Templat:Synthesis-inline

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

[sintesa tidak tepat?]

[lihat] [sunting] [versi terdahulu] [hapus singgahan] Ikon dokumentasi Dokumentasi templat

Tanda templat ini akan mengkategorisasikan artikel yang ditandai ke dalam Kategori:Artikel yang mungkin mengandung riset asli tapi tidak templat itu sendiri. Templat ini adalah referensi internal yang merupakan bagian dari proyek Wikipedia bukan isi ensiklopedia.

Logika penggunaan[sunting sumber]

Intensi dari tanda ini adalah untuk menyinggung editor yang mungkin secara tidak sengaja (atau sebaliknya) menampilkan teks yang tampak berdasarkan sintesa asli, ke dalam teks pendukung untuk memperlihatkan publikasi asli sebelumnya. Tanda ini menyediakan suatu niat baik bagi editor untuk membolehkan teks di dalam artikel tersebut untuk sementara selama teks di dalam riset asli mendukung. Bila teks dari riset asli tidak dikeluarkan sampai pada masa tenggang waktu tertentu (yaitu: tidak lebih dari beberapa hari), editor yang memberi tanda diasumsikan boleh mengubah atau menghapus teks dari artikel untuk mematuhi Wikipedia:Bukan riset asli. Bila editor tersebut menambahkan templat ini, dia juga harus menambahkan teks korepondensi terhadap artikel yang di tandai di halaman pembicara untuk menjelaskan masalahnya terhadap riset asli dari teks yang ditandai kecuali pembicaraan telah dilakukan terhadap masalah tersebut. Jika artikel tersebut telah ditandai dan editor penanda tidak meyakinkan bahwa artikel berkaitan belum ada atau ditambahkan selama rentang waktu yang singkat (yaitu: tidak lebih dari 24 jam) maka editor artikel memiliki hak untuk menghapus tanda atau pilihan lain, menambahkan pembicaraan untuk mendukung penggunaannya.

Jangan gunakan tanda ini untuk melabeli teks yang tampak salah atau diragukan, terutama pada kasus Wikipedia:Biografi tokoh yang masih hidup (lihat juga Wikipedia:Perang_suntingan). Bila teks tersebut salah atau diragukan dan bukan bagian dari biografi tokoh yang masih hidup maka pindahkan teks tersebut ke halaman pembicara dan tanyakan rujukan dari riset di sana, atau hapus saja.

Penggunaan[sunting sumber]

Penggunaan templat ini sederhana, setelah bagian teks dalam artikel tampak mensitesa menggunakan riset asli editor cukup menambahkan {{syn}} (catatan:semua huruf kecil) untuk menentukan bahwa bagian tersebut dipertanyakan keasliannya. Jangan lupa untuk memastikan bahwa ada korespondensi pembicaraan artikel yang menjelaskan penggunaan tanda ini.
Sebagai contohnya dalam artikel asli teks berikut muncul:
  • Jika pernyataan Jones bahwa ia menggunakan sumber asli tidak benar, maka hal ini bertolak belakang dengan praktek yang disarankan di Chicago Manual of Style, yang menyatakan untuk memberikan kutipan dari sumber yang digunakan. Chicago Manual of Style tidak menyatakan pelanggaran ini sebagai "plagiarisme". Sebaliknya, plagiarisme didefinisikan sebagai menggunakan informasi, ide, kata-kata, atau struktur dari suatu sumber tanpa menyertakan sumber kutipan.
Untuk menandai bagian ini cukup tambahkan "kutipan mereka." di akhir {{syn}}, sehingga akan tampak seperti contoh berikut:
  • Jika pernyataan Jones bahwa ia menggunakan sumber asli tidak benar, maka hal ini bertolak belakang dengan praktek yang disarankan di Chicago Manual of Style, yang menyatakan untuk memberikan kutipan dari sumber yang digunakan. Chicago Manual of Style tidak menyatakan pelanggaran ini sebagai "plagiarisme". Sebaliknya, plagiarisme didefinisikan sebagai menggunakan informasi, ide, kata-kata, atau struktur dari suatu sumber tanpa menyertakan sumber kutipan.'[sintesa tidak tepat?]

Lihat juga[sunting sumber]

  • {{OR}} — Tanda Riset Asli (templat ditanbahkan dalam baris kalimat).
  • {{fact}} — Butuh rujukan (templat ditambahkan dalam baris)
  • {{Original research}} — Tanda kotak Riset Asli
  • {{Section OR}} — Bagian yang mungkin mengandung riset asli
  • {{Synthesis}} — Artikel merupakan sintesa belum dipublikasi
  • {{Unreferenced}} — Tanapa kutipan