Teodósio, Pangeran Brasil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Teodósio
Pangeran Brasil
Adipati Bragança
Principe do Brazil D. Teodosio.jpg
Lahir(1634-02-08)8 Februari 1634
Vila Viçosa
Wafat13 Mei 1653(1653-05-13) (umur 19)
Belem
Pemakaman
WangsaWangsa Bragança
AyahJoão IV dari Portugal
IbuLuísa dari Gusmão

Infante Teodósio, Pangeran Brasil (Teodósio de Bragança; pelafalan dalam bahasa Portugis: [tiuˈdɔziu]) merupakan seorang infante (pangeran) Portugis putra João IV dari Portugal (raja pertama Wangsa Bragança) dan istrinya Luisa dari Gusmão. Pada tahun 1645 ia diberikan gelar Pangeran Brasil, posisi putra mahkota yang baru dibuat. Juga, ayahnya memberinya wilayah adipati sebagai Adipati Bragança kesepuluh, kemungkinan setelah pamannya Duarte meninggal pada tahun 1649.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ia dilahirkan pada tanggal 8 Februari 1634 di Vila Viçosa dan pewaris tahta Portugal sejak saat itu sampai dengan kematiannya tanggal 13 Mei 1653 ketika ia berusia 19 tahun. Saudaranya, yang lumpuh dan berpenyakit mental Infante Afonso, menggantikannya sebagai Pangeran Brasil, Adipati Bragança dan calon pewaris kerajaan.

D. Teodósio merupakan seorang pemuda yang berbakat. Ia dapat berbahasa Yunani dan Latin, tertarik pada filsafat dan dihormati oleh para intelektual besar pada saat itu. Meskipun berusia 16 tahun ia ambil bagian di dalam pertemuan dewan negara. Kematiannya menjadi pukulan berat bagi ayahnya dan negara.

Gosip menyatakan, pernah sekali waktu di Évora, tanpa memberitahu ayahnya, Pangeran dipanggil oleh raja karena "ia merindukan ketidakhadirannya sebagai ayah dan kekhawatiran sebagai Raja".

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Teodósio, Pangeran Brasil
Cabang kadet Wangsa Avis
Lahir: 8 Februari 1634 Wafat: 13 Mei 1653
Didahului oleh:
Baltazar Carlos
Pangeran Portugal
1640–1645
Penamaan kembali Gelar:
Pangeran Brasil
Jabatan baru Pangeran Brasil
1645–1653
Diteruskan oleh:
Afonso (calon Afonso VI)