Tepek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Membangun tembok dari tepek

Tepek adalah bahan bangunan alami yang terbuat dari lapisan tanah bawah, air, bahan organik berserat (biasanya jerami ), dan terkadang kapur . [1] Kandungan lapisan tanah di bawahnya berbeda-beda, jika tidak mengandung campuran yang tepat, dapat dimodifikasi dengan pasir atau tanah liat. Tepek tahan api, anti rayap, tahan terhadap aktivitas seismik, [2] dan menggunakan material yang murah, meskipun sangat padat karya. Hal ini dapat digunakan untuk menciptakan bentuk seni dan pahatan, dan penggunaannya telah dihidupkan kembali dalam beberapa tahun terakhir oleh gerakan bangunan alami dan keberlanjutan .

Sejarah dan penggunaan[sunting | sunting sumber]

Beberapa bangunan buatan manusia tertua di Afghanistan terdiri dari tanah tumpat . [3] Kriya tepek ( tabya ) digunakan di Maghreb dan al-Andalus pada abad ke-11 dan ke-12, dan dijelaskan secara rinci oleh Ibnu Khaldun pada abad ke-14. [4]

Banyak bangunan tepek tua dapat ditemukan di Afrika, Timur Tengah, dan Amerika Serikat bagian barat daya seperti Taos Pueblo[ <span title="This claim needs references to reliable sources. (September 2010)">kutipan diperlukan</span> ] Sejumlah pondok tepek bertahan dari pertengahan abad ke-19 di Selandia Baru. [5]

Secara tradisional, tepek Inggris dibuat dengan mencampurkan lapisan tanah liat dengan pasir, jerami, dan air menggunakan lembu untuk menginjak-injaknya. Tanah di Inggris mengandung kapur dalam jumlah yang bervariasi, dan tepek yang terbuat dari kapur dalam jumlah banyak disebut tepek kapur atau wychert . Campuran tanah tersebut kemudian disendokkan ke atas fondasi batu dalam bentuk lintasan dan diinjak ke dinding oleh para pekerja dalam proses yang dikenal sebagai penepekan . Konstruksi akan berjalan sesuai dengan waktu yang diperlukan untuk mengeringkan jalur sebelumnya. Setelah kering, dinding akan dipangkas dan jalur berikutnya dibangun, dengan ambang pintu untuk bukaan selanjutnya seperti pintu dan jendela ditempatkan seiring dengan terbentuknya dinding. [6]

Dinding rumah tepek umumnya berukuran sekitar 24 inci (61 cm) tebalnya, dan jendela-jendelanya juga dibuat dalam, memberikan tampilan internal yang khas pada rumah tersebut. Dinding tebal memberikan massa termal yang sangat baik sehingga mudah untuk tetap hangat di musim dingin dan sejuk di musim panas. Dinding dengan nilai massa termal yang tinggi berfungsi sebagai penyangga termal di dalam rumah. [7] Bahan ini memiliki masa pakai yang panjang bahkan di iklim hujan atau lembab, asalkan terdapat pondasi yang tinggi dan atap yang menjorok ke atas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wright, Joseph. "COB(B, sb3. 1.", The English Dialect Dictionary, Being the Complete Vocabulary of All Dialect Words Still in Use, or Known to Have Been in Use during the Last Two Hundred Years. London: H. Frowde;, 1898. 676-677. Print.
  2. ^ Goodnow, Cecelia (October 5, 2007). "Thinking of building a cob home?". Seattle Post-Intelligencer. 
  3. ^ McArdle, Patricia (June 19, 2011). "Afghanistan's Last Locavores". The New York Times. 
  4. ^ Routledge Hill, Donald (1996). "Engineering". Dalam Rashed, Roshdi; Morelon, Régis. Encyclopedia of the history of Arabic science. 3. hlm. 766. ISBN 0-415-02063-8. 
  5. ^ Dozens of cob cottages are listed on the Register of the New Zealand Historic Places Trust, e.g. "Ferrymead Cob Cottage". Rarangi Taonga: the Register of Historic Places, Historic Areas, Wahi Tapu and Wahi Tapu Areas. New Zealand Historic Places Trust Pouhere Taonga. Diakses tanggal 21 August 2013. 
  6. ^ Snell, Clarke; Callahan, Tim (2009). Building Green: A Complete How-to Guide to Alternative Building Methods : Earth Plaster, Straw Bale, Cordwood, Cob, Living Roofs. Sterling Publishing Company, Inc. hlm. 276–. ISBN 978-1-60059-534-9. Diakses tanggal 1 June 2013. 
  7. ^ Goodhew, Steven; Griffiths, Richard (2005). "Sustainable earth walls to meet the building regulations" (PDF). Energy and Buildings. Elsevier. 37 (5): 1. doi:10.1016/j.enbuild.2004.08.005. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 10 January 2015. Diakses tanggal 24 January 2013.