Tetragonia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tetragonia
Tetragonia echinata
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Genus:
Tetragonia

Spesies

Lihat teks

Sinonim
  • Tetragonocarpos
  • Demidovia
  • Tetragonella

Tetragonia adalah sebuah genus dari sekitar 85 spesies[1] tumbuhan berbunga dalam keluarga Aizoaceae, yang berasal dari daerah beriklim sedang dan subtropis, sebagian besar di Belahan Bumi Selatan, di Selandia Baru, Australia, Afrika bagian selatan, dan Amerika Selatan.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Tumbuhan dari genus ini merupakan tumbuhan herba atau perdu kecil. Daunnya bergantian dan sukulen,[2] dengan bunga biasanya berwarna kuning dan berukuran kecil. Bunga bisa berbentuk ketiak, soliter atau fasikulasi, berwarna kehijauan atau kekuningan dan sebagian besar biseksual.[1] Buah pada awalnya enak dimakan, tetapi menjadi kering dan berkayu seiring bertambahnya usia. Nama genusnya berasal dari kata tetragonus yang berarti "bersudut empat", mengacu pada bentuk buahnya.[3]

Persebaran[sunting | sunting sumber]

Sekitar empat puluh spesiesnya ditemukan di Afrika bagian selatan,[1] juga terdapat di Australia bagian selatan.[4]

Sejarah Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Genus ini pertama kali dideskripsikan secara resmi oleh ahli botani Carl Linnaeus pada tahun 1753 dalam karyanya yakni Species Plantarum.[4] Sinonim untuk genus ini yakni Tetragonocarpos, Demidovia, dan Tetragonella.

Penggunaan oleh Manusia[sunting | sunting sumber]

Spesiesnya yang paling terkenal adalah Tetragonia tetragonoides (bayam Selandia Baru). Tumbuhan ini banyak dibudidayakan sebagai sayuran berdaun musim panas.

Beberapa spesies lainnya juga dimakan secara lokal, seperti Tetragonia decumbens ("Bayam Dune") yang merupakan makanan lezat lokal di daerah asalnya di Afrika bagian selatan.[5]

Daftar Spesies[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "2403.000 Tetragonia L". Flora of Zimbabwe: Cultivated plants. 2002. Diakses tanggal 21 January 2017. 
  2. ^ "Tetragonia". FloraBase. Departemen Lingkungan dan Konservasi, Pemerintah Australia Barat. 
  3. ^ Beadle, N.C.W., Part II, Students Flora of North Eastern New South Wales, University of New England, 1972, ISBN 0-85834-040-2.
  4. ^ a b "Tetragonia L". Atlas of Living Australia. Global Biodiversity Information Facility. Diakses tanggal 21 January 2017. 
  5. ^ "PlantZAfrica.com Homepage".