Templat:OR

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

[riset asli?]

[lihat] [sunting] [versi terdahulu] [hapus singgahan] Ikon dokumentasi Dokumentasi templat

Tanda templat ini akan mengkategorikan artikel yang ditandai menjadi Kategori:Artikel yang mungkin mengandung riset asli tapi tidak termasuk templat itu sendiri. templat ini adalah referensi internal dan bagian dari proyek Wikipedia bukan kandungan dari ensiklopedia.

Tujuan dari tanda ini yaitu untuk menyinggung penyunting yang mungkin secara tidak sengaja (atau sebaliknya) menambahkan teks yang tampak berdasarkan riset asli, dengan mendukung teks tersebut dengan mendemonstrasikan riset asli sebelumnya. Tanda ini menyediakan sebuah niat baik bagi penyunting dengan membolehkan teks tersebut untuk sementara dalam artikel bersangkutan sampai teks dari riset asli didukung. Bila riset asli bagi teks tersebut tidak dikeluarkan setelah jangka waktu singkat (yaitu, tidak lebih dari beberapa hari), penyunting yang memberi tanda berasumsi benar bila ia mengubah atau menghapus teks dari artikel untuk menyesuaikan dengan Wikipedia:Bukan riset asli. Penanda haruslah juga menambahkan teks bersangkutan dalam halaman pembicaraan dari artikel yang ditandai untuk menjelaskan alasan penandaan terhadap riset asli kecuali pembicaraan sudah ada terhadap teks tersebut. Jika artikel yang ditandai dan penanda tidak memastikan bahwa halaman pembicaraan yang berkaitan dengan tanda belum ada atau belum ditambahkan dalam jangka waktu (yaitu, tidak lebih dari 24 jam) maka penyunting sebelumnya memiliki hak menghapus tanda tersebut atau menambahkan pembicaraan untuk mendukung penggunaannya.

Penggunaan[sunting sumber]

{{OR|date=Agustus 2018}}
Penggunaan templat ini sederhana, setelah kumpulan teks pada artikel berkaitan muncul tampak seperti riset asli, penyunting cukup menambahkan {{OR}} untuk menentukan bahwa kumpulan teks tersebut kemungkinan dipertanyakan keasliannya. Jangan lupa untuk memastikan bahwa ada halaman pembicaraan yang menjelaskan penggunaan dari tanda tersebut.
Sebagai contohnya dalam artikel asli muncul teks berikut:
*Berdasarkan teori-teori dari ahli agama kuno dunia ini sesungguhnya datar.
Untuk menandai bagian ini cukup tambahkan {{OR}} di akhir "datar." supaya akan tampak seperti berikut:
*Berdasarkan teori-teori dari ahli agama kuno dunia ini sesungguhnya datar.[riset asli?]

Jangan gunakan tanda ini untuk memberi label teks yang tampak salah atau diragukan, terutama dalam kasus Wikipedia:Biografi tokoh yang masih hidup. Bila teks tampak salah atau diragukan dan bukan bagian dari biografi tokoh yang masih hidup maka pindahkan teks tersebut ke halaman pembicaraan dan tanyakan rujukannya, kalau tidak hapus saja.

Lihat juga[sunting sumber]