerika di Burma adalah membantu rezim Nasionalis China. Selain dari pengangkutan udara "Hump", hal ini tidak membuahkan hasil sampai menjelang akhir perang sehingga mereka memberikan sedikit kontribusi terhadap kekalahan Jepang. Upaya ini juga telah dikritik sebagai tidak membuahkan hasil karena kepentingan pribadi dan korupsi rezim Chiang Kai-Shek.[butuh rujukan]

    Lihat pula[sunting | sunting sumber]

    Referensi[sunting | sunting sumber]

    1. ^ Whelpton, John (2005). A History of Nepal (edisi ke-4th). Cambridge: Cambridge University Press. hlm. 67. ISBN 978-0-52180026-6. 
    2. ^ Singh, S. B. (1992). "Nepal and the World Warii". Proceedings of the Indian History Congress. 53: 580–585. JSTOR 44142873. 
    3. ^ The Burma Boy, Al Jazeera Documentary, Barnaby Phillips follows the life of one of the forgotten heroes of World War II, Al Jazeera Correspondent Last Modified: 22 July 2012 07:21,
    4. ^ Killingray, David (2012). Fighting for Britain: African Soldiers in the Second World War. London: James Currey Ltd. hlm. 7. ISBN 978-1847010476. 
    5. ^ >Facts on File: World War II in the China-Burma-India theater Retrieved 20 March 2016
    6. ^ Ellis, John, World War II: A Statistical Survey: The Essential Facts and Figures for All the Combatants, 1993
    7. ^ 中国抗日战争正面战场作战记 (dalam bahasa Tionghoa). hlm. 460–461. Diakses tanggal 28 December 2015. 
    8. ^ 《中缅印战场抗日战争史》,徐康明 著,解放军出版社,2007年
    9. ^ "远征军入缅作战简介_远征军入缅作战的时间死亡人数_远征军入缅作战的意义结果损失 – 趣历史 – 趣历史". Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 March 2017. Diakses tanggal 29 December 2015. 
    10. ^ McLynn, p. 1
    11. ^ Donald M. Seekins, Historical Dictionary of Burma (Myanmar) (Scarecrow Press, 2006)
    12. ^ Bayly & Harper 2005, hlm. 273.
    13. ^ Reynolds, Bruce E. (1994). Thailand and Japan's Southern Advance, 1940-1945. Palgrave Macmillan US. hlm. 116. ISBN 978-0-312-10402-3. 
    14. ^ Donald M. Seekins, Historical Dictionary of Burma (Myanmar) (Scarecrow Press, 2006), 125
    15. ^ Allen, Burma: The Longest War, p.662
    16. ^ Martin Brayley, Mike Chappell. "The British Army 1939–45 (3): The Far East". Osprey Publishing. Page 6.
    17. ^ a b Bayly & Harper 2005.
    18. ^ Slim 1956, hlm. 71–4.
    19. ^ Bayly and Harper (2005) Forgotten Armies: Britain's Asian Empire and the War with Japan (London: Penguin Books)pp.247–249
    20. ^ Allen, Burma: the Longest Campaign, pp. 157–170
    21. ^ Allen, Burma: The Longest War, pp. 364–365
    22. ^ William, Slim (February 9, 2000). Defeat into Victory: Battling Japan in Burma and India, 1942-1945 (edisi ke-First Cooper Square press edition 2000). New York, NY: First Cooper Square Press. hlm. 329-340 (Chapter XIII). ISBN 978-0-8154-1022-5. 
    23. ^ Despatch "Operations in Assam and Burma from 23RD June 1944 to 12TH November 1944" Supplement to the London Gazette, 3 March 1951 pg 1711
    24. ^ Despatch "Operations in Burma 12th November 1944 to 15th August 1945" Supplement to the London Gazette, 6 April 1951 pg 1885
    25. ^ Despatch "Operations in Burma and North East India 16th November 1943 to 22nd June 1944" Supplement to the London Gazette, 13 March 1951 pg 1361
    26. ^ Churchill (1954), Chapter 18.
    27. ^ Callahan, Raymond (1978). Burma 1942–1945: The Politics And Strategy of the Second World War. Davis-Poynter. ISBN 978-0-7067-0218-7. 

    Pranala luar[sunting | sunting sumber]


    Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-roman", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-roman"/> yang berkaitan