Tengwang Ge Xu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tengwang Ge Xu
Hanzi tradisional: 滕王閣序
Hanzi sederhana: 滕王阁序
Makna harfiah: Kata Pengantar Paviliun Pangeran Teng
nama alternatif
Hanzi tradisional: 秋日登洪府滕王閣餞別序
Hanzi sederhana: 秋日登洪府滕王阁饯别序
Makna literal: Kata Pengantar Pesta Perpisahan Pada Musim Gugur Saat Mendaki Paviliun Pangeran Teng Di Kota Hongzhou

Tengwang Ge Xu (Hanzi: 滕王閣序; Pinyin: Téngwáng Gé Xù, Kata Pengantar Paviliun Pangeran Teng), judul lengkap Kata Pengantar Pesta Perpisahan Di Atas Paviliun Pangeran Teng Pada Musim Gugur (Hanzi: 秋日登洪府滕王閣餞別序; Pinyin: Qiūrì Dēng Hóngzhou Téngwáng Gé Jiànbié Xù) atau Kata Pengantar Puisi Paviliun Pangeran Teng (Hanzi: 滕王閣詩序; Pinyin: Téngwáng Gé Shī Xù), adalah sebuah karya sastra oleh Wang Bo dari Dinasti Tang. Karya ini dianggap sebagai pendiri Sastra Tang.

Tengwang Ge Xu dikategorikan sebagai Pianwen (Hanzi: 駢文; Pinyin: Piánwén, prosa paralel), yang sangat bergantung pada ritme, agak seperti puisi klasik Tiongkok, tetapi tidak memiliki batasan berapa banyak karakter yang harus ada dalam satu kalimat dan berapa banyak kalimat dalam satu paragraf. Judulnya menggunakan kata Paviliun Pangeran Teng, sebuah paviliun yang ada di dekat Sungai Gan, kota Nanchang, yang kemudian disebut Hongzhou (Hanzi: 洪州; Pinyin: Hóngzhou) dan menjadi ibu kota provinsi Jiangxi saat ini. Paviliun itu pertama kali dibangun pada awal dinasti Tang.

Wang Bo sedang dalam perjalanan ke Jiaozhi (Vietnam utara saat ini) untuk mengunjungi ayahnya dan menghadiri perjamuan besar yang diadakan di sana. Dikatakan bahwa dia benar-benar menyelesaikan karyanya pada saat perjamuan besar tersebut. Wang Bo mengungkapkan kesedihannya karena tidak dapat memanfaatkan bakatnya. Tetapi faktanya, dia tenggelam di Laut China Selatan tidak lama setelah dia menyelesaikan karya klasik ini sebelum dia mencapai Vietnam untuk melihat ayahnya.

Wen Zhengming's calligraphy of Tengwang Ge Xu...Wen Zhengming's calligraphy of Tengwang Ge XuWen Zhengming's calligraphy of Tengwang Ge Xu
Kaligrafi Tengwang Ge Xu karya Wen Zhengming

Referensi[sunting | sunting sumber]