Tengkawang kijang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tengkawang kijang
Shorea scaberrima
Status konservasi
Hampir terancam
IUCN36342
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
KladSuperrosidae
Kladrosids
Kladmalvids
OrdoMalvales
FamiliDipterocarpaceae
SubfamiliDipterocarpoideae
GenusShorea
SpesiesShorea scaberrima

Shorea scaberrima atau tengkawang kijang adalah pohon dalam keluarga Dipterocarpaceae, asli Kalimantan . Julukan khusus scaberrima bermaksud "sangat kasar", merujuk kepada indumentum . Nama lainnya adalah kontoi entimus, meranti sandakan (Kalbar), meranti paya bersisek (Brun., Swk.), engkabang pinang, kawang bukit (Sabah)

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Shorea scaberrima tumbuh hingga 40 meter (130 ft) tinggi, dengan diameter batang mencapai 11 m (36 ft) . Ini memiliki penopang hingga 15 m (49 ft) tinggi. Kulit kayu beraneka warna mulai halus, kemudian menjadi retak dan terkelupas. Daunnya yang kasar hingga tipis berbentuk bulat telur hingga bulat telur . Perbungaannya menghasilkan bunga berwarna merah muda.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Shorea scaberrima merupakan hewan endemik Kalimantan. Habitatnya adalah hutan dipterocarp campuran hingga ketinggian 850 m (2.800 ft) .

Konservasi[sunting | sunting sumber]

Shorea scaberrima dinilai hampir terancam dalam Daftar Merah IUCN . Hal ini terancam oleh konversi lahan untuk perkebunan. Wilayah ini juga terancam oleh penebangan kayu untuk diambil kayunya, termasuk pembangunan jalan penebangan kayu. Shorea scaberrima memang terdapat di sejumlah kawasan lindung, namun hanya di Sarawak .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama IUCN