Tengkawang layar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tengkawang layar
Shorea mecistopteryx
Status konservasi
Rentan
IUCN36341
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
KladSuperrosidae
Kladrosids
Kladmalvids
OrdoMalvales
FamiliDipterocarpaceae
SubfamiliDipterocarpoideae
GenusShorea
SpesiesShorea mecistopteryx
Ridl., 1925

Shorea mecistopteryx atau tengkawang layar adalah pohon dalam keluarga Dipterocarpaceae, asli Kalimantan . Julukan khusus mecistopteryx berarti "sayap besar", mengacu pada lobus buah.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Shorea mecistopteryx tumbuh hingga 50 meter (160 ft) tinggi, dengan diameter batang mencapai 16 m (52 ft) . Ini memiliki penopang hingga 2 m (7 ft) tinggi. Kulit batang yang halus kemudian mengelupas dan pecah-pecah. Daun tipis berbentuk lonjong dan berukuran hingga 20 cm (8 in) panjang, kadang-kadang 30 cm (12 in) panjang. Perbungaannya berukuran hingga 12 cm (5 in) panjang.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Shorea mecistopteryx merupakan hewan endemik Kalimantan. Habitatnya di hutan dipterokarpa dataran rendah, dekat pantai, hingga ketinggian sekitar 400 m (1.300 ft) .

Konservasi[sunting | sunting sumber]

Shorea mecistopteryx telah dinilai rentan dalam Daftar Merah IUCN . Hal ini terancam oleh konversi lahan menjadi pertanian, terutama perkebunan kelapa sawit . Spesies ini juga terancam oleh penebangan kayu dan pembangunan jalan penebangan kayu. Di Kalimantan, kebakaran hutan merupakan risiko bagi spesies ini. Shorea mecistopteryx memang terdapat di sejumlah kawasan lindung.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama IUCN