Lompat ke isi

Teori Manunggal Akbar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Teori Manunggal Akbar (bahasa Inggris: Grand Unified Theory: GUT) adalah model fisika partikel dimana terjadi penggabungan antara tiga interaksi model standar, yaitu elektromagnetisme, gaya lemah, dan gaya kuat dalam satu gaya dengan energi yang tinggi. GUT belum pernah diamati secara langsung, namun banyak model GUT telah berteori tentang keberadaannya. Jika model ini nyata, maka terdapat kemungkinan bahwa di satu titik awal di alam semesta, di mana tiga interaksi dasar tersebut tidak dapat dibedakan.

Salah satu pemahaman awal yang mengantarkan pada teori ini adalah adanya teori elektrik lemah (elektroweak) yang kembangkan oleh Steven Weinberg, Sheldon Glashow, dan Abdus Salam pada tahun 1960-an.[1] Teori ini mengusulkan bahwa perbedaan antara gaya elektromagnetik dengan gaya nuklir lemah tidak dapat dibedakan [2] pada energi yang tinggi.[1] Penyatuan gaya ini dapat terjadi oleh karena kekuatan partikel model dasar yang menyusun gaya elektromagnetik dan gaya nuklir lemah dapat menjadi sama di energi sebesar 100 GeV dan jarak 10-18 m. Artinya, pada skala itu, kedua gaya tersebut diatur oleh model matematika yang sama dan berlandaskan pada teori yang sama.[3]

Model GUT memprediksi bahwa dengan energi yang lebih besar, maka gaya elektrik lemah dapat bersatu dengan gaya nuklir kuat. Jumlah energi dan jarak antar partikel yang dibutuhkan agar GUT dapat terjadi adalah sekitar 1014 GeV dan 10-16 m.[1] Kebutuhan energi ini lebih besar dari energi yang bisa diberikan oleh Penumbuk Hadron Raksasa. Hasil dari penggabungan gravitasi dengan hasil model GUT disebut sebagai teori segala sesuatu, dan bukan Teori Manunggal Akbar.

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ a b c Urone, Paul Peter; Hinrichs, Roger (2020-03-26). "23.3 The Unification of Forces". Physics (dalam bahasa Inggris). Houston, Texas: OpenStax. ISBN 978-1-951693-21-3. 
  2. ^ "The big idea of Grand Unified Theories of physics". Big Think (dalam bahasa Inggris). 2024-04-18. Diakses tanggal 2024-05-31. 
  3. ^ Krauss, Lawrence M. (2017-03-10). "A Brief History of the Grand Unified Theory of Physics". Nautilus (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-05-31. 

Bacaan lebih lanjut

[sunting | sunting sumber]