Terjun sayap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Setelan sayap terbang di atas lapangan di Inggris

Terjun sayap adalah olahraga terjun payung menggunakan setelan terjun berlengan yang disebut setelan sayap untuk menambahkan area berselaput ke tubuh penyelam dan menghasilkan peningkatan daya angkat, yang memungkinkan perpanjangan waktu udara dengan terbang meluncur daripada hanya jatuh bebas . Setelan sayap modern, pertama kali dikembangkan pada akhir 1990-an, menggunakan sepasang selaput kain yang direntangkan rata di antara lengan dan panggul / paha untuk meniru aerofoil, dan seringkali juga di antara kaki berfungsi sebagai ekor dan memungkinkan kemudi udara .

Seperti semua disiplin terjun payung, penerbang terjun sayap hampir selalu diakhiri dengan pengerahan parasut, sehingga setelan sayap dapat diterbangkan dari titik mana pun yang menyediakan ketinggian yang cukup untuk penerbangan dan penyebaran parasut – pesawat jatuh, atau titik keluar Wilayah terjun seperti tinggi tebing atau puncak gunung. Penerbang setelan sayap memakai peralatan terjun payung yang dirancang khusus untuk terjun payung atau BASE jumping. Sementara penerbangan parasut normal, pilot kanopi harus membuka ritsleting sayap lengan (setelah penyebaran) untuk dapat mencapai sakelar parasut kemudi dan mengontrol jalur penurunan.

Setelan sayap kadang-kadang disebut sebagai "Setelan manusia burung" (setelah nama merek pembuat setelan sayap komersial pertama), "setelan tupai" (dari kemiripannya dengan selaput sayap tupai terbang ), dan "baju kelelawar" (karena kemiripan dengan sayap kelelawar atau mungkin kostum pertempuran superhero buku komik ).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Franz Reichelt

Upaya awal menerbangkan setelan sayap dilakukan pada 4 Februari 1912 oleh seorang penjahit berusia 33 tahun, Franz Reichelt, yang melompat dari Menara Eiffel untuk menguji penemuan kombinasi parasut dan sayap, yang mirip dengan setelan sayap modern. Dia menyesatkan para penjaga dengan mengatakan bahwa percobaan itu akan dilakukan dengan boneka. Dia ragu-ragu cukup lama sebelum dia melompat, dan mati ketika dia membentur tanah dengan kepala lebih dulu, membuka lubang terukur di tanah beku.[1]

Setelan sayap pertama kali digunakan di AS pada tahun 1930 oleh seorang Amerika berusia 19 tahun, Rex G Finney dari Los Angeles, California . Tujuannya untuk meningkatkan pergerakan horizontal dan kemampuan manuver saat terjun payung. [2] [3] Setelan sayap awal ini menggunakan bahan seperti kanvas, kayu, sutra, baja, dan tulang ikan paus. Mereka tidak terlalu dapat diandalkan, meskipun beberapa "manusia burung", seperti Clem Sohn dan Leo Valentin, mengaku telah meluncur bermil-mil.

Setelan sayap kelelawar, pendahulu pakaian bersayap, dipamerkan dalam film tahun 1969, The Gypsy Moths, dibintangi oleh Burt Lancaster dan Gene Hackman .[4]

Pada pertengahan 1990-an, setelan sayap modern dikembangkan oleh Patrick de Gayardon dari Perancis, diadaptasi dari model yang digunakan oleh John Carta . Pada tahun 1997, Sammy Popov dari Bulgaria merancang dan membuat pakaian bersayap yang memiliki sayap lebih besar di antara kedua kaki dan sayap yang lebih panjang di lengan. Dia menguji prototipenya di terowongan angin vertikal di Las Vegas di Flyaway Las Vegas. Wingsuit Popov pertama kali terbang pada Oktober 1998, tetapi tidak pernah diproduksi secara komersial. Pada tahun 1998, Chuck "Da Kine" Priest membuat versi yang memasukkan tulang rusuk keras di dalam airfoil sayap. Meskipun sayap yang lebih kaku ini lebih mampu mempertahankan bentuknya saat terbang, hal ini membuat pakaian sayap lebih berat dan lebih sulit untuk terbang. Desain Raggs juga tidak pernah diproduksi secara komersial. Terbang bersama untuk pertama kalinya, Popov dan Raggs memamerkan desain mereka berdampingan di Konvensi Jatuh Bebas Dunia di Quincy, Illinois, pada Agustus 1999. Kedua desain tampil dengan baik. Di acara yang sama, para pelompat melakukan formasis terjun sayap dengan setelan de Gayardon, Popov, dan Raggs.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Chute mortelle d'un inventeur de parachute" [Deadly fall of a parachute inventor]. Le Temps (dalam bahasa French). Paris, FR. 6 February 1912. hlm. 4. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-02-25. Diakses tanggal 12 July 2013. 
  2. ^ Popular Science Monthly. Diarsipkan dari versi asli Parameter |archive-url= membutuhkan |url= (bantuan) tanggal 5 September 2021.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan);
  3. ^ Popular Aviation (aka Flying Magazine). Diarsipkan dari versi asli Parameter |archive-url= membutuhkan |url= (bantuan) tanggal 2 January 2014.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan);
  4. ^ "A Brief History of Wingsuiting". World Wingsuit League. 20 May 2015. Diakses tanggal 16 May 2017.