Tempat Ziarah Loyola

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tempat Ziarah Loyola
Tempat Ziarah Santo Ignatius dari Loyola di Azpeitia
Spanyol: Santuario y basílica de Loyola
LokasiAzpeitia
Negara Spanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiSanto Ignatius dari Loyola
Arsitektur
StatusTempat ziarah nasional
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan San Sebastián

Tempat Ziarah Loyola atau Loiola (Spanyol: Santuario de Loyola; bahasa Basque: Loiolako Santutegia), atau Tempat Ziarah dan Basilika Loyola, adalah sebuah kompleks tempat peziarahan dan basilika Katolik yang terdiri dari serangkaian bangunan yang dibangun dengan gaya Churrigueresque Barok di sekitar tempat kelahiran Santo Ignatius dari Loyola, pendiri Serikat Yesus.

Tempat suci ini didirikan di sepanjang sungai Urola di lingkungan Loyola (Loiola, nama tempat yang berarti 'pengecoran yang terbuat dari tanah liat', atau mungkin 'pondok yang terbuat dari tanah liat) di kotamadya Azpeitia, Negara Basque, Spanyol.

Ignatius dari Loyola, yang nama aslinya adalah Iñigo López de Loyola, adalah putra Penguasa Loyola, Beltrán Ibáñez de Oñaz[1] dan Marina Sánchez de Licona, anggota keluarga penting Biscay. Ia dilahirkan pada tahun 1491 di rumah keluarganya di Loyola.[2]

Setelah dia meninggal, tempat kelahirannya menjadi tempat ziarah dan penghormatan.[3] Pada abad ketujuh belas rumah tempat ia dilahirkan diberikan kepada Serikat Yesus. Ordo tersebut dibangun di sana, dekat tempat kelahiran pendirinya, Tempat Suci Loyola.

Pada tahun 1900, Lembaga menugaskan sebuah altar untuk tempat suci tersebut, mempekerjakan seniman logam Plácido Zuloaga, yang telah memenangkan kesuksesan internasional dengan menciptakan karya seni yang rumit dengan damascening, sebuah teknik yang memasukkan emas dan perak ke dalam besi. Struktur besi Zuloaga menampung panel-panel yang menggambarkan kehidupan Santo Ignatius, dan menopang salib dan tempat lilin dari bengkel José Felipe Artamendi.[4]

Interior

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Castejón, Antonio. "LOYOLA. Oñaz Loyola Ascendientes de Ignacio de Loyola. Señores de las casas Oñaz y Loyola". Diakses tanggal 2007-11-25. 
  2. ^ Las Siervas de los Corazones Traspasados de Jesús y María (2006). Las Siervas de los Corazones Traspasados de Jesús y María, ed. "San Ignacio de Loyola FUNDADOR DE LA COMPAÑÍA DE JESUS (jesuitas)" (edisi ke-23-11-07). Diakses tanggal 2007-11-25. 
  3. ^ Pollen, J. H. ACI-PRENSA Enciclopedia Católica, ed. "Compañía de Jesús". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-12-16. Diakses tanggal 2007-11-25. 
  4. ^ Lavin, James D. Seni dan tradisi Zuloaga: damaskus Spanyol dari Koleksi Khalili. Oxford. ISBN 1-874780-10-2. OCLC 37560664.