Wikipedia:Hindari referensi internal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Hindari referensi internal dalam artikel Wikipedia ke proyek Wikipedia, termasuk dari Wikipedia berbahasa lain, seperti:

  • "Artikel Wikipedia ini membicarakan ..."
  • "Proyek isi bebas, seperti situs ini ..."
  • "Di Wikipedia bahasa Inggris tertulis ..."

Referensi internal seperti di atas bisa diterima di halaman diskusi atau pada namespace Wikipedia, tapi tidak tepat diterapkan dalam artikel. Ada dua alasan:

  1. Penggunaan referensi ini menyulitkan percabangan dan penggunaan artikel Wikipedia oleh orang lain yang sebenarnya dijamin secara eksplisit di dalam lisensi.
  2. Banyak orang menilai hal ini kurang profesional dalam suatu ensiklopedia. Ingatlah bahwa tujuan Wikipedia adalah untuk membuat suatu ensiklopedia, bukan mengulang pernyataan, sehingga artikel-artikel yang di dalamnya harus berguna bahkan di luar konteks proyek yang digunakan untuk membuatnya.

Wikipedia tentu saja dapat menulis mengenai Wikipedia, asal sesuai konteks. Jika Anda membaca tulisan mengenai karya Shakespeare, Anda tidak akan tertarik membaca kebijakan atau konvensi Wikipedia. Tapi jika Anda membaca tulisan mengenai komunitas Internet, mungkin saja artikel tersebut mencantumkan Wikipedia sebagai suatu contoh, tentu saja dengan sudut pandang netral.

Komunitas dan fitur referensi situs web[sunting | sunting sumber]

Sementara kita sering cenderung untuk menyebutkan komunitas Wikipedia bahwa kita adalah bagian dari semua, seperti penyertaan fitur situs website yang kita gunakan dalam membuat artikel, ini akan membingungkan para pembaca dengan karya kata jadian. Kecuali secara substansial pada bagian dari topik artikel, jangan selalu mengacu pada fakta bahwa halaman dapat diedit atau menyebut halaman proses atau proyek Wikipedia, dengan mengunakan jargon khusus bahasa Wikipedia (misalnya penempatan "POV" yang "bias") atau antarmuka link MediaWiki di sidebar atau di bagian atas layar. Artikel adalah bagian dari sebuah ensiklopedia, bukan bagian dari proyek Wikipedia yang digunakan untuk menciptakannya. Template yang memberikan referensi diri berupa gambaran untuk kebutuhan pemeliharaan artikel yang berkembang, seperti {{stub}}, {{npov}}, dan {{refimprove}} tidak dapat dihindari, tetapi biasanya artikel harus menghindari referensi template diri seperti {{shortcut}} dan yang lainnya.

Referensi diri netral yang dapat diterima[sunting | sunting sumber]

Referensi yang ada sebagai cara yang mengasumsikan kepada pembaca penggunakan ensiklopedia, tanpa referensi spesifik pada ensiklopedia (Wikipedia) dapat diterima. Misalnya dalam artikel di Kobe Bryant sexual assault case, sebelum adanya identifikasi yang menyatakan sebagai korban dengan mengatakan bahwa "Karena keprihatinan atas privasi, nama korban dinyatakan tidak disertakan dalam artikel ini atau pada saat sekarang." Itu adalah referensi yang dapat diterima secara nalar sesuai yang disebutkan pada Cermin dan Simpangan dan di cetak dan dapat pula diterima dalam nalar Wikipedia, yang mana berisi hanya alur artikel. Contoh yang lebih umum adalah pesan disambiguasi "Artikel ini adalah tentang X. Untuk Y, lihat Z." dan semua link "Lihat pula".