Temuwulan, Perak, Jombang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Temuwulan
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenJombang
KecamatanPerak
Kodepos
61461
Kode Kemendagri35.17.01.2012 Edit the value on Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Temuwulan adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur. Didesa Temuwulan terdapat Pusat Pendidikan Nasional Kaum Santri yang bernama Pondok Pesantren Al Imroniyah yang dirintis dan didirikan Oleh beliau Al Mursyid KH. Ali Imron Shofwan Mahmud yang kemudian dikenal dengan nama Pondok Pesantren Al Imroniyah Jombang/ Pondok Pesantren Al Imroniyah Temuwulan Perak Jombang. Dengan keberadaan Pondok Pesantren Al Imroniyah di Desa Temuwulan; Dalam Perjalananya, Kemudian dalam bingkai sosial dan budaya masyarakat Desa Temuwulan, Desa Temuwulan dapat diposisikan sebagai salah satu Desa Santri yang berada di wilayah Kecamatan Perak yang sekaligus Desa Temuwulan menjelma menjadi salah satu Pusat Pendidikan Nasional Kaum Santri di Indonesia. Temuwulan yang lebih dikenal dengan nama Pondok Pesantrenya; yaitu Pondok Pesantren Al Imroniyah Jombang. Keberadaan Pondok Pesantren ini memang memiliki peran penting dalam bidang pendidikan serta pemberdayaan lingkungan. Pondok Pesantren Al Imroniyah secara institusi merupakan salah satu dari lembaga pendidikan, sosial, kemasyarakatan, keagamaan dan kemanusiaan yang berada di wilayah kabupaten Jombang. Tepatnya di: Jalan Pondok Pesantren Al Imroniyah RT/RW 003/001 Dusun Temon Desa Temuwulan Kecamatan Perak Kabupaten Jombang 61461 Jawa Timur Indonesia Telp./Fax (0321) 855444, 866111. Dalam mengambil peran strategis serta taktisnya, Pondok Pesantren Al Imroniyah Jombang memiliki ideology faham Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah yang digariskan oleh Jam’iyah Nahdlatul Ulama (NU) dan mengambil peran sebagai basis kekuatan agama Islam, Bangsa dan NKRI melalui azas Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 hingga berprinsip Islam Rahmatan lil ‘Alamien.

Secara Institusi; Pondok Pesantren Al Imroniyah Temuwulan Perak Jombang, dalam menjalankan program-program kelembagaanya memiliki pijakan dan arah orientasi jelas. Sejak dirintis dan didirikan; Beberapa program prioritas Pondok Pesantren Al Imroniyah adalah selain mendirikan, menyelenggarakan juga mengelola sekolah formal Islam Terpadu mulai dari TK, SD, SMP, SMK hingga STIEBI (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis) juga TPQ, MADIN Ula, Wustha dan Ulya hingga kelas Kulliyatul Mutammimien atau kelas Khodimul Ma'had serta Sekolah Tinggi Program Khusus (STPK) Ma'had Aly Pondok Pesantren Al Imroniyah Jombang. Pondok Pesantren Al Imroniyah Jombang selain mengelola Unit-unit Pendidikan juga mengelola Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh serta juga usaha lain yang memiliki peran sebagai penopang perekonomian institusinya yang diantaranya mengelola usaha pertanian, perdagangan, peternakan, industri dan bisnis lain yang pengelolaanya dengan menggunakan sistem manajemen mandiri.

Misi: (1) Menjadikan Pondok Pesantren Al Imroniyah sebagai salah satu institusi penting yang berperan aktif dalam mencerdaskan kehidupan generasi agama, bangsa dan negara serta dunia, (2) Membangun Bangsa dan NKRI sebagai kawasan Baldatun Thoyyibatun Wa Robbun Ghofur sekaligus memiliki peran, kehormatan dan kewibawaan dalam percaturan peradaban internasional. (3) Mewujudkan masyarakat yang cerdas, terdidik, terpelajar, religious, terpimpin, merdeka dan berakhlak mulia, (4) Menjadikan masyarakat dan generasi agama, bangsa, negara dan dunia untuk gemar belajar, beribadah, ramah, kreatif, produktif, cerdas dan peduli.

Visi: "Mewujudkan generasi masadepan yang cerdas, berilmu, kreatif, produk- tif, mandiri, maju, berakhlak mulia, ramah, berdaulat, berperadaban, sejahtera, peduli, adil dan makmur juga cinta tanah air dan bangsa serta turut serta menjaga keutuhan NKRI, Pancasila dan UUD 1945 serta berhaluan Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah yang digariskan oleh Jam’iyah Nahdlatul Ulama (NU) dan Islam Rahmatan Lil’alamien”.

Tujuan: “Membangun, memproses, mencetak dan mewujudkan generasi masa depan dunia dan akherat yang sesuai dengan misi dan visi”