Kabak (terna)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kabak
Tetragonia tetragonoides

Tetragonia tetragonioides, tumbuh di pasir, di habitat asalnya yakni di Jepang
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
OrdoCaryophyllales
FamiliAizoaceae
SubfamiliAizooideae
GenusTetragonia
SpesiesTetragonia tetragonoides
Kuntze, 1891
Tata nama
Ejaan asliTetragonia tetragoniodes
BasionimDemidovia tetragonoides (en)
Sinonim taksonTetragonia expansa


Tetragonia tetragonioides, biasa disebut bayam Selandia Baru, atau kabak[1] dan nama lokal lainnya, adalah tumbuhan berbunga dalam keluarga tin-gemitir ( Aizoaceae ). Ini sering dibudidayakan sebagai sayuran berdaun.

Ini adalah spesies yang tersebar luas, asli Asia timur, Australia, dan Selandia Baru. Ini telah diperkenalkan dan merupakan spesies invasif di banyak bagian Afrika, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. [2] Habitat aslinya adalah garis pantai berpasir dan tebing, seringkali di daerah yang terganggu.[3] Ini adalah halofit dan tumbuh dengan baik di tanah garam .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Tumbuhan kabak ini memiliki kebiasaan membuntuti, dan akan membentuk karpet tebal di tanah atau memanjat tumbuhan lain dan menggantung ke bawah. Ini dapat memiliki pertumbuhan tegak ketika muda.[4] Daun tanaman adalah 3-15 cm, berbentuk segitiga, dan berwarna hijau cerah. Daunnya tebal, ditutupi dengan papila kecil yang terlihat seperti tetesan air di bagian atas dan bawah daun. Bunga tanaman ini berwarna kuning, [5] dan buahnya berupa kapsul kecil yang keras yang ditutupi tanduk kecil.

Nutrisi[sunting | sunting sumber]

Saat dikonsumsi setelah direbus, kabak terdiri dari 95% air, 2% karbohidrat, 1% protein, dan mengandung lemak yang dapat diabaikan, sementara hanya memasok 12 kalori (tabel). Dalam jumlah referensi 100 gram, bayam sangat kaya akan vitamin K, memberikan 278% dari Nilai Harian (DV). Ini juga mengandung vitamin B6, vitamin C, dan mangan dalam jumlah yang cukup besar (18-25% DV).[butuh rujukan]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kurniadi, Moch Rizky Prasetya (2023-05-30). "2 Arti Kata Kabak di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)". KBBI. Diakses tanggal 2023-05-31. 
  2. ^ "Tetragonia tetragonioides". Invasive Species Compendium. 
  3. ^ Tetragonia tetragonioides Flora of North America
  4. ^ Tetragonia tetragonioides Flora of China
  5. ^ "Tetragonia tetragonioides". The Royal Botanic Gardens and Domain Trust. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 February 2014. Diakses tanggal 10 February 2014.