Tercio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Tercio (pengucapan bahasa Spanyol: [ˈterθjo] "third") atau Tercio Español (The Spanish Third) adalah sebuah unit militer Spanyol dari Kekaisaran Spanyol selama era dominasi Habsburg Spanyol di Eropa dan era Renaissance.

Tercio adalah sebuah formasi infanteri yang terdiri dari pikemen, prajurit pedang dan arquebusiers atau musketeer yang membentuk formasi mutualisme, dalam teori berisi 3.000 tentara, meskipun biasanya kurang dari setengah jumlah tersebut. Hal itu juga kadang-kadang disebut sebagai Spanish Square di negara-negara lain dan formasi ini juga banyak digunakan oleh pihak lain, terutama oleh tentara Kekaisaran Romawi Suci.

Tercio Spanyol adalah tentara Eropa modern pertama, dianggap sebagai pasukan sukarelawan profesional, bertentangan dengan pungutan wajib militer dan menyewa tentara bayaran yang khas di negara-negara Eropa lainnya saat itu. Perawatan yang diambil untuk mempertahankan sejumlah besar "prajurit tua" (veteran) di unit dan pelatihan profesional mereka. Dibawah kepemimpinan para Hidalgo, tercio menjadi infanteri terbaik di Eropa untuk satu setengah abad. Selain itu, tercio adalah infanteri pertama yang taktik tombak dan senjata api secara efisien. Formasi ini didominasi medan perang Eropa pada abad keenam belas dan paruh pertama abad ketujuh belas, dan dipandang oleh para sejarawan sebagai pengembangan utama dari perang senjata gabungan Modern Awal.